Home PageBisnis AksesorisMembuat Aksesoris Manik-Manik, sebagai Peluang Bisnis Rumahan

Jun 20

Membuat Aksesoris Manik-Manik, sebagai Peluang Bisnis Rumahan

PELUANG BISNIS RUMAHAN
ternyata menjadi salah satu hal yang paling sering dicari orang untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Tentu saja hal ini karena jenis pekerjaan yang ditawarkan bisa dilakukan di rumah, dengan jam kerja yang bisa kita atur sendiri sesuai kesibukan utama yang kita miliki. Jenis ragam pekerjaannya pun bermacam-macam seperti :
– translater untuk naskah asing kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa,
– designer grafis biasanya mendapatkan job online untuk membuat desain logo, kemasan, kartu nama ataupun materi promosi lainnya.
– penjahit lepas, biasanya kita ambil borongan dari penjahit besar untuk teknik pengerjaan yang sama misal memasang resleting atau kancing. Bisa juga berupa memasang payet dan bordiran.
– bisnis makanan, merupakan yang paling banyak penggemarnya. Biasanya pagi bikin kue kecil untuk dititipkan di toko-toko dekat rumah, sorenya keliling ambil hasil jualan.
Dan selain yang diatas itu, membuat kerajinan akseosris dari bahan manik-manik juga merupakan peluang bisnis rumahan yang menjanjikan lhoh sahabat….

CERITA MBAK ANDRIYANI DARI KLATEN

andriyaniKira-kira dua hari yang lalu, saya mendapat pesan di whatsapp koleksikikie, pengirimnya adalah salah satu sahabat koleksikikie yang tinggal di Klaten, namanya Mbak Andriyani =D

Mbak Andriyani sudah lama menggemari kegiatan membuat kerajinan tangan. Kira-kira seminggu yang lalu… mbak Yani membeli salah satu tutorial membuat bros di koleksikikie, yakni tutorial membuat bros wire mutiara, tutorial dasar untuk pemula yang cocok banget buat temen-temen yang belum pernah membuat bros wire sebelumnya

tutorial-bros-mutiara-300x300
Harga tutorial ini Rp 50.000, selain dilengkapi dengan foto step by step cara pembuatannya, plus petunjuk membuat di setiap foto, dan yang paling seru di setiap paket tutorial juga sudah dilengkapi dengan satu set bahan yang bisa digunakan untuk membuat satu buah bros wire =D Jadi gak hanya bisa membayangkan cara membuatnya saja, dengan tutorial dari koleksikikie, kita bisa langsung mempraktekkan dan punya bros baru seusai membaca buku.

bisnis rumahan
Dan buat Mbak Andriyani, hasil prakteknya sudah langsung bisa dijual juga lhooohhh hihihi… keren yaaa. dengan berbekal foto diri lagi pake bros, pajang di sosial media..  trus ada yang langsung nanyain deh. Daannnn sudah datanglah orderan… Alhamdulillah… laris manisss… tambah kaya hihihihi….

Pertanyaan yang paling sering saya terima saat ada yang berminat membeli tutorial ini adalah
“kalau habis baca buku ini saya pasti bisa bikin gak ya mbak?” yang kalau dirumuskan, pertanyaan ini setara dan sejajar dengan pas mau beli buku kumpulan soal-soal ujian, trus ditanya “kalo beli buku ini pasti lulus gak ya”. =D  Jawabannya akan sangat tergantung dari siapa yang membaca dan mempraktekkan isi buku ini, artinya : hasil akhir brosnya akan berbeda dengan banyak faktor yang mempengaruhi.

  • – si A yang sudah pernah bikin pastinya akan lebih bisa mempraktekkan isinya dibandingkan si B yang sama sekali belum pernah bikin aksesoris. 
  • – Adek-adek kelas 5 SD kemungkinan akan mengalami kesulitan lebih banyak dibandingkan remaja umur 20an yang sudah terampil memegang tang.

Namun dengan petunjuk pembuatan yang disertakan di dalam buku ini, hampir semua yang membaca akan berhasil membuat bros, walaupun dengan kualitas hasil akhir yang beragam. Mbak Yani pun, di awal sempet agak-agak gak pede lhoh…

IMG_20140620_100020

Tapi yang harus diyakini, berbeda hasil akhirnya dari gambar di tutorial…  bukan berarti akhir dari segalanya lhoh sahabat, bisa jadi ini justru akan menjadi awal sebuah trend baru =D Dalam dunia pembuatan aksesoris handmade, yang unik, yang baru, yang khas, justru akan memiliki banyak peminat, sebab orang yang menggunakan aksesoris adalah orang yang ingin tampil berbeda dan modis. Jadi daripada bersusah hati pas ngeliat, mending siap-siap kebanjiran orderan hehehehe…

IMG_20140620_100049

“Mbak kalau saya beli tutorial mbak dan jual hasil buatan saya boleh gak?”
Oh boleh donk.
Tujuan awal saya membuat tutorial yang sudah dilengkapi dengan bahan ini adalah untuk meningkatkan semangat membuat aksesoris sendiri, di antara sahabat koleksikikie, karena banyak tuh yang suka komentar… pasti bikinnya susah ya??? dan pas dicoba sendiri… eh ternyata mudah =D
Awalnya mungkin untuk dipakai sendiri atau sebagai hobi di sela kesibukan lain, Tapi kalau membuat aksesoris ini bisa buat usaha sampingan yang mendatangkan rupiah kan Alhamdulillah banget yaaaa….
Bersama waktu, Saya percaya kemampuan teman-teman pembaca tutorial ini akan terus berkembang, dan bervariasi.

CERITA MBAK INDAH DARI JAKARTA
Lain Mbak Andriyani lain juga cerita dari Mbak Indah Bakti, seorang agen asuransi senior di Kota Jakarta yang punya hobi sampingan bikin aksesoris.

Mbak Indah

Awalnya mbak Indah beli tutorial membuat bros curly, tutorial ini harganya Rp 50.000  sudah termasuk bonus bahan satu set, untuk dipraktekkan secara langsung di rumah. Bonus bahan yang disertakan dalam tutorial tampak pada gambar berikut ini salah satu bahan utamanya berupa batu cabochon, yakni batu tanpa lubang dengan salah satu sisi memiliki permukaan yang datar.

tutorial-bros-cabochon1-300x300

Lalu dengan kreatif, pada saat mengulang yang berikutnya Mbak Indah berinisiatif untuk mengganti bahan baku utamanya dengan batu wajik donat, diuwer dengan teknik yang sama, dan ternyata hasil akhirnya langsung keliatan beda yaaaa….. cakeppp bingittss.

indah bakti

 dan Alhamdulillah loh ya, sekarang selain dapet fee dari berbagai asuransi yang diitawarkannya (mulai kesehatan, sampe pendidikan) Mbak Indah juga punya penghasilan sampingan dari membuat aksesoris sendiri di rumah =D

Seruuuu yaa…
mau coba untuk mengubah peluang bisnis rumahan ini menjadi penghasilan tambahan?
jangan ragu untuk mencoba belajar membuat aksesoris sendiri. ada banyak cara yang bisa ditempuh mulai dari belajar melalui chanel youtube, tutorial online yang banyak dibagikan secara gratis maupun berbayar, kursus dan pelatihan di wilayah sekitar kita. Atau cara praktis lain yang layak dicoba adalah dengan membeli paket belajar membuat akseosris dari Koleksikikie

Silahkan pilih langsung judul paket tutorial yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu. Pilihannyadapat dilihat di  Tutorial Koleksikikie, mulai dari tingkat pemula sampai mahir. Dan mumpung mau lebaran lho hasil karya latihan perdana bisa dipakai untuk silaturahmi ke keluarga besar dan kawan, siapa tau setelah banyak yang lihat hasil karya kita, permintaan aksesoris meningkat pesat.
Selamat berbisnis ya teman-teman….. (kie)

1 comment

  1. Entina says: October 28, 2016

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu