Home PageUncategorizedMemanfaatkan Limbah Kulit Kerang untuk Membuat Bros Cantik Koleksikikie

Apr 01

Memanfaatkan Limbah Kulit Kerang untuk Membuat Bros Cantik Koleksikikie

Bros, merupakan salah satu aksesoris yang banyak digemari oleh kaum wanita, khususnya mereka yang menggunakan hijab dalam kesehariannya. Salah satu yang unik dan menarik adalah kreasi bros yang memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan baku, berikut beberapa diantaranya :

Bros Kerang Mabe
Salah satu jenis kerang yang paling populer digunakan oleh pengrajin akesoris adalah kerang mabe. Kerang ini cukup unik, karena membentuk butir mutiara setengah bulat (umumnya kerang mutiara membentuk butiran mutiara bulat utuh).
Kerang Mabe banyak dibudidayakan di perairan Indonesia, khususnya di Pulau Baubau, Sulawesi Tenggara. Untuk bisa diambil manfaatnya, biasanya kerang mabe dipelihara sekitar 3-4 bulan, setelah cukup besar baru dipanen untuk diambil bagian cangkang kerangnya. Kemudian oleh pengrajin kerang, bagian cangkang ini diolah/dibentuk agar dapat dikreasikan menjadi bahan aksesoris.

Bros Kerang Arcu
Arcu merupakan bagian kerang/tiram mutiara, yang oleh para pengrajin dioleh bentuknya menjadi cabochon, agar dapat menjadi bahan baku untuk pembuatan beragam jenis aksesoris. Pengolahan bagian kerang ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan kerang, permukaan kerang yang tergores akan menyebabkan harga jualnya akan jauh berkurang.

Kerang Arcu Silver, salah satu jenis yang paling indah dan jarang ditemukan di pasaran.

Bros Kerang Abalon
Kerang Abalon merupakan salah satu jenis kerang yang diburu karena memiliki daging yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, bagian dalam kerang abalon memiliki warna yang indah seperti pelangi, diantaranya yang paling sering dijumpai adalah perpaduan biru elektrik, hijau, abu-abu, dan merah muda.
Tak heran bila limbah kulit kerang jenis ini sangat banyak dimanfaatkan sebagai manik-manik.

Kerang abalon memiliki tektur permukaan yang tidak rata dengan gradasi warna yang cantik seperti tumpahan minyak.

Bros Kerang Gonggong
Kerang Gonggong merupakan kuliner khas Kota Batam, biasanya kerang jenis ini direbus dan dimakan panas bersama sambal. Karena penggemar makanan ini cukup banyak, tak heran bila limbah kulitnya sangat banyak dijumpai. Saat diaplikasikan sebagai kerajinan, kulit kerang gongong ini biasanya dipotong, hingga tekstur bagian dalam kerangnya terlihat.

Bros Dari Manik Kulit Kerang
Kulit kerang yang diolah menjadi manik-manik juga ada banyak sekali macam dan jenisnya di pasaran. Kulit kerang yang sudah diolah menjadi manik-manik relatif lebih mudah dirangkai, karena sudah melalui proses pengolahan (dibersihkan dari kotoran dan daging kerang, dibentuk sesuai kebutuhan, beberapa dilapisi oleh pewarna dan motif yang menarik sesuai selera). Karena dijual sebagai manik-manik untuk kerajinan, bahan kulit kerang ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan lubang untuk dirangkai sebagai aksesoris. Diantaranya yang paling banyak dijual, adalah jenis manik kelopak kerang.

Banyaknya limbah kulit kerang yang tersedia merupakan peluang untuk dapat dikreasikan menjadi beragam kerajinan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis (kie.2022)

Aneka bros cantik, yang dikreasikan dari bahan kulit kerang ini bisa didapatkan di Galeri Toko Manik-Manik Koleksikikie, yang terdapat di Surabaya (bisa langsung cek di google map)
Koleksikikie
Jl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Buka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kami
TELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)
XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)
INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

Memanfaatkan Limbah Kulit Kerang untuk Membuat Bros Cantik Koleksikikie

Tags: , ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu