Home PageKursusWORKSHOP MINGGU KREATIF di KEBUN BIBIT WONOREJO

Oct 06

WORKSHOP MINGGU KREATIF di KEBUN BIBIT WONOREJO

koleksikikie-crew

Hari Minggu 2 Oktober 2016, Koleksikikie untuk pertama kalinya mengadakan event Minggu Kreatif dengan mengambil lokasi di Kebun Bibit Wonorejo, di belakang STIKOM. Acara Minggu Kreatif ini diadakan secara gratis tanpa dipungut biaya sebagai salah satu program kegiatan sosial yang dilakukan Koleksikikie.com untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kegiatan membuat kerajinan tangan.

kebun-bibit-wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo (sumber surabaya-bagus.blogspot.com)

Pada Acara ini pengunjung yang datang di Kebun Bibit bisa langsung mencoba membuat aksesoris sendiri, pengalaman membuat kerajinan ini diharapkan mampu  membuat masyarakat mengetahui seluk beluk pembuatan aksesoris dan tertarik menekuni kegiatan ini sebagai hobi ataupun mata pencarian sampingan. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk memperkuat relari/hubungan dengan pelanggan potensial dan membuat koleksikikie lebih dikenal oleh masyarakat di sekitarnya sebagai tempat belajar dan belanja aksesoris.

workshop-craft-001 workshop-craft-002

Workshop gratis kali ini, mengangkat tema “Membuat Peniti Hias berbentuk Capung dari bahan manik-manik” Dalam durasi waktu yang relatif singkat, yakni sekitar 90 menit terkumpul sekitar 15 orang pengunjung yang berlatih langsung membuat peniti di lokasi. Mereka kebanyakan adalah para warga sekitar Rungkut yang mengisi hari minggu dengan berolahraga di Kebun Bibit Wonorejo. Namun ada juga peserta yang hadir jauh dari Gresik, sengaja ingin mengikuti pelatihan ini. Mbak Narulita Octaviany, peserta yang sengaja berangkat dari rumah sejak pkl 05.30 hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikan proyek peniti

peniti-hias

“wah ternyata gak susah ya mbak kikie, bikin bros itu” Octaviany, Gresik

Selain Mbak Octaviany yang sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan, ada juga peserta yang awalnya saat melihat keramaian di stand koleksikikie hanya malu-malu melihat dari jauh, lalu karena penasaran akhirnya mandaftarkan diri dan ikut membuat peniti. Mbak Artin menjadi salah satu peserta yang terkejut ketika mengetahui hasil karyanya ternyata cukup oke juga. Pengalaman membuat aksesoris ini malah menginspirasi dirinya untuk mengubah manik-manik yang ada di rumah menjadi bros “Biasanya saya cuma buat gelang dari karet saja mbak, baru kali ini bikin bros ternyata cepet juga ya bikinnya”  

Antusiasme peserta yang hadir tidak hanya datang dari Ibu-Ibu dan remaja putri saja, diantara peserta yang hadir ada juga para pria dewasa yang penasaran ingin mencoba membuat sendiri peniti dari manik-manik. Yang cukup menggelikan, Mas Eko salah satu peserta yang mengikuti kegiatan pagi itu, tidak hanya berhasil membuat bros tapi juga berhasil mematahkan sebuah tang, saking kuatnya saat memegang tang untuk memotong kawat. Kami semua melihat dengan takjub  dan akhirnya tertawa bersama menyaksikan kejadian tersebut.

peserta-003 peserta-workshop

Dari kesan-kesan yang disampaikan oleh peserta, semuanya merasa senang dapat mengikuti kegiatan ini. Kebanyakan dari mereka menyampaikan bahwa inilah kali pertama mereka membuat bros manik-manik. Beberapa diantaranya mengusulkan agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan secara rutin dengan beragam jenis materi baru lainnya. Bagi mereka kegiatan ini dirasa sangat menyenagkan, karena bisa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari hal baru  yang menarik secara gratis. Dan hasil karyanya juga bisa langsung dibawa pulang. Bahkan ada lho salah satu peserta yang sudah berencana untuk menjual bros peniti capung ini di toko baju miliknya di rumah. Wah Alhamdulillah yaaa….

Acara ini sendiri terselenggara berkat kerjasama Koleksikikie dengan PERBANAS. Dalam program yang diselenggarakan bersama DIKTI, beberapa UKM terpilih di Surabaya, menerima mahasiswa magang dari PERBANAS, untuk belajar dan bekerja langsung sebagai karyawan di UKM tersebut. Mahasiswa ini tidak hanya mengerjakan tugas rutin harian, namun secara aktif memberikan masukan, ide dan saran yang bisa digunakan untuk memajukan kegiatan UKM tersebut. Muhammad Amal Ihsani menjadi event organizer dari acara ini, mulai dari mengurus perizinan, mengonsep acara, mengundang tim publikasi dari PERBANAS, hingga meliput kegiatan selama acara berlangsung. Bu Citra, selaku pimpinan PERBANAS dan ketua Program Kerjasama ini juga hadir langsung ke Kebun Bibit Wonorejo menjadi salah satu peserta kegiatan workshop.

peserta
Selanjutnya event ini akan kami adakan secara berkala, dengan mengambil lokasi yang berbeda-beda pada pelaksanaan acara. Tunggu ya sahabat, kamu juga bisa mengusulkan lokasi pelatihan ini, dengan meninggalkan komen pada kolom dibawah ini.

peserta-pelatihan

Penulis : M.Amal Ihsani
Editor : Kikie

 

 

 

 

2 comments

  1. Alfi Laili Fauziah says: October 29, 2016

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu