Home Pagebros manik-manikTuspin Mutiara

Sep 21

Tuspin Mutiara

tuspin-mutiara

Semua gara-gara Vivi

sahabat koleksikikie yang lagi hobi bikin aksesoris cantik dari bahan clay. Sama mbak vivi, tepung clay dibentuk menyerupai miniatur aneka bunga yang cantik, lalu ditempelkan pada sarangan bros. Unik deh prend… Beberapa dipasang juga lempengan dan ada juga yang di tuspin, sejenis jarum dengan salah satu ujung dilengkapi piringan saringan, sementara dibagian lain runcing yang tajam bagaikan jarum pentul.

Tapi tuspin ini cukup aman saat digunakan karena dilengkapi dengan penutup agar menghindarkan penggunanya dari risiko tertusuk.

koleksi aksesoris clay mbak viviini koleksi aksesoris bunga clay karya mbak vivi… lucu-lucuuuu ya, dan handmade looh claynya, bener-bener dari tepung trus dibikin sendiri menjadi aneka bunga-bunga keren ini.

Dan gara-gara lihat koleksi tuspin clay mbak vivi, saya jadi kepikiran bikin juga yang versi manik-manik =D kebetulan banget mutiara putih yang kemarin saya bikin jadi bros wire masih ada banyak. Jadilah tuspin mutiara sederhana ini my prend.

tuspin-mutiara-001

Bikin aksesoris pake tuspin ini terus terang susah-susah gampang.

Gampang karena : lebar saringannya hanya 2cm, jadi gak perlu pake banyak manik-manik. Selain itu durasi pembuatannya juga cukup cepat (biasanya untuk satu tuspin saya perlu 10-15 menit). Biasanya manik saya rangkai dulu di luar saringan, baru setelah jadi, saya pasang di atas rangka tuspin.

Dan kesulitan terbesarnya justru pada detik-detik terakhir ini prend, soalnya kan gak ada tutup saringannya ya… jadi sangat penting untuk memasang dengan penuh kehati-hatian, supaya kawat dibagian belakang rapi dan tidak melukai penggunanya. Selain itu jarum hanya disolder dengan piringan sarangan bros, sehingga kalau terlalu bertenaga pas megang, jarum peniti pun jadi gampang lepas dari saringannya

tuspin-001

Maka untuk meminimalisasi risiko lepasnya jarum dari saringan bros, saat akan memasang kawat, arah ikatan sebaiknya mengelilingi peniti jarum tersebut prend( lihat gambar di atas) Ini sudah saya coba berkali-kali aneka cara ngiket sampe akhirnya nemu formula ini.

Tuspin ini sendiri biasanya disematkan di kerudung, bisa di sisi samping di atas telinga, atau bagian belakang (seperti saat kita memakai kerudung segi empat ala perempuan malaysia, biasanya ujung kain berhenti di belakang kepala, supaya gak lepas bisa kita kasih tuspin ini). Pengen bikin sendiri di rumah? bisa pake manik-manik yang kita punya di rumah kok prend… cukup beli rangka tuspinnya aja, biasanya akan tampak seperti berikut ini.

tuspin-2-cmdi http://koleksikikie.com kita jual tuspin ini dengan harga Rp 15.000/bungkus, satu bungkus nya isi 5 buah tuspin. Kalo sudha jadi tuspin mutiara, aksesoris ini saya jual harga @ Rp 30.000

Bahan dan Tuspinnya bisa dibeli juga dari facebook,

FB koleksikikie koleksikikie (admin zha) atau FB koleksi kikie (admin moon)

Atau dateng aja ke workshop Toko Manik koleksikikie di surabaya, alamatnya di jalan rungkut asri barat 14 no 3, kita buka dari jam 8 sd 5 sore.

Makasiiii ya mbak Vi, sudah menginspirasiiiiiii….

selamat berkreasi juga kawan-kawan =D

Tags: ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu