Home PageJalan-jalanToko Bahan Craft Jakarta

May 27

Toko Bahan Craft Jakarta

toko-bahan-rajut

SURGANYA PECINTA CRAFT
Kalau hobi membuat kerajinan tangan, mampirlah ke Pusat Perbelanjaan Thamrin City di Jakarta. LOkasi Thamrin City atau yang dikenal dengan nama Thamcit ini dekat dengan Pasar Tanah Abang, kalau naik Busway kita bisa berhenti di Bunderan HI trus naik ojek 10.000 ke Thamrin City.

Di Lantai dua Pusat Perbelanjaan Thamrin City inilah terdapat sebuah Supermaket Besar yang khusus menjual beraneka bahan craft/kerajinan tangan. Nama Tokonya Charisma.



TOKO CHARISMA
Awalnya saya mengenal Toko Charisma dari cabang utamanya, yang terletak di Pasar Pagi Mangga Dua. Toko Pertamanya ini menjual beraneka bahan untuk membuat aksesoris di lantai dua pasar pagi. Namun sejak Charisma buka cabang di Tanah Abang Blok A Lantai 6 saya lebih suka main ke Tanah Abang, karena lebih rapi susunannya dan lebih nyaman milihnya.

Setelah mampir ke Thamrin City, ternyata di Thamrin City ukurannya jauh lebih luas di banding dengan Toko Charisma Tanah Abang. Tidak hanya luas, variasi produk yang dijualpun sangat beragam, mulai dari bahan baku untuk membuat kerajinan hingga beraneka produk jadi hasil kerajinan tangan… duh jadi kebayang donk ya gimana bingungnya kalo belanja disini hihihihi

ADA APA AJA DI TOKO CHARISMA
Kalau saya ke Toko Charisma, tentu saj ayang dicari adalah beragam bahan dan material untuk membuat aksesoris. Dari ornamen plastik, mutiara sintetis, aneka batu alam, hingga kristal ceko tersedia lengkap di toko ini.

Namun tidak hanya itu saja, kalau kita meluangkan waktu untuk berkeliling mengitari setiap sudut toko, ada banyak sekali ragam bahan yang akan kita jumpai. Mulai dari :
– bahan rajutan: aneka benang, merk dan ukuran.
– bahan dan material scrapbook, mulai dari aneka rangka, gunting, kertas lucu hingga paket scrapbook
– bahan untuk membuat kerajinan clay
– bahan dan alat decoupage
– material untuk menjahit berupa kain-kain lucu, frame tas, hingga pita-pita pelengkap
– manik-manik untuk payet dan membuat kerajinan aksesoris
– bahan dan peralatan import dari luar negeri
Namun yang menjadi produk unggulan di Charisma adalah kristal swarovski beraneka ukuran, warna yang tersertifikasi keasliannya. Bener-bener tempat yang bikin kalap mata kita pecinta kerajinan.











TIPS BELANJA BAHAN AKSESORIS
Kalau sudah hobi, biasanya suka gak bisa ngontrol apa yang pengen di beli ya..
supaya belanja yang kita lakukan efektif dan berhasil guna (tsahhh) berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan saat akan berbelanja di toko bahan aksesoris besar
– Siapkan daftar barang yang ingin di beli
fokussss!!! walaupun kita penasaran gimana caranya bikin clay, pengen nyoba buat scrapbook yang lucu, ataupun kepikiran untuk menjahit tas sendiri. Fokus akan membuat anggaran yang kita belanjakan bisa lebih tepat guna. Beli yang jelas akan kepake aja. kalau ada anggaran lebih baru boleh beli bahan kerajinan baru, namun usahakan untuk memilih satu terlebih dulu.
– Bawa uang pas dari rumah
meskipun di toko-toko besar ini selalu dilengkapi dengan berbagai media dan cara pembayaran yang memudahkan konsumen, sebaiknya lakukan pembayaran hanya dengan uang tunai yang kita bawa saja. Kalau barang yang kita pilih melebihi anggaran, maka bijaklah untuk membuat prioritas, mana yang harus ditinggalkan dulu di toko untuk kita beli lagi di lain hari hihihihihi….
– Ajak 2-3 teman yang memiliki hobi yang sama, untuk ikut belanja bareng
Karena kemasan yang dijual di toko bahan craft ini biasanya cukup besar, mengajak teman yang sehobi memungkinkan kita membeli lebih banyak bahan untuk dibagi berdua. Misalnya kita beli 1untai mutiara, dengan ada temen barengnya kita bisa membagi mutiara yang panjang itu menjadi dua, sehingga kita dan teman akan memiliki dua warna mutiara yang berbeda. Warna yangberagam ini akan memudahkan kita untuk memadupadankan menjadi berbagai aksesoris.
– Datangi HANYA sudut yang dibutuhkan
Kalau punya banyak waktu, rasanya pengen dateng ke setiap sudut toko ya… tapi biasnaya makin banyak yang dilihat, makin banyak juga yang pengen dibeli hahaha… jauh lebih hemat kalau kita hanya mendatangi bagian yang menjual apa yang kita cari saja, lalu kita fokus mengamati aneka bahan yang disediakan di sudut tersebut.
– Tentukan alokasi waktu belanja
Kalau nggak dibatesi, mungkin bisa seharian ya muter dan keliling di toko ini, semua pengen dilihat hihihihi… dengan membuat alokasi waktu, kita akan langsung membagi frame durasi kunjungan di setiap sudut yang kita butuhkan. Cara ini akan membuat kita terhindar dari adegan lihat-lihat, pas ingat yang mau dibeli eh lupa itu tadi ada di bagian mana trus muter lagi deh, eh jadi tambah lama deh hahahaha…

Kalau saya, sukanya belanja di tempat gini untuk nyari bahan unik yang jarang saya temukan di tempat lain. Jadi memang sengaja muterin toko, nyari yang aneh, unik dan lucu-lucu. Karena kalau bahan-bahan yang umum bisa saya temukan dengan mudah di toko bahan lain, namun hanya toko-toko besar seperti Charisma yang punya produk khusus dalam jumlah terbatas. Harga produk jenis ini memang relatif lebih mahal, namun kalo dijual akan jadi limited produk yang relatif lebih cepet laku juga.

SERUNYA BELANJA DI CHARISMA THAMRIN CITY
Kalo buat saya sendiri, yang paling seru di Charisma Thamrin City ya adegan ketemuan sama sahabat-sahabat KOleksikikie ya. Di Charisma ada satu hall khusus yang bisa kita gunakan untuk mengadakan kegiatan bersama dengan komunitas pecinta kerajinan tangan, termasuk sahabat koleksikikie yang tersayang…

charisma

www.koleksikikie.com

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu