Home PageBisnis AksesorisTips Optimasi Caption Jualan biar Dibaca Orang

Aug 19

Tips Optimasi Caption Jualan biar Dibaca Orang

Pentingnya Menulis Caption Pada Postingan Toko Online
Bagi beberapa orang, menulis caption pada postingan sering terasa sulit untuk dilakukan. Tak heran bila banyak yang kemudian hanya memposting foto, tanpa menambahkan keterangan di kolom caption. Padahal tulisan pada foto, bisa menjadi nilai tambah yang membuat orang memahami maksud yang ingin kita sampaikan, dan buat para pedagang online caption bisa membantu kita jadi lebih dekat dengan pelanggan.

Ternyata ada 4 hal yang sering menjadi penyebab Kenapa Menulis Caption Sering dirasa Sulit, yakni :
1. Kurang Mengenali Target Market/Pelanggan dari Toko Online kita
Mengatasi hal ini, buat aja bayangan, siapa sih sosok yang kita harapkan untuk membeli produk jualan kita. Nah dengan bisa membayangkan orang-orang ini, kita jadi lebih mudah mencari topik obrolan, juga menentukan panggilan/penyebutan yang tepat untuk mereka.
makanya di toko baju bayi, bikin captionnya “Gmana hari ini Bunda”
sementara di Toko Perlengkapan Mobil, panggilnya “Sobat Pecinta Mobil pasti tau…”

2. Stres membayangkan Respond Orang Pada Tulisan Kita
Mengatasi hal ini, lebih baik kita fokus pada solusi dan manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain. Kalo orang bisa suka sama yang kita tulis, pasti seneng banget yaa… tapi harus dipahami, kita ga bisa membahagiakan semua orang. Maka daripada pusing bikin tulisan yang bisa dapet LIKE ribuan, coba fokus pada tulisan yang memberikan manfaat dan bisa membantu orang lain. Mungkin tulisan seperti ini like nya gak banyak, tapi ketika bertemu orang yang tepat, dia akan dengan sukacita membagikan tulisan kita kepada orang yang dirasa membutuhkan. Hal ini tentunya bagus sekali u pemasaran.

3. Pengetahuan Tentang Produk Terbatas
Cara paling cepat untuk bisa kenal sama produk kita, adalah dengan memakai produk yang kita jual yaa…
Pengalaman menggunakan produk ini, akan membantu kita bercerita lebih banyak ke orang-orang tentang manfaat yang kita rasakan. Jadi tulisannya akan terasa lebih alami dan dekat di hati pembaca, karena saat menulis kita memposisikan diri sebagai calon pembeli. Selain itu kita bisa juga membagikan pengalaman dlm proses pembuatan, mulai dari mencari ide, memilih bahan baku, hingga membuat dan menyiapkan kemasan. Hal ini membantu orang merasa dekat dan mengenal produk kita lebih intim, meski hanya melihat secara online

4. Kurang Percaya Diri
Harus disadari, setiap orang hadir dengan kelebihan dan kekurangan yang unik. Ga adalah yang semua aspeknya sempurna. Rasa syukur membantu kita lebih fokus sama yang kita punya, dan ini membantu banget jadi lebih percaya diri. Kita memang banyak kekurangan, tapi diantara semua yang kurang itu, ada lebih banyak yang bisa disyukuri… setelah itu coba fokus sama hal-hal baik yang kita punya, dan terus berusaha menjadi sosok yang bermanfaat dari hal tersebut

TIPS OPTIMASI CAPTION JUALAN

Cara Jitu Mengoptimasi Caption Jualan agar dibaca Orang
Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan, untuk mengoptimalkan Caption Jualan Kita, agar bisa dibaca oleh banyak orang
1. Awali dengan Judul yang Bikin Penasaran/Kepo
Pahami bahwa saat gambar tampil di halaman instagram pelanggan kita, tulisan yang muncul cuma sedikit. Maka penting sekali untuk menentukan Kalimat Pertama yang akan tampak persis dibawah foto, untuk menarik orang Kepo dan nge-klik tulisan versi panjangnya. misalnya : Hari Ini Harga Turun! atau Perlu 6 Hari untuk Bikin 1 Bros ini! dsb
2. Fokus Sama Tema Brand dan Dagangan Kita
Walaupun pilihan judulnya bombastis, isi ceritanya jangan keluar dari dagangan yaa. Kadang karena pengen menarik perhatian, kita malah nulis berita paling hot dari akun gosip di Caption, sampe lupa cerita tentang dagangan. Karena sebagus-bagusnya tulisan, kita kan mau jualan hihihihi
Tapi hindari juga caption yang terlalu hardselling, karena walaupun kita hobi belanja, tapi kalo dipaksa beli kan gak suka ya… Jadi hindari membuat orang merasa dipaksa u membeli.
3. Ajak Pelanggan Bicara, dengan Menambahkan Opini/Cerita Kita
Kalau selama ini caption kita jarang mendapat komen balasan, coba lihat ulang cara kita menulis di instagram, apakah sifatnya seperti Pengumuman ataukah Percakapan? Salah satu cara agar apa yang kita tulis menarik orang berkomentar adalah dengan menyampaikan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Untuk menggerakkan orang memberi respond, kita bisa akhiri juga dengan kalimat tanya, atau ajakan u membagikan pendapat mereka di kolom komentar. Topiknya juga gak harus yang berat ya, yang ringan malah kadang lebih mengena.
4. Emoji = Cara Berekspresi Melalui Tulisan
Kalau belum terbiasa menulis, kadang kita kesulitan memilih kata yang bisa menyampaikan apa yang kita rasakan. Tak jarang tulisan yang maksudnya bercanda, justru terbaca sebagai komentar sinis… karena kita tidak menambahkan dengan informasi lain seperti suara ketawa, atau celetukan yang mungkin kita rasakan). Di momen seperti ini emoji sangat membantu pembaca kita, bisa merasakan dan memahami maksud tulisan yang kita buat. Maka jangan ragu untuk menambahkan lambang senyum, atau sekedar tangan yang bersyukur, pada caption yang kita tulis.
5. Perhatikan Panjang dan Jarak Tulisan pada Caption.
Konsep tulisan yang bercerita memang banyak digemari pembaca, namun tidak berarti harus panjang ya. Kenyataannya dengan berubahnya algoritma IG saat ini, tulisan-tulisan panjang tidak lagi menarik perhatian orang. Untuk itu, selalu perhatikan jumlah kata yang kita tulis dalam 1 paragraf. Pilih 1 pokok pikiran dan tulis dalam kalimat yang lugas dan jelas. Spasi membantu orang untuk Fokus, maka saat menulis harga, atau nomer telfon beri jarak agar terlihat lebih jelas.
6. Kenali Tujuan Tulisan Kita, lalu Tambahkan Call To Action Yang Diinginkan
walaupun IG buat jualan, tulisan di caption gak harus ditutup dengan kalimat Cara Pesan. Untuk itu penting sekali untuk mengenali tujuan tulisan kita saat menulis pada caption, diantaranya :

– Edukasi Pelanggan : Biasanya tulisannya berupa tips atau saran. KIta bisa tambahkan CTA “Kurang Jelas dan pengen tanya bisa hubungi kita……”

– Postingan Untuk Menghibur : Bisa berupa pengalaman lucu, atau cerita unik yang pernah kita dengar, pada postingan ini kita bisa minta orang untuk membagikan pengalaman mereka

TIPS : Untuk memudahkan kita bisa buat format khusus u CTA di caption.

Jangan Berhenti Belajar!
Pas sudah ngerasa bisa bikin tulisan yang oke, kadang algoritma dan ketentuan Instagram suka berubah, Maka penting sekali untuk bisa cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Agar proses belajar semakin mudah, buat catatan atas kegiatan yang kita lakukan, evaluasi tulisan yang kita posting, agar bisa lebih mudah menarik kesimpulan jenis yang lebih disukai pelanggan (kie-2022)

Tags: ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu