Home Pageceloteh kikieTIPS BIKIN CUCI GUDANG JUALAN ONLINE JELANG AKHIR TAHUN

Nov 24

TIPS BIKIN CUCI GUDANG JUALAN ONLINE JELANG AKHIR TAHUN

AKHIR TAHUN, SAAT-nya CUCI GUDANG
Sebentar lagi akhir tahun, saatnya untuk ngereview penjualan termasuk juga stok barang. Kalau memang punya stok yang lama gak jalan-jalan, maka inilah saatnya untuk bikin CUCI GUDANG, alias promo penjualan besar-besaran untuk menarik minat pelanggan untuk membeli produk jualan kita.

Lalu apa saja nih yang harus kita lakukan, sebelum mengadakan CUCI GUDANG, berikut tips dari Kikie, pemilik UKM Koleksikikie :

1. SORTIR & KELOMPOKKAN PERSEDIAAN

Pengelompokkan barang akan memudahkan kita menentukan TEMA, untuk Cuci Gudang yang akan dilakukan.
Misal, kalau barang yang ada kita kelompokkan menjadi Harga 50rb maka kita bisa membuat judul “Cuci Gudang Akhir Tahun, semua SERBA Rp 50.000”

2. PROMOSIKAN DENGAN CARA BARU
yang lebih Up To Date

Barang yang sudah lama ada di persediaan toko, bisa keliatan baru lho ketika kita bisa mengemas dengan cara unik yang berbeda. Misalnya produk tasbih yang sempat dijual di Bulan Ramadhan, bisa kita kemas menjadi Paket Aksesoris untuk Hadiah, berisi satu buah tasbih, bros dan gelang cantik dengan harga lebih ekonomis.
Ketika tasbih dijual sendiri orang mungkin berfikis, ah gak usah beli karena sedang tidak membutuhkan tasbih.
Namun saat dijual sebagai Paket Kado, orang yang sama bisa jadi langsung berubah pikiran harus membeli, karena akhir tahun juga bertepatan dengan kenaikan kelas, dan paket ini cocok sebagai hadiah tanda terimakasih kepada Guru di sekolah anak-anak.

3. TAMPILKAN DISPLAY YANG BARU

Daripada memposting ulang foto lama di halaman promo cuci gudang, coba buat foto baru yang memberikan nilai tambah pada produk. Misalnya foto produk saat digunakan, atau kita bisa memposting video tutorial cara mix and match dengan kalung dari toko kita. Cara lain yang juga cukup happening adalah membuat foto flat lay busana dan aksesoris, sehingga memberikan gambaran kepada calon pembeli tentang gaya padu padan aksesoris yang kita jual.

contoh foto produk yang memberi inspirasi kepada calon pelanggan tentang cara pemakaiannya

4. TENTUKAN DURASI WAKTU ACARA

beberapa acara cuci gudang sering tidak berhasil dengan baik karena tidak menyertakan informasi periode pelaksanaan promo. Ketika tidak diberi batas wkatu, calon pelanggan tanpa sadar suka menunda melakukan pembayaran.
sebaiknya buat periode waktu yang jelas, misalnya :
Periode upload foto
Periode pemesanan dibuka
Batas waktu pemesanan promo
Tips : sesuaikan tanggal pemesanan dengan waktu gajian/tanggal muda, hal ini akan membuat pelanggan bisa membuat keputusan belanja dengan lebih cepat dan lebih baik.

5. INFORMASIKAN KEGIATAN INI KEPADA LEBIH BANYAK ORANG

Setelah produk yang akan di promosikan siap, jangan lupa untuk segera membuat selebaran/pengumuman yang mengajak orang untuk hadir melihat dari dekat. Kita bisa membuat selebaran menggunakan aplikasi CANVA, sehingga info grafis yang tersedia lebih mudah dibagikan ke sosial media (IG Stori, WA, FB) juga forum chat seperti whatsapp, LINE, telegram.

6. BUAT PENCATATAN

Dari berbagai langkah kegiatan yang kita lakukan selama event promosi berlangsung, jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu me-review kinerja kita.
Buat pencatatan yang sistematis tentang kegiatan yang kita lakukan, serta pencapaian yang terjadi. Pencapaian tidak selalu tentang jumlah produk yang terjual ya, tapi berapa banyak orang yang memberikan like, meninggalkan komen, serta bagaimana orang merespond penawaran yang diberikan.
Setelah data terkumpul, coba lakukan lebih banyak di kemudian hari, lihat apakah promosi yang lebih banyak bisa membantu usaha kita jadi lebih maju, atau mendapat respond lebih baik.

7. BUAT PROMOSI KHUSUS DI TOKO ONLINE KITA

Setelah mengajak orang mengunjungi toko kita, coba perhatikan bagaimana mereka berinteraksi. membeli produk mungkin terasa berat untuk dilakukan oleh semua orang, namun memberikan klik tanda suka, atau membagikan salah stau oto menarik dari toko kita ke sosial media mereka tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, karena nyaris tanpa biaya.  Intinya, ajak orang untuk ikut serta memeriahkan kegiatan yang kita lakukan saat promo cuci gudang berlangsung

8. BERDOA dan BERSEDEKAH

Nomer 8 ini point pamungkas sih ya, karena setelah sekian usaha keras yang dilakukan tetap saja yang namanya rezeki sudah diatur Tuhan YME. Jadi jangan lupa untuk selalu berdoa yang baik dan menyisihkan sebagian rezeki yang kita dapat untuk bersedekah, supaya senantiasa dimudahkan semua langkah yang kita lakukan. Aamiiiennn

Selamat mencoba ya teman-teman.
Semoga tambah maju dan laris semua usahanya. (kie)

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu