Home PageUncategorizedTak Kenal Maka Tak Sayang *Tips Memperkenalkan Diri Bagi Pemilik Usaha Online Rumahan

Jan 02

Tak Kenal Maka Tak Sayang *Tips Memperkenalkan Diri Bagi Pemilik Usaha Online Rumahan

Koleksikikie, Berbisnis Aksesoris dari Rumah

Pentingnya Memperkenalkan Sosok Pemilik Bisnis Online Rumahan
Saat akan memulai usaha, sangat wajar apabila kita kerap merasa kurang percaya diri dan malu untuk menampilkan sosok kita. Hal ini terjadi karena umumnya kita masih belum yakin benar, bahwa usaha online yang kita jalani akan mendatangkan keberhasilan.
“Masih Baru Belajar nih”
“Usaha Kecil-kecilan aja sih”
“Cuma baru Coba-Coba kok”
beberapa kalimat diatas seringkali menjadikan kita enggan untuk menceritakan tentang diri kita, saat memulai usaha.

Namun harus disadari dengan modal keuangan yang umumnya cukup minimalis untuk skala usaha rumahan, maka trust/kepercayaan orang pada sosok kita merupakan modal penting yang dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan usaha yang kita punya, dan menarik minat mereka untuk melakukan transaksi di toko online kita,

Berikut ini beberapa Manfaat yang akan kita dapatkan, dengan memberanikan diri tampil di halaman Toko Online kita, diantaranya :
– Meningkatkan Trust/ Kepercayaan Calon Pelanggan
Bisnis di dunia maya kerap dekat sekali dengan tipu-tipu, sering terjadi karena orang tidak bisa mengenali siapa sosok yang diajak bertransaksi. Memperkenalkan diri kita sebagai pemilik usaha, adalah salah satu cara cepat membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis yang baru kita rintis.
Kalau teman-teman mengamati, beberapa produk atau jasa terasa lebih mudah dijual melalui akun sosial media pribadi kita dibanding saat dipajang di Toko Online yang memang khusus dibuat untuk menawarkan produk/dagangan. Hal ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa orang lebih suka bertransaksi/memesan barang dari sosok yang dia kenal dan percaya.
– Memotivasi Diri
Memperkenalkan diri sebagai pemilik usaha, merupakan bentuk komitmen diri bahwa kita akan bersungguh-sungguh menjalankan bisnis ini. Ketika sosok kita tidak dikenali, kita cenderung lebih mudah berpindah dan meninggalkan bisnis tersebut dengan dalih “halah ga ada yang akan tau juga kalo kita tutup”
Berbeda saat kita sudah membranding diri sebagai pemilik Toko Baju XYZ, menjual baju khusus Ibu Hamil. Ketika kita rajin menceritakan ttg usaha kita kepada orang lain, orang semakin cepat mengingat, dan pada titik kita ingin berhenti… merekalah yanga kan menjadi motivasi kita untuk kembali “Mbak kok sudah lama sih ga ada produk baju hamil terbaru di postingannya? tambahin lagi donk mbak” komen sederhana ini tentunya akan memberikan secercah harapan bahwa produk kita maish punya peminat.
– Menjaga Brand
Dalam persaingan bisnis yang semakin kejam, tak jarang orang mencatut produk/merk yang tampak lebih maju dan laris. Namun percayalah bahwa pelanggan-pelanggan yang loyal akan dengan sigap menjadi polisi yang menjaga keberlangsungan usaha kita. Ketika mereka tau sosok yang berada di balik bisnis yang mereka percaya, mereka akan dengan sigap melaporan berbagai kegiatan yang terindikasi dapat merugikan brand kita.
Mengundang Investor Untuk Menanamkan Modal
Ketika kita menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh, auranya akan terpancar pada bisnis yang kita jalani. Tak heran kalau pada suatu titik akan ada orang yang berminat mewawancarai, bahkan menanamkan investasi pada bisnis yang kita jalani. Peluang ini bisa kita manfaatkan untuk membawa bisnis kita menjadi lebih sukses dan maju.

Cara Memperkenalkan Diri Sebagai Pemilik Usaha
– Gunakan Prinsip “Less is More”
Meski Memperkenalkan sosok diri kita sebagai pemilik usaha adalah penting, namun hindari untuk menjelaskan terlalu panjang sehingga malah membosankan. Sajikan informasi pendek secara bertahap agar orang menjadi lebih penasaran, dan terus ingin mengenal kita lebih dekat.
Misal pada postingan minggu ini, ceritakan alasan kita menyukai bisnis yang kita pilih
Pada Postingan Minggu berikutnya, ceritakan bisnis yang pernah kita jalani dan gagal, bagaimana itu memberi motivasi untuk lebih bersungguh-sungguh pada usaha yang sekarang.
Atau kita bisa juga memilih kisah ringan tentang kapan mulai usaha, cita2 kita kalau bisnis laris dsb
Manfaatkan postingan ini untuk menjalin hubungan dengan pelanggan secara online, membuat mereka mengenal kita lebih dekat.
– Hindari Mencantumkan Informasi Pribadi yang Dapat Disalahgunakan
Meskipun pembayaran secara online dilakukan melalui transfer bank, sebaiknya hindari mencantumkan Nama Lengkap dan Nomer Rekening Bank secara Online. Bila ingin memberi tau calon pelanggan daftar nama Bank yang kita punya, kita bisa menulis singkat “Pembayaran Bisa Dilakukan Melalui Bank BRI, BNI, BCA” Detail informasi cabang tempat bank berada, nomer rekening, nama pemilik rekening, cukup kita bagikan melalui percakapan pribadi dengan calon pembeli.
– Foto Diri Penting Namun Tidak Selalu
Pahami bahwa fokus utama yang harus diingat orang dari toko kita, adalah produk yang dijual. Maka hindari memposting banyak foto selfie dengan tujuan untuk mengingatkan orang siapa pemilik usaha ini. Umumnya Wajah Pemilik Usaha dapat muncul di halaman postingan dengan Komposisi 1 : 12 setelah 12 foto produk ada foto pemilik usaha. Itu pun fotonya bisa divariasi seperti : foto saat beraktivitas, foto profil, foto bersama pelanggan dan kawan, foto saat memakai produk. Sehingga pelanggan tidak bosan dan malah terganggu dengan kehadiran sosok/foto kita.

Temukan Info dan Tips Lainnya
di Kelas Jualan Online Bareng Kikie 2022

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu