Home PageBisnis Aksesoris“Suka dan Sukanya” merangkai aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan

May 11

“Suka dan Sukanya” merangkai aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan

Bercerita tentang aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan saya selalu teringat masa-masa awal saya memulai koleksikikie. Tahun ini adalah tahun ketujuh saya menekuni bisnis membuat aksesoris dari rumah. Dan rasanya sih, inilah karier paling awet yang pernah saya tekuni hihihi… Saya pertama kali menghasilkan rupiah, ketika duduk di bangku kuliah. Tahun kedua saat kuliah di jurusan ekonomi, saya melamar menjadi penyiar di sebuah radio swasta untuk anak muda =D sebuah pekerjaan yang cukup “gaya” untuk anak muda masa itu #tsahhh hahaha….

koleksikikie

Selepas kuliah, saya mendaftar bekerja di sebuah Bank Swasta, menempuh pendidikan tambahan sebagai karyawan di level manajerial selama setahun, lalu bekerja sebagai karyawan Bank selama dua tahun. Dan tepat di tahun ketiga, mengundurkan diri. Lalu memulai melirik aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan.

peluang bisnis rumahan

ini nih bros happening yang saya buat di awal karier hahaha…

Pada awalnya, ini adalah peluang bisnis rumahan dari meja belajar di pojok kamar. Saya memulainya di tahun 2007 dengan modal sekitar Rp 300.000 (yang nilai belinya mungkin setara dengan Rp 750.000 di tujuh tahun kemudian). Dari awal saya memimpikan usaha ini akan jadi besar, tapi dengan bayi kecil yang baru setahun (Dims masih satu tahun waktu itu)… rasanya kok mimpi itu jauh di awang-awang yah hahaha…. Tapi saat itu dan sampai sekarang saya masih percaya inilah keuntungan utama berbisnis dari rumah…

sebagai Manajer dari usaha yang saya kelola sendiri, saya bebas menentukan kapan usaha ini akan saya jalankan dengan santai… kapan harus lari kencang.”

Tentu saja keuntungan lainnya juga tidak sedikit =D

toko koleksikikie peluang bisnis rumahan

Berbisnis aksesoris membuat saya gak pernah kekurangan aksesoris untuk saya pakai

Ya iyalah ya… mau aksesoris model apa, warna apa, gaya gimana, bisa dibuat sendiri hihihi

Aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan memungkinkan saya untuk bertemu dengan orang-orang baru yang menarik

Hampir semua perempuan menggemari aksesoris, dan ketika ini menjadi pilihan bisnis kita, maka jangan heran kalau akan ada banyak orang-orang baru yang kita jumpai dalam hidup kita. Tentukan target market yang jelas agar peluang bisnis rumahan ini menjadi menjadi usaha yang lebih fokus dan mudah terukur.

foto pengajar

Bisnis aksesoris dari rumah memudahkan saya mengatur prioritas hidup

Sebagai seorang perempuan dengan banyak peran, saya rasa hampir semuanya sering mengalami dilema saat harus menyusun prioritas : di kantor deadline kerjaan tapi anak kesayangan sakit di rumah, suami ngajak nonton bioskop tapi tugas2 numpuk minta dikerjakan. Ketika masih jadi karyawan, saya cukup pusing sih yaa ngatur hal-hal kaya gini, tapi setelah bekerja di rumah beberapa hal jadi lebih mudah untuk diputuskan.

Waktu yang saya punya untuk bekerja menjadi lebih fleksibel

Kapan terakhir kali tidur siang? saya masih cukup sering tidur di jam 2 siang, walaupun yaaahhh setiap jam 2 malem sudah mulai kerja lagi ya hahahaha… Tapi intinya, saya sendiri yang mengatur akan menggunakan waktu yang saya punya untuk apa. Dan ini “kemerdekaan” loh, waktu ada begitu banyak orang yang benci hari senin, buat saya hari senin sama minggu hampir gak ada bedanya =D

foto-014

Aksesoris sebagai peluang bisnis rumahan memungkinkan saya untuk mengatur penghasilan sendiri

Terus terang saja, diawal memulai usaha ini… kalimat “mengatur penghasilan sendiri” adalah sesuatu yang sulit saya pahami, secara mau njual satu barang aja susyeee ya booo… hahahaha, ada yang komen foto aja rasanya sudah bahagia buangeeettt….

Tapi setelah usaha ini saya jalankan bertahun-tahun, dengan catatan-catatan harian yang saya punya… saya  bisa memprediksi kapan harus jualan ini, kapan ganti jualan itu dulu. Catatan juga memudahkan saya untuk memahami bahwa di tanggal 10-20 lebih susah dapet uang dibandingkan tanggal 30-10. Dengan berbekal informasi ini, maka strategi saya menjalankan peluang bisnis rumahan ini menjadi:
– saya membuat stok barang di tengah bulan, dan giat jualan di awal bulan berikutnya,
– saya menabung penghasilan saya di awal bulan untuk mencukupi kebutuhan tengah bulan.
– saya memanfaatkan momen-momen khusus untuk mendapatkan penghasilan ekstra (mulai jual paket aksesoris edisi lebaran sampe ragam aksesoris untuk liburan).

Berbisnis aksesoris membuka peluang untuk travelling lebih banyak

Mulai dari acara hunting bahan, sampe dapet undangan u bikin kelas pelatihan datang saat saya menjalankan usaha ini. Yang lebih seru lagi karena saya bisa turut serta mengajak anggota keluarga saat harus menjalankan bisnis ini =D

peluang bisnis rumahan - kikie di ubud

tamasya ke ubud demi hunting bahan (moduuusss yaaa hihihi)

Karier saya bertumbuh bersama bisnis saya

Kalau dulu beken sebagai mbak-mbak tukang bikin aksesoris, sekarang saya juga manajer penjualan usaha saya, instruktur pelatihan kerajinan tangan, penulis untuk banyak artikel tentang usaha.

Kalau dulu lokasi kerja di pojokan kamar, sekarang selain garasi buat toko bahan, ruang depan untuk terima pelanggan, ruang tengah buat kerja, ada belakang rumah yang buat gudang persediaan barang.

Kalau dulu mulai dari bikin, packing sampe kirim barang dikerjakan sendirian, sekarang ada 4 karyawan yang giat mensukseskan perdagangan.

Kalau dulu uang belanja dipake buat nambahin kulakan barang, sekarang uang jualan aksesoris bisa dipake buat pergi liburan setahun sekali hihihihi….

alhamdulillah yaaaaa….

BAGAIMANA MEMULAI BISNIS AKSESORIS DARI RUMAH??

Menurut saya, ada hal yang sangat penting untuk dikuasai seseorang agar bisa menjalankan usaha aksesoris, adalah”CINTA”, wkwkwkw… kedengerannya gombal bener yak…

Tapi kalau saya renungkan lagi ya, seandainya aja saya gak suka dan cinta sama hal-hal tentang aksesoris dan perhiasan, saya kira akan sulit mencapai tahun ketujuh seperti sekarang. Karena gak berbeda sama usaha yang lain, dalam bisnis aksesoris juga ada siklus “naik dan turun”, kadang saya salah estimasi juga, ikutan acara bazar yang ternyata lebih banyak keluar cost nya dibandingkan penjualan riil, banyak ketemu orang-orang menarik yang menginspirasi, tapi ya kadang nemu juga orang yang luar biasa…… nyebelinnya.(model-model orang yang kirim email dengan pertanyaan “Mbak saya mau usaha kaya mbak, bisa kasih saya alamat toko mbak beli bahan-bahan yang mbak jual di web… “eeeaaa…. sesuatuu deh pertanyaannya)

Tapi tentu saja disamping hal yang mendasar ini, ada langkah-langkah yang lebih konkrit untuk kita lakukan, agar bisa memulai peluang bisnis rumahan di bidang aksesoris wanita ini. Langkah yang bisa kita terapkan pelan-pelan, sambil tetap menjalankan apapun kesibukan kita di masa sekarang. Daaan… akan saya tuliskan di artikel berikutnya yaaaa (bersambung – kie)

 

Tags: , ,

1 comment

Trackbacks and pingbacks

  1. Bagaimana memulai peluang usaha rumahan bisnis aksesoris wanita -KoleksiKikie
    […] Artikel ini adalah bagian ke-2 dari seri 3 artikel peluang usaha rumahan bisnis aksesoris untuk wanita dengan waktu terbatas.…

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu