Home PageKursusSerunya Membuat Bros, Bersama Ibu-Ibu Dharma Wanita ITS

Nov 12

Serunya Membuat Bros, Bersama Ibu-Ibu Dharma Wanita ITS

workshop-its-018

Hari jum’at kemarin, memenuhi undangan Mbak Dewi, mama sahabatnya Dimas di sekolah, saya menghadiri arisan Ibu-Ibu Dharma Wanita ITS. Beliau-beliau yang hadir dalam arisan ini adalah para istri dari dosen-dosen ITS yang tergabung dalam kelompok Dharma Wanita. Setiap bulan, secara rutin berjumpa untuk mengadakan arisan, sebagai wadah untuk dapat terus bersilaturahmi. Tidak hanya itu saja, setiap arisan ternyata ada sesi untuk belajar hal baru, agar dapat terus menambah ilmu dan memperluas ketrampilan yang dimiliki. Minggu ini materi yanga kan sama-sama dipelajari adalah membuat bros dari bahan manik-manik bersama koleksikikie.

deg-deg an duduk di damping Ibu Dekan hihihihi

deg-deg an duduk di damping Ibu Dekan hihihihi

Acaranya berlangsung di Gedung Fakultas Teknik Fisika, karena Gedung Dharma Wanita saat ini sedang digunakan untuk kegiatan siswa-siswa TK. Dulu pas masih kuliah, saya sering main ke kampus ITS. tapi setelah 10 tahun lewat (beberapa tahun hihihihi), ternyata sekarang kampus ITS semakin bagus dan luas ya. Kalau saja gak di arahkan sejak dari Pintu Masuk Depan, pasti deh kesasar… hehehehe

workshop-its-019Acara dimulai tepat pukul 10.00, namun kami sudah di lokasi setengah jam sebelumnya. Tentu saja agar bisa terlebih dahulu mempersiapkan materi yang akan dibawakan, serta tentu saja menggelar dagangan (eeaaaa…. hehehehehe). Membawa beraneka ragam produk aksesoris jadi saat melakukan pelatihan, akan membantu calon peserta (khususnya yang belum pernah membuat kerajinan dari bahan manik-manik) untuk lebih mudah membayangkan, jenis-jenis aksesoris apa saja yang bisa dikreasikan dari bahan manik-manik. Dan tentu saja, dengan membawa aksesoris jadi seperti ini, kemungkinan produk kita akan terjual juga lebih besar yaaa… tetap optrimis selalu hahahaha

workshop-its-021

Dek Lutfi, langsung bahagia banget kayanya begitu ada banyak ibu-ibu yang datang ngeliat langsung nanya harga hihihihi

Materi yang saya bawakan dalam kelas kali ini, adalah materi dasar untuk tingkat pemula yakni : Membuat Bros Wire Mutiara. Dan karena sifat pelatihannya berupa demo, di kesempatan ini hanya ada 6 orang ibu-ibu yanga kan praktek langsung membuat bros bersama koleksikikie. Nantinya diharapkan, kepada 6 orang ibu-ibu yang menjadi perwakilan dari masing-masing Fakultas ini, dapat mentransfer ilmunya kepada kelompok masing-masing. Dengan demikian akan tercipta suasana saling asah asih asuh diantara para anggota, yang menjadi salah satu misi Dharma Wanita.

tutorial-bros-mutiara

Kepada masing-masing perwakilan yang datang, saya siapkan satu paket bahan untuk membuat aksesoris, tutorial, serta tang set isi 5 sebagai peralatan dasar yang dibutuhkan dalam membuat beragam jenis aksesoris. Ini dia beberapa foto selama acara workshop berlangsung.

workshop-its-012 workshop-its-013 workshop-its-014 workshop-its-015 workshop-its-016 workshop-its-017

Meskipun hanya ada 6 yang praktek langsung, namun anggota kelompok yanghadir juga giat membantu proses pembuatannya lho… Deang serius Ibu-Ibu ini mengikuti instruksi cara menguwer2 kawat hingga berubah menjadi bros-bros yang cantik. Jadi ikut semangat melihat bagaimana ibu-ibu ini dengan giat mencoba. Pada kesempatan ini saya juga menceritakan sedikit perjalanan koleksikikie, dari yang dulunya cuma bikin di meja belajar, belanja dengan modal 300ribuan, bertahap hingga punya toko online dan akhirnya bisa menjual bros-bros ini secara rutin ke negara-negara tetangga. Bekal ketrampilan ini, meskipun terlihat sederhana, namun saat ditekuni dengan sungguh-sungguh, akan bisa mendatangkan penghasilan yang dapat ¬†membantu perekonomian keluarga. Pemberdayaan Perempuan juga merupakan salah satu misi Dharma Wanita, dalam mengoptimalkan dan membina bakat kemampuan yang dimiliki para anggota.

workshop-its-003 workshop-its-004 workshop-its-005 workshop-its-006 workshop-its-007 workshop-its-008 workshop-its-009 workshop-its-010 workshop-its-011

Ingin mengundang Koleksikikie dalam acara arisan atau pertemuan kelompok perempuan yang sahabat adakan?
Jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami melalui email saya koleksikikie@gmail.com
Kami akan membantu memberikan pelatihan membuat manik-manik sesuai anggaran yang dimiliki, jadi kalau biasanya kursus privat di Workshop Koleksikikie kita dikenakan biaya Rp 200.000-250.000/orang untuk satu materi,  misalnya anggaran yang dimiliki hanya 50.000 per orang kami akan bantu untuk membuat penawaran pelatihan yang telah disesuaikan dengan anggaran kelompok ibu. Nantinya disampaikan saja di email kepada kami, kapan tanggal pelaksanaan acaranya, dimana diadakannya, dan pelatihannya akan diadakan untuk siapa saja (usia, jumlah orang, apakah pernah membuat ketrampilan serupa sebelumnya, ataukah masih barua kan belajar membuat) agar kami dapat menyesuaikan pilihan materinya dengan calon peserta yang hadir.

Dengan lebih banyak perempuan yang mengenali bagaimana proses membuat manik-manik menjadi aksesoris ini, besar harapan saya pribadi, industri kerajinan aksesoris ini akan bertumbuh semakin pesat. Karena mimpi besar dibangunnya kan dari yang kecil-kecil yaaa hihihihi…. semoga semakin banyak industri rumahan yang dikelola oleh para peserta pelatihan saya, tumbuh dan berkembang pesat agar mampu mendukung kemandirian perekonomian bangsa kita. Amiiiennnn

Tak lupa di akhir acara, kami pun selfie dan foto bersama… yah walaupun personil yang hadir sudah tak lengkap lagi yaaa, tapi foto-foto harus tetap jalan hihihihihihi….

 

 workshop-its workshop-its-002

sampai jumpa di workshop lainnya ya sahabat (kie)

 

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu