Home Pagemerangkai manikMengenal Ragam Sarang Bros

Jan 25

Mengenal Ragam Sarang Bros

macam2-sarang-bros Apa Itu Sarang Bros?

Sarang Bros adalah plat/lempengan tempat dimana manik-manik dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi aksesoris bros yang cantik.
Sarang bros biasanya terbuat dari bahan stainless steel, dan bisa dibilang merupakan salah satu komponen terpenting dalam pembuatan bros dari manik-manik. Sarang bros yang bagus akan menghasilkan rangkaian yang kuat dan awet/tahan lama.

sarang bros

tampak belakang sarang bros

Meronce Manik-Manik Menjadi Bros
Meronce manik-manik hingga menjadi bros bisa dilakukan dengan menggunakan dua pilihan media untuk merangkai manik yakni :
1. Tali kenur/senar pancing

picture by : www.cutoutandkeep.net

2. Kawat Bros

picture : koleksikikie.com 2012

Pilihan bahan untuk meronce manik-manik ini akan sangat tergantung pada desain aksesoris yang ingin kita hasilkan. Bros dari bahan senar pancing biasanya memiliki desain yang bulat/semua manik berada di atas saringan bros. Sementara bros dengan kawat, biasanya memiliki desain yang lebih variatif, karena kawat bros memungkinkan manik-manik u menjuntai keluar dari saringan.

Bagian- Bagian Sarang Bros
Sarang bros biasanya terdiri dari dua bagian yang umumnya berbentuk bulat, kedua bagian tersebut adalah :
1.  Saringan
Saringan bros adalah bagian atas yang berbentuk lempengan tipis berbahan stainles yang terdiri dari banyak lubang-lubang, sepintas bentuknya nyaris mirip dengan saringan santan.
Pada permukaan yang berlubang inilah kita dapat memasang manik-manik dengan menggunakan kawat/tali kenur. Pastikan manik yang dirangkai ada di sisi yang lebih cembung. Sisi lainnya sengaja dibuat cekung, agar ada cukup ruang untuk menyimpan ikatan/sisa kawat setelah meronce bros.


2. Bagian Berpeniti
Bagian bawah sarang bros umumnya berupa lempengan berpeniti yang berfungsi untuk menutup saringan bros. Bentuk penitinya akan beragam, ada yang dilengkapi penutup, ada juga jenis peniti tanpa penutup. Sarang bros kualitas baik biasanya dilengkapi cakram pada 4 sisi, yang berguna untuk menggantikan fungsi lem. Sehingga cakram cukup dilipat ke arah dalam mencengkeram sisi saringan, rangkaian bros sudah bisa langsung digunakan dengan hasil akhir yang kuat. Sisi Berpeniti ini akan menjadi sisi bagian terluar dari sarangan bros.


sarangan-bros

Jenis peniti pada penutup sarang bros sendiri ada dua macam:
1) penutup dengan ulir berputar,
biasanya dimiliki sarang bros uk 2.5 cm keatas, sengaja diberi pengunci agar bros melekat lebih kuat pada saat disematkan ke kain.
2) penutup tanpa ulir,
sering ditemukan pada sarang bros yang lebih kecil. lebih mudah dikenakan, tapi lebih berisiko untuk terlepas/terbuka.
Untuk meminimalisasi risiko tersebut, sebaiknya bahan yang digunakan pada sarang bros tidak terlalu berat.

 

Cara Menggunakan Sarang Bros dalam Merangkai Aksesoris
Walaupun terlihat mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merangkai manik-manik dengan sarang bros
1/ Sesuaikan ukuran desain dengan sarang bros yang digunakan
Bros berukuran mungil bisa menggunakan sarangan terkecil dengan diameter 1.8 cm
Namun bros dengan diameter akhir hingga 8 cm, sebaiknya menggunakan sarangan bros paling besar, yakni yang berukuran 3.5 cm.

2. Sesuaikan bahan dengan ukuran peniti pada sarangan bros
Bros yang menggunakan manik-manik yang berat biasanya membutuhkan peniti yang lebih panjang agar saat dipakai bisa lebih stabil. Peniti yang pendek sebaiknya digunakan untuk bros dengan desain mungil dan bahan yang relatif ringan, agar posisi bros saat dipakai bisa tampak bagus/tidak jatuh keberatan manik-manik.

3/ Saat merangkai bros dengan peniti bercakram, sisakan ruang kosong di pinggir saringan agar cakram bros bisa menjepit dengan kuat.
Sebaiknya manik-manik tidak dirangkai di lubang-lubang yang berada di sisi paling luar. Biarkan lubang-lubang ini kosong/tidak dilewati kawat, agar tersedia ruang untuk menjepit

Cara Merekatkan Bagian penutup ber-Peniti ke Saringan Bros
walaupun terlihat sederhana, bagian ini sering kali jadi tragedi bagi kita yang masih pertama menggunakan sarang bros.
Ada beberapa cara merekatkan kedua bagian ini
1. Dengan bantuan lem

sarangan-bros-dgn-lem
Cara ini dibutuhkan pada jenis penutup yang tidak dilengkapi dengan kaitan (lihat contoh disamping). permukaan saringan berpenitinya polos. Keuntungannya, saringan jenis ini biasanya dijual dengan harga relatif murah, hampir separuh dari harga saringan berpengait. Kesulitannya,  sarangan jenis ini mebutuhkan lem untuk merekatkan penutup ke saringan bros. Pilih lem yang bening, agar lebih rapi. Biasanya jenis yang bisa digunakan adalah : lem tembak, atau lem alteco.

Lem tembak sebenarnya memiliki harga yang ekonomis, namun dibutuhkan alat tembaknya/berbentuk seperti pistol, selain itu u mengoperasikannya dibutuhkan tenaga listrik. pilih lem yang kenyal/tidak kaku… biasanya melekat lebih kuat dibanding yang keras.

lem tembak
Lem alteco lebih mudah didapatkan, dan tidak memerlukan alat bantu saat menggunakannya. Namun lem ini termasuk lem yang sadis saking kuat banget nempelnya, ketetesan sedikit aja di jari, jari kita sudah bagaikan bayi kembar siam yang susah dipisahkan. Selain itu bila tetesan lem mengenai manik yang terbuat dari plastic/acrylic/sintetis maka permukaan manik bisa langsung kusam atau tampak seperti berembun, sehingga mengurangi nilai keindahan bros yang kita jual. Untuk itu, pada saat mengelem penutup ke saringan bros, pastikan posisi saringan bros selalu berada di atas hingga lem benar-benar mengering. Sehingga bisa meminimalisasi risiko menetesnya lem ke manik-manik di atas saringan bros.

2. Dengan bantuan Bent Nose plier

tang-3
Tang jenis ini memiliki ujung yang bengkok, ujung bengkoknya ini sangat memudahkan kita untuk merekatkan pengait pada penutup berpeniti yang dilengkapi dengan kaitan di empat sisinya.

Namun ini pun seringkali tidak mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang masih belajar membuat bros dengan saringan. Umumnya pemula menggunkan teori : menutup seluruh saringan dengan manik-manik, sehingga di sisi-sisi tempat kait “seharusnya” merekat, seringkali sudah penuh manik-manik. dan memaksa kait merekat justru hanya akan membuat saringan bros menjadi penyok kesana dan kemari

untuk menghindari hal tersebut, coba u memulai membuat bros dari lubang kedua sisi terluar saringan, dalam artian : sisakan sedikit ruang untuk pengait agar bisa merekat pada saringan. Cara ini hanya bisa dilakukan bagi kita yang membuat bros dengan kawat, karena kalau dengan tali senar, maka dari sisi atas masih akan terlihat ada bagian saringan yang kosong.

Macam-Macam Ukuran Sarangan Bros
Saat ini sarangan bros yang tersedia di pasar terdiri dari ukuran 1.8cm, 2 cm, 2.5 cm, 3 cm dan paling besar 3.5cm
Di koleksikikie bahan ini tersedia dalam kemasan kecil seharga Rp 10.000 – Rp 15.000/bungkus

Membuat Bros Tanpa Sarang Bros
tentu saja ini bukan hal yang mustahil sahabat, sejauh kita memiliki peniti bros.

peniti-bros-silver

Peniti ini sendiri terdiri dari ragam ukuran yang lebih variatif, antara 1 cm sd 5 cm. Lubang pada peniti bisa terdiri dari 2, 3 ataupun 4 lubang. Karena ukurannya yang lebih variatif ini, memungkinkan kita untuk membuat bros berukuran sangat mini, seperti gambar berikut ini.

Namun bukan berarti kita tidak bisa membuat bros dalam ukuran yang lebar. Untuk membuat bros berukurann lebar kita bisa menambahkan alat bantu berupa plat besi.

sarangan-plat.

keuntungan dari cara ini, aneka jenis bentuk plat besi yang variatif akan mampu menambah keindahan bros, menjadikan desainnya tidak trekesan monoton. selain itu harga peniti juga relatif jauh lebih murah dibandingan dnegan saringan bros. Sehingga harga jual bros bisa menjadi jauh lebih ekonomis.

peniti juga lebih mudah dipakai saat kita membuat bros dengan penampang bawah berupa kain. Untuk memberikan tampilan yang rapi, biasnaya peniti disematkan/disembunyikan di bawah kain, sehingga lem tidak tampak dari bagian luar.

sarangan-suede

kalau rangkaian bros dirasa terlalu lebar, bisa kita gunakan dua buah peniti dalam satu bros.

peniti-ganda

TUTORIAL MEMBUAT BROS DENGAN SARANGAN
Untuk memudahkan sahabat yang pengen belajar membuat bros, koleksikikie juga menyediakan tutorial membuat bros tanpa sarangan yang bisa dibeli seharga Rp 50.000 yang dapat dibeli di sini

Paket Tutorial Membuat Bros Etnik Dengan Sarangan
satu paket lengkap bahan membuat 1 bros dan tutorial
Rp 50.000/buah. Paket tidak termasuk dengan set tang

Tutorial ini merupakan tutorial basic membuat bros etnik, yang langkah-langkahnya bisa dikembangkan menjadi beragam desain bros. Seperti bros-bros berikut ini, semuanya dibuat menggunakan teknik yang sama dengan yang terdapat di dalam seri tutorial ini, hanya saja pemilihan desain dan bahannya dibuat lebih variatif dan beragam

Semoga info ini membantu ya sahabat ^_^ (kie)

Tags:

1 comment

  1. Naila says: December 7, 2015

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu