Home PageRe-Desain AkesorisRe-Desain Kalung menjadi Bros oleh Dini

Feb 12

Re-Desain Kalung menjadi Bros oleh Dini

Penjurian Lomba Re-Desain Aksesoris 2014 sudah mulai dilaksanakan, dan baru sadaaaarrr euyy ada satu artikel yang belum saya posting di web maupun FB koleksikikie, padahal artikel ini memenuhi syarat untuk diikut sertakan dalam Lomba. Artikel ini kami terima di tanggal 31 Januari 2014, dikirim oleh Mbak Dini Puspasari yang tinggal di Kota Kudus. Mbak Dini mengirimkan cerita, bagaimana mengubah kalung kesayangannya menjadi sebuah bros serangga yang cantik. ini dia artikel yang ditulis oleh Mbak Dini

Ide untuk mere-desain kalung menjadi bros kupu-kupu ini berawal saat aku membongkar kotak-kotak penyimpanan aksesoris lama dan bahan-bahan aksesoris yang belum sempat dibikin. Terus terang dengan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini,  aku khawatir terjadi “apa2” pada mereka (rusak, berdebu, berjamur karena lembab) . Eh ternyata ketemulah si kalung ijo yang dulu sering aku pakai saat masih gadis.…

IMG-20140201-WA000

Sejak menikah lalu lahir si kecil, memakai bros terasa lebih save daripada kalung panjang seperti itu. Karena itulah saya berencana mengubah kalung panjang hijau ini menjadi sebuah bros cantik. Langkah pertama yang saya lakukan adalah membongkar manik-manik yang ada pada rangkaian kalung. Setelah di cek ternyata material yang masih bisa dimanfaatkan ada: kerang oval, kerang bulat, manik kaca oval, mutiara polos 12mm, mutiara polos 8mm dan kristal cina diamond 4mm.

IMG-20140201-WA001

Material yang perlu ditambahkan yaitu: sarangan bros ukuran 2,5cm, daun pyrus, kristal cina tetes, kawat super, kawat 04 hijau. Untuk membuatnya saya menggunakan tang.

IMG-20140201-WA002

Langkah pembuatannya adalah sebagaimana berikut.

IMG-20140201-WA003

membuat-bros-serangga
Keterangan :
1. Pasang mutiara polos 12mm sebagai kepala kupu-kupu.
2-3. Pasang kerang oval sebagai sayap atas dikedua sisi.
4. Pasang kerang bulat sebagai sayap bawah yang posisinya diselipkan dibawah sayap atas.
5-6. Masukkan kawat melalui belakang sarangan menembus kebawah kepala, lalu masukkan manic kaca dan 1 butir mutiara polos 8mm sebagai badan kupu-kupu.
7-8. Masukkan kawat kelubang sarangan paling luar diantara kedua sayap bawah, masukkan 1 butir mutiara polos 8mm sebagai ekor kupu. Masukkan kawat kelubang mutiara polos badan menembus kebawah sarangan.
9. Munculkan kawat kebawah kepala, masukkan 5 butir kristal cina diamond 4mm sebagai leher kupu-kupu.
10. Pasang daun pyrus untuk sayap kecil dikedua sisi diatas sayap bawah.
11. Hal ini bertujuan menutup sela-sela sarangan yang masih terlihat dan mengencangkan seluruh rangkaian badan kupu-kupu.
12. Pasang kristal cina tetes sebagai antenna kupu-kupu dengan kawat hijau, lalu pelintir.
13. Pasang peniti dengan tang penjepit.

Mbak-Dini-Puspasari mbak-dini

 

 

 

Voilà….. si kalung ijo telah bermetamorfosis menjadi bros kupu-kupu cantik yang siap terbang…….

Mbak Dini Puspasari adalah seorang crafter asli Semarang yang kini berdomisili di kota Kudus, dalam kesehariannya mbak Dini mengajar di sebuah SMU Negeri, namun di sela kesibukannya juga aktif merangkai akseosris dari bahan manik-manik untuk dijual di beberapa Butik Busana Muslim. Mbak Dini PUspasari dapat dihubungi melalui email FB : DINETTE PERNIK WA : 085 225 21 83 97 atau silahkan mengunjungi webnya di  http://dinettepernik.wordpress.com

Tags:

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu