Home Pageceloteh kikiePilah-Pilih Jasa Pengiriman Barang

Mar 07

Pilah-Pilih Jasa Pengiriman Barang

Sebagai toko yang menjalankan usahanya secara online, mau tidak mau kita hidup dengan tingkat ketergantungan yang tinggi dengan rekan-rekan penyedia jasa layanan pengiriman barang. Koleksikikie sendiri saat ini menggunakan 4 vendor yang berbeda untuk mengirimkan paket-paketnya

1. WAHANA ( http://www.wahana.com/rate.html )
jasa pengiriman ini biasa saya gunakan untuk barang-barang dengan tujuan wilayah pengiriman ke Sumatera, biasanya ongkos kirimnya bisa 50% lebih murah dibandingkan dengan rekan sejenisnya.
Wahana juga memfasilitasi diri dengan fasilitas tracking number yang membantu kita untuk melihat posisi barang saat ini ada dimana.

2. POS Indonesia (  http://www.posindonesia.co.id/ )
Biasanya pos Indonesia menjadi favorit, saat akan mengirimkan barang ke pelosok Indonesia. Kalau alamat tertuju di pedesaan yang biasnaya gak ada alamat lengkap nomer RT dan RW, Mengirim paket dengan POs Indonesia Insyaallah lebih cepat dan hemat dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya. Hal ini konon karena pada jasa pengiriman yang lain, barang akan di sub kan pengirimannya ke kurir setempat, itulah yang menyebabkan paket bisa tiba lebih lama. Kini pos indonesia juga sudah semakin maju dan modern. Penentuan harga juga mengikuti gram terkecil, sehingga paket dnegan berat 2600 gram tidak langsung masuk ke pembulatan 3 kg, tapi dihitung dengan ongkir 2600 gram. Walaupun menguntungkan customer di sisi penjual kadang hal ini cukup menyulitkan, karena selisih berat dikit aja sudah menghasilkan ongkir yang berbeda

3. Platinium Logistik ( http://www.platiniumlogistic.com/ )
walaupun sudah cukup berpengalaman dan lama bergerak di bisnis ini, nama platinium logistik bisa dibilang kurang beken di jajaran pedagang online, hal ini disebabkan karena sebelumnya platinium hanya melayani kurir untuk bisnis perkantoran. Saya sendiri suka menggunakan platinium untuk pengiriman ke kota-kota besar, karena disamping biaya pengirimannya relatif murah (1kg untuk jakarta dr surabaya hanya 10.000 saja) barang tiba dalam jangka waktu relatif cepat (kalau kurir reguler biasnaya 2 hari kerja, via platinium barang bisa diterima keesokan harinya.

4. JNE ( http://www.jne.co.id/ )
dibandingkan kawan-kawannya. bisa jadi JNE adalah yang paling besar dan dikenal di jajaran pedagang-pedagang online. Hal ini karena ada begitu banyak kemudahan yang diberikan oleh JNE kepada para pelanggannya, diantaranya :
– JNE menyediakan layanan pick up service, penjemputan paket langsung ke rumah para pelanggan. Hal ini akan sangat menghemat tenaga dan biaya kita.
– dari pengalaman saya menjalin hubungan dnegan berbagai jasa pengiriman barang, JNE adalah yang paling kooperatif dalam menangani komplain, kotline numbernya pun mudah dihubungi (di jam operasional)
– JNE juga selalu mengemas paket yang diterima dengan plastik tambahan, sehingga paket kita relatif aman dari kemungkinan cuaca hujan.
– JNE cukup mudah diakses untuk urusan tracking number dan tarif pengiriman. Bahkan yang terbaru, JNE membuat aplikasi mobile yang bisa di download via aplication store di smartphone kita

aplikasi JNE

 

Pun demikian, selama 8 tahun menjalankan bisnis ini, satu dua kali barang yang kami kirimkan mengalami masalah, yang umum terjadi biasanya paket belum diterima pelanggan di waktu yang ditentukan. Namun komplain pun ada tata caranya, berikut ini adalah tips komplain paling efektif saat barang/paket yang kita kirimkan tidak sampai
1. siapkan terlebih dahulu resi pengiriman barang kita
2. pastikan terlebih dahulu informasi yang tercantum pada resi sudah benar
(kadang petugas CS penerima paket salah memasukkan kode kota, salah mengetik alamat, bisa juga nama penerima dan pengirim keliru diinput CS) Kita juga sebaiknya melakukan pengecekan via web untuk memastikan posisi barang dan mencari informasi tambahan terkait paket yang kita kirimkan.
Dengan meneliti terlebih dahulu hal-hal tersebut, kita bisa langsung memberikan informasi tambahan tersebut saat menelfon Hotline number, sehingga proses pencarian barang menjadi lebih cepat.
3. Saat menelfon Customer service, pastikan kita menyebutkan nama, kota tempat tinggal kita, posisi kita sebagai penerima atau pengirim barang, serta nomer resi pengiriman barang. walaupun sebel dan panik, pastikan nada suara kita tetap tenang… Daripada marah-marah dengan nada tinggi, nada memelas minta solusi ternyata jauh lebih ampuh. Karena hal ini lebih membangkitkan rasa ingin membantu mencarikan penyelesaian)
4. Biasanya CS akan meminta waktu untuk melakukan pengecekan, pastikan kita meninggalkan nomer untuk dihubungi, atau tanyakan kira-kira kapan kita bis amenghubunginya lagi. Saat CS menyebutkan jam, jangan berhenti disitu, tanyakan nomer telpon jasa pengiriman di kota penerima (biasanya setiap jasa pengiriman punya nomer telpon cabangnya) ini untuk berjaga-jaga kalau usaha nelpon ke CS tidak berhasil.
5. Langkah kelima ini snagat penting, wlauapun sebagai pihak pengirim kita merasa bertanggungjawab untuk membantu pembeli kita menemukan paketnya yang tak kunjung sampai, Pastikan bahwa calon penerima paket juga responsip menanyakan posisi paketnya. beri nomer resi dan nomer telpon kantor cabang jasa pengiriman dan minta pihak penerima u juga ikut secara aktif menghubungi kurir. Beberapa kasus biasnaya kurir sudha mengirimkan barang namun rumah dalam kondisi kosong, sehingga kurir kembali ke kantor dnegan membawa paket kiriman barang. Nah dalam kondisi ini pemilik rumah harus janjian sendiri dengan kurir di jam atau lokasi mana barang bisa diambil.

Selain keterlambatan, beberapa teman tak jarang mengalami masalah paket hilang saat pengiriman, kemasan rusak atau paket tidak dalam kondisi rapi terbungkus (jadi paket dibuka, diambil salah satu barang yang ada di dalamnya, lalu diisolasi alakadarnya). Dari hasil ngobrol dnegan kurir saya baru tau, bahwa hal-hal semacam ini biasnaya terjadi kalau paket yang kita kirimkan mencurigakan. Kategori mencurigakannya paling umum sih karena dicurigai berisi barang mewah, sehingga menimbulkan keinginan orang untuk usil. Karena biasanya kita menyebutkan barang berisi aksesoris perhiasan, nah kalau paket yang kita kirimkan saat diguncang2 berbunyi, disitulah orang suka merasa penasaran =D

Untuk itu berikut ini tips mengemas paket agar cukup kuat dan aman dari rasa ingin usil orang-orang. Tips ini langsung dari Ayah saya, yang sampai saat ini selalu langsung memastikan barang yang teman-teman koleksikikie terima, bisa tetap dalam kondisi baik.

langkah-1 langkah-2 langkah-3 langkah-4 langkah-5

Pertama susun paket barang yang akan dikirimkan serapi mungkin (bisa juga dilakukan dengan bantuan kotak kerdus kemasan makanan) atau cara yang paling sering Ayah saya gunakan adalah dengan membungkusnya terlebih dahulu dengan koran. Setelah paket terbungkus koran dengan rapi, selanjutnya beri pelapis kardus yang tebal dna kuat untuk menjaga barang terbentur/ kemasan penyok/rusak saat dikirimkan. Setelah Kardus rapi, bungkus bagian luar kardus dengan plastik kresek polos, ini untuk menjaga paket dari kemungkinan basah akibat perubahan cuaca selama pengiriman barang. Lalu pada permukaannya, tempelkan alamat dan nama penerima paket =D Insyaallah paket bisa aman sampai di tangan penerima pesanan. Semoga infonya cukup membantu ya sahabat (kikie)

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu