Home PageKARYA SAHABATPeserta No 42 Yunita Herawaty (Balikpapan)

Jan 17

Peserta No 42 Yunita Herawaty (Balikpapan)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 042
Nama : Yunita Herawaty
Kota : Balikpapan
Business Contact: 081578881614
Material Bahan Daur Ulang : Celana & Resleting Bekas yang sudah kekecilan

zipper

Sejak awal Koleksikikie mengumumkan tentang sayembara ini,  terus terang saya langsung semangat kepikiran mau ikut. Tiap lihat sudut rumah, pikirannya selalu bercabang antara mau mbuang sampah yang ada sama mau nyulap bahan bekas ini jadi aksesoris. Akhirnya setelah mengumpulkan ide pilihan saya jatuh pada celana butut peninggalan zaman masih kerja dulu. Entah kenapa dari dulu rasanya sayang kalau tuh celana dijadikan kain lap, sedih ingat memori nemenin cari sesuap nasi…..*lebayyyy Tapi saya pikir kalau diubah menjadi aksesoris, rasanya benda kenangan ini jadi lebh bermanfaat dan bisa tetap digunakan. Akhgirnya dimulailah proses membuat aksesoris dari bahan celana bekas ini.

PROSES PEMBUATAN
Yakkk, eksekusi dimulai : dipotong list pinggang celana, dirakit kancing celana untuk dipakai jadi kancing gelang, didedel reselting jadi bunga kontemporer, dan tak lupa kancingnya dipakai sebagai kepala anting yang direkatkan pada kepala anting jepit. Selanjutnya dipermanis dengan tile. Bismillah…
Tadaaaa….
Jadilah inovasi aksesoris si emak di sela waktu tidur bayi….*disini sesungguhnya letak perjuangan yang sesungguhnya ya mbak…

zipper

Hehehe abaikan alasan di atas, karena sesungguhnya menciptakan sebuah aksesoris tidaklah gampang. Apalagi saat aksesoris yang indah itu tercipta dari bahan yang tidak kita duga bisa dimanfaatkan. Ide inovatif dan kreatif menjadi sesuatu yang penting dalam memanfaatkan barang bekas yang ada. Dan bagi saya rasanya sangat menyengkan saat melihat aksesoris ini bisa bermanfaat dan membuat hati pemakainya senang.

Yunita 002 yunita herawaty

Semoga semakin banyak wanita-wanita Indonesia yang semakin kreatif dan mandiri. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan.
Salam hangat,
Yunita Herawaty

 

SOSOK DIBALIK KARYA
Yunita-Balikpapan

Yunita Herawaty menyukai kegiatan craft sejak remaja, namun baru setelah menikah dan pindah ke Kota Balikpapan Yunita lebih fokus belajar tentang seni membuat perhiasan handmade. Baginya ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri saat bisa membuat dan menggunakan produk buatan sendiri.

Sarjana Arsitektur dari Universitas Gajah Mada ini selalu merasa tertantang untuk mempelajari proses pembuatan setiap kali melihat aksesoris yang menarik hatinya. Bersama jumlah karya yang semakin banyak, Yunita pun memberanikan diri untuk mulai memajang hasil karyanya secara online diantara halaman facebook pribadinya. Respond positif dari teman dan kenalan membuat Yunita semakin terpacu berkarya hingga stok aksesorisnya mencapai ratusan… namun kesibukannya yang lain membuat Yunita belum bisa fokus melakukan penjualan. Belum lagi wkatu yang terbatas dan harus dibagi dengan aktivitas lainnya, dan saat lelah datang mood dan semangat seringkali hilang.

Kendala-kendala inilah yang membuat penjualan produk-produk karyanya masih belum  berjalan sesuai harapan, Namun Yunita bukanlah sosok yang pantang menyerah, meskipun kadang mengambil libur membuat perhiasan handmade, dia masih menyempatkan diri mempelajari seni craft yang lain seperti menjahit dan merajut, yang akhirnya justru menjadi teknik yang menginpirasinya untuk mengolah bahan baku celana bekas menjadi aksesoris cantik dari bahan bekas.

Simak aktivitas craft Yunita melalui akun facebook pribadinya Yunita Herawaty

 

 

In:KARYA SAHABAT, LOMBA DESAIN AKSESORIS, LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

Comments Off on Peserta No 42 Yunita Herawaty (Balikpapan)

Share on

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu