Home PageKARYA SAHABATPeserta No 031 Luci Wardani (Malang)

Jan 13

Peserta No 031 Luci Wardani (Malang)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 031
Nama : Luci Wardani
Nama Usaha : Fujihana Crafts & Accessories
Kota : Malang, Jawa Timur
Business Contact: 62 819-3184-0996 Line : fujihanacrafts
Material Bahan Daur Ulang : Bunga dan Daun Kering

fujihana-by-luci-wardani

Karya ini berawal dari ketertarikan pada seni oshibana (bunga pres) ketika tinggal di Jepang. Untuk mempertahankan keindahan daun dan bunga lebih lama maka dilakukan proses pengeringan bunga dan daun dgn metode tertentu. sejak tergabung dan terhubung dengan teman-teman di komunitas bunga kering dan bunga buatan termasuk oshibana. Kami dapat ide untuk membuat sendiri aksesoris dari oshibana. Mulailah kami mencari cara sendiri termasuk semua peralatan yg dibutuhkan. Dan itu memakan waktu  yang cukup lama.

Bahagianya ketika karya aksesoris kami direspon dengan antusias oleh teman dan para customer. Semakin antusias pula kami membuat karya dengan design2 yang baru dengan keberagaman daun dan bunga lain dan keberagaman bahan aksesoris yg tersedia.  Para sahabat kami suka karena karya kami unik, dan hampir tidak pernah sama setiapnya, dan banyak juga yang custom sesuai dengan permintaan customer. Tidak jarang kami menerima order model dan design baru yg jadi ide baru buat Fujihana dari para customer setia kami.

IMG-20170113-WA0020

Pada perkembangannya kami memadukan juga dengan bunga kering lain yg terbuat dari bunga calatea yang dibentuk menjadi mawar kuncup dan mawar mekar. Semuanya sama berasal dari bahan daur ulang dari bunga dan daun asli. Yang pasti, kekayaan dan keanekaragaman tanaman Indonesia tidak kalah indahnya dengan tanaman di negara lain seperti Jepang.

IMG-20170113-WA0011 IMG-20170113-WA0013 IMG-20170113-WA0019

Kesulitan dan kendala yang kami alami saat ini adalah karena kami masih part timer dalam menjalankan usaha ini karena saya masih menjadi karyawan di satu perusahaan. Kami harus menjalankan sendiri hampir semua aktifitas mulai produksi sampai pemasaran. Kami sudah berusaha untuk mencari orang yang bisa membantu usaha kami secara fulltime tapi sampai sekarang masih belum menemukannya. Ada beberapa orang yang sudah membantu kami untuk sesuatu yang bisa dilakukan seperti pengeringan bunga tapi untuk design dan pemasaran masih dilakukan oleh saya dan kakak saya Dina.

Saat ini berbagai aksesoris sudah kami buat dari oshibana dan bunga calatea, antara lain :

  • Kalung pendek dan panjang (termasuk untuk hijaber),
  • gelang,
  • anting,
  • bros hijab dan non hijab,
  • bando,
  • peniti hijab,
  • jepit rambut,

Dalam rangka mengikuti lomba Desain Aksesoris Koleksikikie, kami membuat satu set kalung dan gelang dengan material bunga dan daun-daun kering.

PhotoGrid_1483511174034 PhotoGrid_1483511311354

Semoga Fujihana dan bahan daur ulangnya bias mewarnai dan mempercantik kasanah aksesoris Indonesia sampai ke manca negara.

SOSOK DIBALIK KARYA

PhotoGrid_1473922229910

Fujihana Craft & Accesories didirikan oleh dua bersaudara Dina dan Luci. Usaha ini berawal sekitar 4 tahun yang lalu, setelah kepulangan Dina ke tanah air. Pengalaman tinggal di Jepang, membuat Dina yang mencintai bunga piawai dalam mempraktekkan seni oshibana (bunga press), lalu skill ini ditularkan kepada Luci dan kemudian dikembangkan menjadi beragam produk seni, seperti : pembatas buku, dan hiasan dinding (lukisan).

Namun produk jenis ini kurang diminati di Kota Malang. Namun keduanya tidak berhenti berkreasi, berangkat pada kecintaannya menggunakan aksesoris cantik akhirnya terbersit ide untuk menjadikan daun dan bunga press ini sebagai aksesoris. Mulailah mereka bekerjasama mendirikan brand Fujihana Accesories yang fokus mengolah bunga dan daun kering, menjadi aneka ragam aksesoris bernilai seni tinggi.

Kalau pada saat Fujihana Accesories beridir penjualan masih terbatas pada Direct selling ke teman dan kenalan, setelah bergabung dan terhubung dengan komunitas perempuan peengusaha di Malang Jawa Timur, Luci daan Dina aktif mengikuti berbagai pameran dan bazar yaang diselenggarakan oleh IWAPI, Kelompok UKM, ataupun event khusus yang melibatkan pecinta craft. Untuk semakin meengembangkan bisnisnya, Luci dan Dina kini juga mulai memasarkan produk aksesoris bunga kering ini secara online melalui Instagram @luciwardani dan @dinaprastini juga fanpage facebook  yang bernama : FUJIHANA CRAFTS&ACCESSORIS

Cita-cita terbesar dari Luci dan Dina, adalah memperkenalkan ketrampilan ini kepada lebih banyak crafter muda berbakat di Indonesia, sehingga mengembangkan bisnis Fujihana Craft & Accesories. Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, secara aktif Luci dan Dina sering menjadi pemateri dalam workshop-workshop kewirausahaan di berbagai kampus-kampus Nasional di Indonesia. Selain itu, ketrampilan ini juga telah diliput oleh stasiun televisi nasional TRANS TV, untuk ditampilkan ke seluruh pelosok negeri.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu