Home PageKARYA SAHABATPeserta No 026 Puji Oktavia (Cilacap)

Jan 13

Peserta No 026 Puji Oktavia (Cilacap)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 026
Nama : Puji Oktavia Pratiwi
Kota : Cilacap, Jawa Tengah
Business Contact: 085721260305
Material Bahan Daur Ulang : Sendok Plastik dan keping DVD Bekas

set aksesoris

Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti lomba desain aksesoris koleksikikie.
Terus terang saya merasa cukup tertantang untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, karena tema daur ulang yang diangkat dalam lomba ini.

Sebagai crafter pemula, tema desain bahan daur ulang memiliki kesulitan tersendiri buat saya. Namun, alhamdulillah akhirnya saya bisa membuat bros anting dengan bahan baku daur ulang berupa keping DVD dan sendok plastik. Kebetulan, ide menggunakan bahan ini dikarenakan saya suka menonton film dan makan ice cream menggunakan sendok plastik. Jadi di rumah ada banyak keping DVD film lama yg sudah rusak dan juga sendok plastik bekas. Sehingga sangat cocok sekali, untuk saya buat aksesoris dengan tema daur ulang ini.

bros cantik

Bros ini saya buat dengan menggunakan kawat super dan penitik saringan bros. Sedangkan keping DVDnya, saya bentuk terlebih dahulu menyerupai kelopak dengan menggunakan gunting biasa. Begitu juga, dengan sendok plastik bekas. Sendok plastik (tentunya dicuci dlu yah ??), lalu dipisahkan dari pegangan sendoknya (dengan cara dipatahkan).

Kemudian potongan kelopak DVD dan sendok, saya lubangi dengan menggunakaaan jarum yg dipanaskan oleh api. Lalu dirangkai di atas saringan bros menggunakan kawat super, sehingga menjadi kelopak bunga yang cantik dan juga segar dari warna hijau yang dimiliki oleh sendok. Untuk melengkapi desainnya, bros yg terangkai dari keping DVD dan sendok pun, dipadukan dengan beberapa kristal tetes, mutiara kulit jeruk dan clay resin mawar. ??? Alhamdulillah, jadilah bros hijau yang cantik.

anting-anting

Sedangkan untuk pembuatan anting, kurang lebih prosesnya sama. Sendok plastik dipisahkan dari pegangannya dan diberi beberapa lubang. Sebagai pelengkap ditambahkan beberapa kristal dan uwiran kawat berwarna pink di tengah sendok, agar terlihat lebih eye catching. ??? Demikianlah proses pembuatan bros dan anting saya, untuk lomba desain aksesoris koleksikikie.

 

SOSOK DIBALIK KARYA

14045905_10205729818005189_1600995224438644908_n

Puji Oktavia Pratiwi, menyukai aksesoris sejak remaja, Namun baru satu tahun belakangan Ibu muda dari seorang balita ini mulai aktif mencoba membuat sendiri aksesoris handmade menggunakan bahan manik-manik. Awalnya Puji banyak belajar dari artikel yang ada secara online, lalu secara bertahap mulai mempraktekkan ketrampilan ini dnegan membeli paket belajar yang sudah berisi tutorial dan bahan.

Tentu saja, awal mula menekuni kegiatan ini semuanya tidak berjalan mudah, tak jarang Puji membuat aksesoris yang terasa kurang pas dengan selera dan desain yang diinginkannya. Namun hal ini tidak membuat perempuan Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia ini mudah menyerah. Kini Puji tidak hanya membuat bros saja, namun juga berkembang ke peniti hias. Kalau saat pertama membuat aksesoris ini hanya dijadikan koleksi pribadi, kini beberapa hasil karyanya mulai diperjualbelikan secara online, melalui akun instagram @pujioktaviapratiwi

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu