Home PageKARYA SAHABATPeserta No 023 Hamidah Oktafiana (Yogyakarta)

Jan 13

Peserta No 023 Hamidah Oktafiana (Yogyakarta)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 023
Nama : Hamidah Oktafiana (Ana)
Nama Usaha : Pituyog Batik
Kota : Yogyakarta
Business Contact : 082134996537
Material Bahan Daur Ulang : Kemasan Selongsong Benang dan Perca Batik

 

PicsArt_12-24-01.10.55Dewanti

Sebagai seorang crafter yang sering menjahit tangan, saya banyak menyisakan limbah dr selongsong atau tempat melilit benang bekas.

Setelah lama saya mengamati bentuknya, ternyata cocok untuk ornamen desain kalung yang ingin saya buat untuk mengikuti Lomba Desain Aksesoris Koleksikikie. Namun karena saya menilai material selongsong itu tampak kurang menarik karena polos, akhirnya saya mencoba membungkus selongsong benang dengan perca kain batik sisa.

Untuk mempermanisnya saya menggunakan perca batik yang sudah melalui proses pengerasan kain. Proses ini bertujuan untuk merubah tekstur kain agar lebih seperti kertas sehingga memudahkan saya melipat, lalu saya aplikasikan teknik origami dress pada kain yang sudah keras ini.

Alhasil jadilah desain kalung daur ulang dari selongsong benang dan perca batik,  kalung ini saya beri nama dewanti.

IMG_20170113_171208Sebagai padanannya, dengan teknik yang sama, saya buat bros. Caranya saya tambahkan peniti pada liontin kalung danmenghilangkan unsur tali kalungnya.  Aksesoris ini unik, dan bisa dibuat sendiri dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Kitapun akan menjadi pribadi yang secara aktif ikut berpartisipasi dalam program mendaur ulang sampah menjadi aksesoris yang bernilai seni.

 

SOSOK DIBALIK KARYA

ana Oktafi

Ana Oktafi yang lama tinggal di Yogyakarta, tumbuh dengan kecintaan dan ketertarikan yang luar biasa pada batik. Hal inilah yang kemudian mendorong Ana untuk mendirikan label Pituyog Batik, sebuah brand yang menyediakan berbagai aksesoris handmade cantik yang menggunakan material utama berupa perca batik.

Produk-produk karya Ana, kini sudah dipasarkan secara online, diantaranya bisa ditemukan di marketplace Qlapa. Tidak hanya menjual akseosris, Pituyog Batik kini juga merambah ke berbagai jenis produk fashion seperti tas, sepatu kain, serta aneka clutch/dompet cantik.

Berbagai akseosris unik dari Pituyog Batik bisa didapatkan melalui
Instagram: pituyog_batik
Fb pages : @pituyogbatik
Blog: pituyog.blogspot.com

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu