Home PageKARYA SAHABATPeserta No 021 Sekar Gandes Buanawati (Yogyakarta)

Jan 17

Peserta No 021 Sekar Gandes Buanawati (Yogyakarta)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 021
Nama : Sekar Gandes Buanawati
Kota : Yogyakarta
Business Contact: 082324243357
Material Bahan Daur Ulang : Kertas Bekas, Sendok Bebek dan Sedotan Bekas

2-(1)

Black and White Recycle

Tema yang saya angkat pada lomba desain ini adalah Black and White Recycle. Mengapa black and white ? karena pada dasarnya saya memang menyukai warna netral. Warna hitam dan putih sendiri adalah warna yang bisa dipadupadankan dengan warna lain. Maka dari itu saya membuat kalung dan gelang dengan warna itu agar kalung dan gelang bisa digunakan dengan baju apa saja. bahan daur ulang yang saya gunakan disini adalah sedotan bekas, sendok bebek bekas dan map kertas bekas.

5

Awal mula mengapa saya menggunakan bahan tersebut adalah ketika saya makan dengan teman2 saya. tadinya saat saya mendaftar ikut lomba ini saya belum punya gambaran mau membuat apa, lalu suatu hari saya sedang makan dengan keempat teman saya , saat membeli minum saya mendapat sedotan tekuk berwarna hitam. lalu saya berpikir jika sedotan itu terlihat menarik jika dijadikan sesuatu barang. akhirnya sedotan bekas saya dan dan punya teman teman, kubawa pulang. saya mengumpulkan sedotan itu beberapa waktu saat makan sampai akhirnya bisa mendapat banyak . sampai sampai teman saya bilang ” kamu kok kurang kerjaan bgt kayak gitu dibawa pulang ” tapi buat lomba ini ya gak papa lah saya lakukan hehe. semua sedotan saya cuci dengan bersih. lalu untuk sendok bebek juga saya dapat saat ada acara dan mendapat nasi box. lagi lagi sendok saya dan teman-teman kubawa pualng. sudah seperti pencari barang bekas saja ya wkwk. lalu untuk map kertas itu kepunyaan saya sendiri karena sudah robek.

8

Kalung yang saya buat komponennya ada sedotan, sendok bebek ,map kertas, ratai,dan kawat wire tentunya karena saya langganan beli kawat wire di koleksikikie. sedotan saya potong pada tekukannya dan membuat segitiga dengan tiga sedotan, agar tidak mudah lepas saat saya gabung pada ujung sedotan sya beri lem bakar namun tidak terlalu panas agar sedotan tidak melelh. mengapa saya buat segitiga , bukan persegi ataupun yang lainnya? karena segitiga sendiri adalah lambang dari daur ulang. seotan saya buat sebagai tali kalung yang digabungkan dengan rantai. lalu kawat wire saya buat membentuk kepala mickymouse . kemudian di tengahnya saya beri bunga yang terbuat dari sendok bebek yang saya potong pada alasnya. digabung dengan menggunakan lembakar dan pada tengahnya saya beri kawat wire dengan bentuk nada musik. pada bawah bunga saya beri potongan dari map yang dibentuk segitika ditumpuk agar teerlihat lebih indah.

Kemudian untuk gelang saya memakai map bekas ,rantai ,kawat wire dan sedotan. seperti pada gambar yang terlampir. map saya lubangi menggunakan apaitu nama alat nya gak tau hehe. lalu saya selipkan tali suede. kemudian kawat wire saya bentuk loh dikaitkan dengan rantai dan saya beri gantungan dari sedotan.

3-(1) 4-(1)

hasilnya dapat dilihat pada lampiran foto kalung dan gelang dan juga foto saat dipakai.
Sekian dan Terimakasih

SOSOK DIBALIK KARYA

Sekar-Gandes

Sekar Gandes Buanawati, saat ini masih tercatat sebagai Mahasiswi Jurusan Pendikan Fisika, di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Namun tidak hanya fokus belajar, mahasiswi yang akrab dipanggil Gandes ini memiliki segudang  aktivitas dan hobi, diantaranya menjalankan toko online yang menjual busana muslim untuk remaja putri. Selain itu, jemarinya yang lentik juga terampil bermain gitar dan membuat aksesoris.

Ketertarikannya membuat akseosris sendiri juga berawal secara tidak sengaja. Gandes yang modis membeli aksesoris custom dengan harga lumayan mahal, namun hasilnya dirasa kurang memuaskan. Dari pengalaman yang kurang mengenakkan ini, Gandes akhirnya tertarik untuk mencoba membuat sendiri aksesoris handmade yang sesuai dengan gaya dan kantong mahasiswa. Dia pun mulai mempelajari tutorial2 online yang ada di internet, membeli bahan dari toko online manik-manik dan diluar ekspektasinya, teman-teman yang melihat hasil karya Gandes tertarik untuk membeli dan mengusulkan Gandes untuk mulai menjual hasil karyanya. Dari sinilah akhirnya Gandes mulai meberanikan diri memasarkan aksesoris handmade buatannya, yang kini menjadi produk baru yang melengkapi variasi barang toko online yang dia kelola.

Simak karya Gandes yang lain di akun instagram  @se_gecollection

 

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu