Home PageLOMBA DESAIN AKSESORISPeserta No 017 Voni Indah Dwi (Bogor)

Jan 13

Peserta No 017 Voni Indah Dwi (Bogor)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 017
Nama : Voni Indah Dwi Susanty
Nama Usaha : d’VA Accessories
Kota : Bogor, Jawa Barat
Business Contact : 081276659100

DSCN9569

“Amazing Korean Disc”

Drama korea merupakan drama berdurasi panjang yang bisa terdiri dari 3-8 keping DVD, bahkan lebih. Sebagai salah seorang penggemar drama korea, saya sejak tahun 2009 telah banyak mengoleksi DVDnya. Saat ini koleksi tersebut hanya disimpan dalam kotak cd dan tidak dimanfaatkan atau ditonton kembali. Dengan memanfaatkan DVD bekas tersebut, barang bekas di rumah berkurang volumenya, mengurangi potensi limbah yang sulit didaur ulang dan bisa memberikan nilai tambah (added value). Barang bekas lain yang sering kita temui di rumah adalah bekas kabel. Saat ini kami sekeluarga berlangganan TV kabel, sehingga kabel antena luar tidak kami pakai. Kabel antena luar tersebut telah lama tidak digunakan sehingga kondisinya sedikit rusak.

Ketika ada info lomba ini dari KOLEKSI KIKI, saya langsung berpikir untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut sebagai sumber bahan daur ulang dalam pembuatan aksesoris.  Saya mencoba memanfaatkan barang-barang bekas yang sering saya jumpai di rumah.

DSCN9551

Desain yang pertama adalah kalung yang liontinnya menggunakan bahan DVD bekas yang dililit dengan kabel. Untuk mempermanis tampilan akhir, saya tambahkan dengan renda dan manik-manik warna biru muda. Sebagai padanannya, saya buat juga sebuah gelang dari bahan baku yang sama

DSCN9561

Jadilah set perhiasan aksesoris handmade dengan sentuhan bahan daur ulang di dalamnya. Dapat dilihat, dari dua aksesoris yang kami kirimkan, kandungan DVD dan kabel bekas sekitar 80% bahkan lebih dari total bahan yang digunakan. Disini saya menyimpulkan bahwa bahan bekas yang terlihat layak dibuang, dengan sedikit kreatifitas bisa diubah menjadi produk cantik yang bermanfaat dan menarik untuk digunakan.

SOSOK DIBALIK KARYA

Voni Indah Dwi

Voni Indah Dwi Susanty adalah seorang Ibu rumah tangga yang menjalankan bisnisnya di sela kesibukan sebagai istri dan Ibu untuk buah hatinya tercinta. Perempuan lulusan Institut Pertanian Bogor ini adalah pemilik brand d’VA Accessories yang banyak menjual aksesoris bertema etnik, khususnya kalung dan gelang.

Oleh karena itu jugalah dalam lomba kali ini Voni memilih desain aksesoris berupa kalung dan gelang, yang menjadi keahliannya. Meskipun baru setahun menekuni bisnis ini secara serius, usaha Voni telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kalau awalnya hanya dipasarkan ke teman dan kenalan, kini aksesoris karyanya bisa didapatkan melalui akun instagram @D_vaaccesories

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu