Home PageBisnis AksesorisPackaging Tepat, Bisnis Melesat

Sep 11

Packaging Tepat, Bisnis Melesat

kemasan-bros

“Brosnya sama persis,
dikasih kemasan yang berbeda,
kok kesannya juga jadi ikut berbeda yaa?”

PACKAGING/KEMASAN
Ternyata disinilah fungsi kemasan menjadi sesuatu yang bernilai dan penting untuk diperhatikan prend. Kemasan yang tepat, akan memberi kesan yang diingat dan pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan.

Trus apa saja ya yang harus dipertimbangkan saat memilih kemasan?
Sebaiknya sebelum menentukan bentuknya, coba bayangkan apa yang sebenarnya kita butuhkan dari sebuah kemasan. Kalau di list di kertas ternyata jawabannya bisa banyak dan beragam banget lho, diantaranya kurang lebih sebagai berikut:
“Saya pengen kemasan yang kuat, jadi bros saya gak rusak kalau dipaketkan ke luar negeri”
“Saya pengen kemasan yang unik, jadi orang sayang buat ngebuang, sehingga kemasannya harus bisa dimanfaatkan u wadah lainnya, di depannya tinggal saya kaish logo dan alamat produk agar membuat orang mengingat saya”
“Saya mau efisiensi, kemasannya sederhana aja, agar produk saya bisa terlihat menonjol”
“Saya suka pameran ke berbagai kota, jadi saya perlu kemasan yang cukup pantas jadi display pajangan”
“Saya suka kemasan yang murah, percuma beli yang mahal nanti juga paling habis dipake bakalan dibuang”

Kalau kita sudah tau apa yang kita inginkan dari sebuah kemasan maka akan lebih mudah untuk kita menentukan bentuk dan jenis kemasan yang paling sesuai. Menurut Fahrur Ahmad, dalam tulisannya di situs bukalapak.com inilah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum mendesain sebuah kemasan produk, diantaranya adalah : fungsi, manfaat, serta strategi marketing yang dijalankan produk tersebut.

Fungsi
Tujuan atau fungsi utama packaging/kemasan adalah untuk melindungi produk dari goresan atau kerusakan yang bisa mengurangi nilai produk yang kita jual. Bagi yang ingin menjualnya secara langsung dengan cara menggantung brosnya, maka menambahkan label bisa membantu memudahkan tujuan tersebut. Atau bisa juga memilih kotak kayu yang lux dan mewah sehingga bisa langsung menjadi interior tambahan saat di display di pameran.

kemasan kayu

Daya Tarik
Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah kemasan produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi. Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packagingyang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah kemasan produk yang bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan. Misalnya kita bisa menggunakan kotak hard case dengan motif shabychic yang sedang in, sehingga setelah bros digunakan kotak bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan ataupun hiasan di meja.

kotak-hard-case

Promosi
Sebuah kemasan produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan. Semuanya bisa dicantumkan pada desain kemasan agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihanya. Atau cara yang lebih mudah kita bisa mencantumkan link toko online kita pada permukaan kemasan, sehingga memudahkan pembeli untuk melihat katalog produk kita secara online

plastik-kupu2

Mendukung keputusan Berbelanja
Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki. Untuk produk aksesoris, bisa juga ditambahkan dengan foto atau tips singkat bagaimana cara menggunakan aksesoris dengan kerudung yang cocok

Diferensiasi
Kemasan juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, rasa bisa dikatakan hampir sama, namun karena kemasannya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki kemasan yang menarik menurutnya. Kadang produk yang sama bisa dijual dengan harga yang jauh berbeda hanya dengan mengubah bentuk kemasannya. Coba perhatikan gambar berikut ini, semuanya menggunakan bros kupu-kupu yang sama

  • Kemasan Plastik
    kemasan-bros-plastik
  • Kemasan Kotak Mika
    kotak-mika-bros
  • Kemasan Kotak Beludru
    boks-beludru

Hanya dengan mengubah kemasannya, hasil tampilan brosnya memberikan kesan yang berbeda ya..

berbagai kemasan cantik ini bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, diantaranya :
1. Membuat Sendiri
Di awal koleksikikie berdiri saya melakukan cara ini pren, alasannya sederhana. Saya bisa bikin aneka kemasan sesuai kebutuhan tanpa harus menyimpan persediaan diluar kebutuhan saya. Tapi kemudian cara ini saya tinggalkan, karena ternyata saya kurang berbakat membuat kemasan heehehe.. untuk satu kotak ukuran 5 x 7 cm saya bisa menghabiskan waktu hampir satu jam pren hehehe… padahal kalau waktu yang sama dibuat bikin bros capung udah dapet 6 – 7 yah mending bikin bros kan hehehehe… (cara berfikir tukang bros pelit hihihihihi)

2. Memesan dari ahlinya
Lalu saya pun beralih pada cara kedua pren, memesan langsung pada ahlinya ^_^ teman-teman bisa coba hubungi para pembuat undangan/souvenir kawinan, biasanya mereka juga mau menerima pembuatan kemasan. Atau ke tempat yang menjual souvenir pernikahan, misalnya kalau di Surabaya bisa ke PGS atau JMP. Tapi sayangnya, pemesanan tidak bisa dilakukan dalam jumlah sedikit, seandainya bisa harganya bisa mencapai 2x lipat pren. Tentu saja hal ini harus dipertimbangkan dengan jumlah rata-rata pemesanan yang kita terima, karena risikonya kita terpaksa memiliki persediaan kemasan/box, yang artinya sebagian modal kita berhenti sementara.

3. Pesen di Koleksikikie aja…
Untuk kotak kemasan dari mika bening, yang akan dikirim dalam bentuk lembaran masih belum terlipat, harga kotak mika adalah sbb:
mika ukuran 8×8 eceran 1500, beli 100 buah Rp 125.000
mika ukuran 7×7 eceran 1250, beli 100 buah Rp 100.000
mika ukuran 6×6 eceran 1000, beli 100 buah Rp 85.000
mika ukuran 5×5 eceran 750. beli 100 buah Rp 65.000

untuk harga kotak beludrunya sbb :
kotak ukuran 5×5 @3000, beli selusin Rp 30.000
kotak ukuran 6×6 @4000, beli selusin Rp 40.000
kotak ukuran 7×7  @5000, beli selusin Rp 50.000
kotak ukuran 8×8 @6000, beli selusin Rp 60.000
Semua kotak kemasan memiliki ketinggian 3 cm

Bahannya terbuat dari beludru warna hitam dengan penutup dari bahan mika transparan.
Kalau ingin membeli kotak beludru, yang perlu dipertimbangkan adalah : jasa pengiriman umumnya tidak hanya menghitung berat namun juga volume paket pren, sehingga meskipun ini jenis benda ringan…tapi biaya kirimnya bisa jadi mahal karena ukurannya yang besar. Jadi kalau kita butuh dalam jumlah banyak coba deh mulai hunting tempat souvenir atau pembuatan kotak yang tersedia di kotamu, sehingga biaya pengirimannya juga tidak besar.

Okay sahabat, semoga sharingnya bisa bermanfaat yaa.. lup you pren (kie)

 

2 comments

  1. amalia.ch10 says: December 3, 2015
  2. Nurdina Sadik says: February 24, 2016

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu