Home Pagebahan manik-manikMengenal Aneka Jenis Sarangan Cincin

Dec 20

Mengenal Aneka Jenis Sarangan Cincin

Cincin, merupakan aksesoris yang selalu digunakan dari waktu ke waktu. Beberapa jenis dibuat pabrikan tapi ada juga yang bisa kita kreasikan sendiri di rumah, dan dikenal dengan istilah cincin handmade.
Secara garis besar cincin yang dikreasikan sendiri terbagi menjadi dua jenis.
1. Cincin yang menggunakan rangka/penampang cincin yang sudah jadi
2. Cincin yang menggunakan rangka dari kawat yang harus kita kreasikan sendiri menggunakan mandrel (tongkat kayu, yang digunakan untuk mencetak pola lingkar jari)cincin-mutiara-wire

Pada artikel ini, saya akan lebih banyak membahas aneka jenis rangka cincin yang bisa kita gunakan untuk membuat aneka cincin handmade.

1. Rangka Cincin Tempel
saya sebut demikian, karena satu-satunya cara u mengaplikasikan manik-manik pada rangkaian jenis ini adalah dengan menggunakan lem, yakni menempelkan manik pada bagian plat datar yang terdapat di cincin.
Warna rangkanya cukup beragam… ada yang silver dan ada yang emas bakar seperti tampak pada gambar berikut ini.
rangka-cincin-emas-bakarrangka-cincin-silver
Harga satu bungkus isi 6 buah Rp 10.000 dapat dilihat di toko.koleksikikie.com klik pada setiap gambar untuk menemukan keterangan jenis barang. Cara mengaplikasikan manik pada rangka ini juga cukup mudah sahabat. Cukup gunakan lem tembak, pilih manik-manik dengan permukaan belakang datar, misalnya jenis bunga clay ataupun charm. Lalu bubuhkan lem pada permukaan rangka cincin.
langkah-1
Lalu rekatkan manik yang akan di tempel pada rangka, tahan hingga lem mengering, nantinya bagian belakangnya akan tampak sebagaimana berikut ini.
tampak-belakang-cincintampak depannya kurang lebih akan seperti ini, sangat mudah dan cepat. Bisa diaplikasikan sendiri di rumah ^_^ yang perlu diperhatikan adalah saat pengeleman… jangan terlalu banyak lem, juga jangan terlalu sedikit. Terlalu banyak hanya akan menghasilkan aksesoris yang hasil akhirnya kurang rapi, sementara terlalu sedikit menyebabkan manik mudah terlepas dari rangka.
rangka-cincin2. Rangka Cincin Bros
Rangka cincin bros memiliki penampang dengan klep pada 4 sisi yang berbeda, penampang berklep ini nantinya akan berguna untuk mengikat piring/sarangan bros yang sudah diaplikasi dengan manik-manik. Tampilan bahannya speerti berikut ini sahabat.
Sarang-Cincin-BrosHarga perbungkus Rp 10.000/3 pasang. Gunakan kawat ukuran 0.4 untuk merangkai manik diatas sarangan. Secara sederhana langkah pembuatannya tampak sebagaimana berikut ini sahabat.
membuat-cincin-mutiara-air-tawar
3. Rangka Cincin dengan Ring berlubang
Pada rangka jenis ini, lingkar cincin dilengkapi dengan lubang pada bagian permukaan rangkanya. Jumlah lubangnyapun beragam,
– rangka cincin lubang 1
rangka-cincin-lubang-1– rangka cincin lubang 6
rangka-cincin-lubang-6– rangka cincin lubang 9
rangka-cincin-lubang-9– rangka cincin lubang 12
rangka-cincin-lubang-12semakin banyak jumlah lubang ring pada rangka, maka akan semakin besar/tebal hasil akhir cincinnya. Sebab untuk membuat satu buah cincin, lubang yang semakin banyak akan membutuhkan manik-manik yang semakin banyak jumlahnya. Catatan, untuk hasil yang lebih rapi, gunakan paku pentul saat mengaplikasikan manik-manik pada rangka ini. Caranya kurang lebih tampak sebagaimana berikut :

membuat-cincin-manik-manikGak sulit kan sahabat ^_^
selamat berkreasi membuat cincin-cincin unik dari rumah. Kalau mislanya kesulitan menemukan bahan untuk membuatnya, bisa juga order via Facebook Koleksi Kikie atau Facebook Koleksikikie Koleksikikie. atau bisa juga melalui web toko online kami di http://koleksikikie.com (kikie)

Tags: ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu