Home PageUncategorizedMengelompokkan Produk, Meningkatkan Penjualan

Jan 12

Mengelompokkan Produk, Meningkatkan Penjualan

Bayangkan ketika kita pergi ke Supermaket, dan menemukan barang yang dijual, tidak diletakkan tanpa sistem pengelompokan yang tepat. Sabun dijadikan satu dengan minyak goreng dan mie instant karena namanya dimulai sama-sama dengan alfabeth A … duh kebayang yaa gimana mumetnya. Mungkin malah keluar dari sana ga jadi beli apa-apa.

Demikian juga saat toko online kita, memajang barang tidak dengan sebuat sistem pengelompokkan yang tepat, bisa dipastikan angka penjualan akan berjalan lebih lambat. Karena tak jarang orang membatalkan pesanannya ketika dia merasa :
– ongkir terlalu mahal untuk membeli 1 barang yang diinginkan
seandainya ada barang yang sejenis, dalam warna atau ukuran beda, bisa dibeli sekalian
mungkin calon pembeli ini justru akan langsung melakukan pembayaran. Karena mereka merasa, ongkirnya dibebankan untuk banyak produk sekaligus.
– barangnya lucu, namun pembeli menginginkan produk dengan harga lebih murah
kita bisa langsung saja marah, katrena menganggap calon pembeli ini tidak serius, atau langkah lainnya adalah menawarkan produk sejenis namun dari bahan baku berbeda yang lebih terjangkau harganya. Ketika kita tidak pernah membuat sistem pengelompokkan barang, dan mengenali inventaris kita, sangat susah untuk melakukan cross selling, atau menawarkan barang lain.
– ketika sudah suka satu jenis barang, orang cenderung mengoleksi yang serupa
maka ketika kita sudha bisa mengenali kesukaan dari pelanggan kita, akan mudah sekali mengajak mereka membeli produk serupa/mirip-mirip dengan yang biasa dibeli.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu