Home PageKBO7HariMenentukan Kemasan Yang Tepat untuk Menjual Aksesoris

Jul 06

Menentukan Kemasan Yang Tepat untuk Menjual Aksesoris

Pentingnya Kemasan dalam Bisnis Aksesoris
Tidak bisa dipungkiri, kemasan atau packaging memegang peranan yang penting dalam berbisnis aksesoris. Barang yang sama, bisa memberi kesan yang lain ketika dikemas dengan cara yang berbeda.
Selain itu, kemasan yang menarik juga memberi pengalaman tersendiri bagi konsumen, untuk membantu mereka mengingat produk dengan baik.

“Namun Tidak Semua Kemasan Bagus, akan Bagus Juga untuk Pelanggan Kita”

Dulu kemasan yang saya gunakan di koleksikikie hampir semuanya terbuat dari bahan beludru dengan tutup mika bening. Waktu itu bros yang saya jual harganya 35rb sd 40ribu perbuah.

Suatu hari saat datang ke Pameran, saya lihat teman yang jualan bros mengemas brosnya pake kotak dari bahan Kotak Keras dengan Busa berlapis kain saten dibagian dalamnya, kotaknya bagus banget kaya beli jam tangan mewah. Dan tentu saja bros yang ada di dalam kotaknya jadi keliatan tambah keren.

Trus saya tanya-tanya info tentang kotak seperti itu karena pengen pesen juga yang mirip. Waktu itu harga kotaknya beda 15rb dibanding dengan kotak beludru yang biasa saya pake, saya pikir “Ah gapapa lah pasti pelanggan saya seneng kalo kotaknya bagus”.

Dan ternyata zonk , pelanggan yang dikirimi kotak bagus tapi dengan harga baru “yang lebih mahal 15ribu” request minta balik ke kotak yang lama aja 😅😆 kata mereka “Gapapa mbak pake kotak lama aja yang lebih murah, orang yang dipake kan brosnya bukan kotaknya”

Dari Pengalaman ini akhirnya saya lebih memahami, bahwa yang terpenting dalam memilih kemasan adalah pelanggan saya, maka kunci utama dalam memilih kemasan adalah kenali dulu pelanggan kita, cari tau apa yang dibutuhkan dan diinginkannya.

Manfaat Kemasan Bagi Produk yang Kita Jual

  1. Identitas Produk
    kemasan sebaiknya mampu memberikan identitas pada produk yang dijual. Idealnya, hanya dari melihat kemasannya saya orang langsung tau apa yang dijual.
    Menjadi kreatif dalam membuat desain kemasan itu penting, namun jangan juga kita jadi membingungkan pelanggan karena pemilihan kemasan yang tidak umum digunakan, misalnya menjual bros di dalam kaleng memang unik, namun orang yang tidak terbiasa dengan hal itu mungkin saja akan mengira produk di dalam kaleng sebagai makanan.
  2. Meningkatkan Harga Jual
    Produk yang sama bisa memberikan kesan yang berbeda saat dikemas dengan cara yang berbeda. Kesan ini yang akan membuat pelanggan rela membayar mahal.
    Saat membeli peniti di pedagang kaki lima yang ada di pasar, produk hanya dibungkus dengan plastik tipis yang mudah robek, orang rela membayar seharga Rp 2000
    Ketika peniti yang sama masuk ke toko baju, produk diberi alas kertas dengan logo tertentu, produk dibeli dengan harga Rp 10.000
    Ketika peniti dijual di butik ternama, dikemas dengan kotak eksklusif dengan brand butik tersebut, pelanggan rela membayar seharga Rp 100.000
    Padahal ketiga peniti tadi memiliki fungsi yang sama dan bentuk yang nyaris mirip, namun kemasan bisa membuat orang rela membeli lebih mahal.
  3. Menjaga Barang Aman Sampai ke Tangan Pelanggan.


    Fungsi nomer tiga ini sangat penting bagi barang yang dijual secara online dan membutuhkan jasa pihak ketiga untuk sampai di tangan pelanggan.
    Pastikan kemasan yang kita pilih, mampu menjaga produk yang kita jual aman diterima oleh pelanggan, jangan memilih kemasan yang terlalu besar (karena akan berpengaruh pada delivery cost) namun juga jangan terlalu kecil (karena bisa menyebabkan barang berubah bentuk/rusak akibat kemasan.
  4. Kemasan sebagai Media Display Produk agar tampak Menarik bagi Calon Pelanggan
    Ketika proses penjualan dilakukan secara langsung, maka kemasan yang juga berfungsi sebagai media display akan sangat membantu kita lebih mudah dan ringkas dalam melakukan penjualan.
    Sebaiknya pilih warna alas kemasan yang kontras dengan produk yang kita jual, agar produk terlihat mencolok dan lebih menarik di mata calon pelanggan.
  5. Memudahkan Customer saat ingin Menghadiahkan Kepada Orang Lain


    Kemasan yang mampu memenuhi manfaat nomer 5 akan membuat produk mengalami angka repeat order lebih tinggi. Karena pelanggan tidak hanya membeli untuk digunakan sendiri, namun juga untuk dihadiahkan kepada orang lain.
  6. Memberi Kenyamanan Kepada Pengguna
    Kemasan yang memiliki fungsi penyimpanan akan otomatis digunakan oleh pelanggan berulang-ulang, dibawa kemana mereka pergi.
    Selain memudahkan bagi mereka, hal ini tentu saja
    membantu produk kita terbranding kemanapun dia pergi.
  7. Media Iklan dan Marketing
    Sesekali pada event tertentu koleksikikie sengaja melakukan pemesanan kemasan dengan logo besar, yang hanya akan kita berikan pada event tertentu saja. Langkah ini membuat pelanggan setia koleksikikie tergerak datang ke event pameran untuk dapat mengkoleksi kemasan edisi khusus tadi.

Bagaiman Menentukan Kemasan Yang Tepat Untuk Produk Aksesoris Kita?

– Kenali Pelanggan Kita, Ketahui apa kebutuhannya.
Pelanggan yang lokasinya jauh, membutuhkan keamanan agar produknya diterima dalam kondisi baik.
Pelanggan yang ingin menjual kembali, lebih menyukai kemasan dengan harga terjangkau agar harga jual dapat ditekan lebih murah.
Ketika anggaran kita terbatas cari tau, mana profil pelanggan terbanyak kita dan fokuslah pada mereka.
Ketika usaha kita lebih maju, kita bisa mulai memikirkan untuk menciptakan ragam varian kemasan yang kita sesuaikan dengan event, permintaan khusus ataupun profil pelanggan yang membeli.

Hitung Anggaran Yang Kita Punya
idealnya harga kemasan tidak lebih dari 10% sd 15% dari harga jual barang artinya untuk bros yang dijual seharga Rp 50.000. sebaiknya biaya untuk membeli kemasannya tidak lebih dari Rp 5000
Semakin mahal produk yang dijual, semakin banyak pilihan yang kita punya untuk menentukan desain dan model kemasan.

– Sesuaikan dengan Fungsi Utama
Pastikan kita tau fungsi utama dari kemasan yang kita pilih untuk produk yang dijual.
Memilih besek untuk kemasan bros tentu tidak salah, namun pastikan kawat-kawat yang digunakan di bros tidak tersangkut pada pinggiran kemasan. Jauh lebih baik memilih kemasan yang bisa menjaga bentuk bros sampai di pelanggan dalam kondisi baik.



– Pilih Ukuran Yang Tepat
Kemasan yang kekecilan akan membuat produk rusak/berubah bentuk. Namun bila kemasan terlalu besar, pelanggan akan menerima produk dan melihat banyak area kosong di kemasan. Secara psikologis hal ini akan membuat mereka merasa ada yang kurang dan menurunkan tingkat kepuasannya.

TIPS : Bila produk kita beragam ukurannya, pilih beberapa kotak polos dengan ukuran mendekati, lalu tambahkan stiker/label merk agar kotak terlihat lebih eksklusif. Kotak polos biasanya relatif lebih mudah ditemukan dan akan lebih murah dibandingkan kotak yang sudah di sablon/cetak label khusus.

Beberapa Ragam Kemasan yang Bisa Digunakan Untuk Mengemas Aksesoris

1. Alas Kertas

2. Boks/Kotak Kemasan

3. Kantong Serut

Semoga sharingnya bermanfaat yaa
dan bisa membantu usaha aksesoris kita bergerak jadi lebih maju (kie)

 

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu