Home Pageceloteh kikieMembuat Katalog Produk Online untuk Bisnis Aksesoris Handmade

Apr 19

Membuat Katalog Produk Online untuk Bisnis Aksesoris Handmade

“aku pengen beli pin hijab di toko itu, tapi bingung gmana cara milihnya.. kalo cuma beli satu kok sayang ongkirnya ya”

Sebagai pedagang aksesoris kecil-kecil, kadang kita terjebak dengan pemikiran untuk jual di harga termurah, agar barang kita gak kalah saingan sama toko sebelah. Yang kita gak tau nih, ternyata harga murah bukanlah satu-satunya hal yang jadi pertimbangan pelanggan memutuskan untuk membeli, beberapa malah gak jadi beli karena “kok mahal ongkirnya yah”

Membuat Sistem Yang Memudahkan Pelanggan Belanja
Agar pelanggan lebih mudah berbelanja di toko online kita, sangat penting untuk menghadirkan tampilan toko yang mudah dipahami.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tampilan toko yang ramah pembeli :

1. Pastikan pembeli tau apa yang kita jual.
Kalau pelanggan harus menscroll up hingga 3 kali untuk tau apa yang kita jual di instagram, berarti toko kita masih belum ramah pelanggan. Itulah kenapa beberapa orang memutuskan untuk membedakan akun bisnis dan pribadinya, agar saat calon pelanggan yang bukan kenalan melihat-lihat foto di halaman IG  Lebih baik pilih satu produk unggulan dan fokus dengan itu, dibanding menjual banyak barang dan justru membingungkan pelanggan.

Dari gambar yang terpajang di Sosial Media ini calon pembeli langsung bisa mengenali toko Koleksikikie menyediakan berbagai aksesoris handmade untuk wanita

2. Cantumkan Informasi Detail Mengenai Produk yang Kita Jual
Karena gambar saja terkadang gak cukup yaa untuk membuat orang tau kita sedang jualan.  Pastikan produk kita memuat informasi tentang :
– jenis barang (karena gak smeua tau bedanya bros, jepit rambut, tuspin sama anting-anting loo ternyata)
– ukuran produk (bisa juga diwakilkan dengan foto memakai produk tersebut)
– material yang digunakan (sebagai proses edukasi juga bisa dicantumkan cara perawatannya)
– dan petunjuk cara pemesanan (bisa berupa ajakan bila berminat memiliki atau memesan bisa menghubungi kami melalui nomer telpon bla-bla-bla)
TIPS : agar mudah, buat format informasi barang, lalu saat memposting sesuaikan isinya dengan produk yanga kan kita tampilkan. Cara ini cukup menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan memberi keterangan pada produk.

Informasi pada gambar yang kita posting, akan memudahkan calon pembeli baru mengenali produk yang kita tawarkan.

3.  Pilih Produk Unggulan dan Fokuslah pada produk itu agar mudah diingat pelanggan
Ketika cara penjualan online semakin mudah, PR terbesar yang harus kita taklukkan terlebih dulu adalah membuat produk yang mudah diingat oleh pelanggan. Untuk itu akan lebih baik apabila kita memilih satu produk unggulan dari beragam jenis barang yang kita jual dan fokus mengkampanyekan/memasarkan produk itu lebih sering dibandingkan produk lainnya.

4. Produk Tambahan Lain, Harusnya adalah Produk yang Mampu Melengkapi Produk Unggulan.
Setelah kita menentukan produk unggulan sebaiknya produk pelengkap adalah produk yang memiliki kemampuan melengkapi produk utama.
Misalnya :
Produk Unggulan kita Bros Wire Druzy kawat Tembaga Harga 500.000 – 750.000
Produk Pelengkap : Tuspin mutiara dengan charm nama yang lucu-lucu harga 10.000.
walaupun maksud kita sengaja memberikan pilihan ragam produk aksesoris dari yang mahal sd murah, namun bila ditelusuri mereka yang memakai bros tembaga harga 500.000 bukanlah orang yang sama dengan yang memakai tuspin nama harga 10.000. Sehingga sangat penting bagi kita untuk bisa jeli memilih produk untuk ditampilkan di etalase online kita.

5. Buat Paket Penawaran Yang Membantu Menyelesaikan Masalah Customer kita.
Meskipun toko kita dan toko sebelah sama-sama berjualan aksesoris. Namun pelanggan kita belum tentu orang yang sama dengan pembeli di toko mereka. Semakin kita jeli mengenali pelanggan kita, semakin terampil kita membuat program promo yang menarik :
Misal :
– untuk tipe pelanggan karyawati kantoran
promo beli 5 bonus 1 lebih terdengar menarik dibandingkan promo diskon 20 persen untuk pembelian satu lusin. Meski nilai diskonnya sama, namun karyawati akan tergerak mengajak teman satu bagian membeli juga ketika mendengar promo dapet GRATIS, sementara untuk pedagang mereka lebih tergiur pada persentase diskon karena terbiasa menghitung harga jual dan potongan pembelian.
– tipe pelanggan yang membeli kado sebagai hadiah
akan lebih suka bila kita beri komplimen kemasan eksklusif disertai kartu ucapan, dibandingkan misal bonus produk aksesoris untuk anak-anak.

kemasan yang ekslusif sering kali lebih menarik dibandingkan tambahan bonus produk.


Langkah Membuat Katalog Online
Setelah kita mampu mengenali jenis produk yang dijual selanjutnya adalah membuat katalog online yang memudahkan mereka melakukan pembelian. Berikut langkah-langkah yang harus disiapkan

  • Kumpulkan Bahan
    Buat rencana produk yang akan ditampilan. Siapkan produk tersebut, pilihan warna, beserta kemasan juga model untuk mendemokan cara pakainya.
  • Lakukan Pemotretan
    Setelah bahan terkumpul, buat jadwal pemotretan produk yang meliputi foto produk tampak depan, tampak belakang, produk dalam kemasan, produk saat dipakai.
  • Selanjutnya Siapkan Informasi Produk
    Yang akan kita gunakan saat memposting produk di toko online kita. Info ini sebaiknya meliputi nama/kode barang, ukuran, material/bahan yang digunakan, harga satuan dan pembelian banyak, serta informasi stok barang (bila produk tidak ready informasikan lama produksi yang dibutuhkan).
  • Buat Katalog Online Menggunakan Aplikasi
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat katalog online, namun yang paling mudah dan sederhana kita bisa menampilkan foto produk tadi pada satu halaman menggunakan aplikasi Words, atau CANVA.Saya sendiri menyukai aplikasi quick sell, yang memudahkan kita membuat katalog untuk dibagikan melalui whatsapp chat. Berikut tampilan katalog online via aplikasi Quick Sell

    melalui aplikasi ini, calon pelanggan bis amelihat pilihan produk dalam format yang rapi, lengkap dengan gambar, harga serta informasi lain mengenai produk. sehingga memudahkan mereka untuk membuat keputusan sebelum melakukan pembelian.

Tags: , ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by