Home PageReview BahanManik-Manik, Mengenal Ragam dan Jenisnya

Dec 21

Manik-Manik, Mengenal Ragam dan Jenisnya

Manik-Keramik-Lonjong

Apa itu manik-manik?

Setelah sekian lama menekuni dunia permanikan, akhirnya saya mencapai sebuah kesimpulan bahwa: manik-manik adalah semua jenis benda yang memiliki lubang untuk tempat masuknya benang/kawat, untuk kemudian dapat dirangkai menjadi aksesoris/hal lain yang sifatnya dekoratif.
Yang dimaksud benda disini pun cukup beragam, yakni yang alami misalnya : kayu, kerang, batu, tanah liat/lempung, gading, tulang hewan. Dan yang sintetis umumnya terbuat dari : logam, plastik, resin, kain, kertas dan yang paling populer adalah kaca.

Untuk manik-manik yang menggunakan bahan baku dari alam, biasanya pada proses pembuatannya lebih banyak melibatkan unsur manusia. Mulai dari proses mengolah bahan mentah, membentuk desain hingga akhirnya memperindah tampilan manik-manik ( menambahkan ukiran atau menghaluskan permukaan manik-manik tsb)
Sementara manik-manik sintetis umumnya dikerjakan oleh pabrik, yang hanya melibatkan manusia pada proses desain, namun pengerjaannya banyak dilakukan oleh mesin. Salah satu pabrik/perusahaan manik-manik terbesar di dunia dapat ditemukan di Austria (swarovski) Ceko (preciosa) dan yang menguasai nyaris selurus pasar permanikan di dunia adalah manik-manik buatan dari China.

mutiara sintetis

Secara garis besar pengguna manik-manik terbagi menjadi dua kelompok

1. Desain dulu, baru Manik-Maniknya

Beberapa orang mendesain aksesoris/karyanya terlebih dahulu, untuk kemudian berburu manik yang sesuai dengan desain yang telah dibuat tersebut. Cara ini tidak salah, namun kondisi ini membuat pilihan jenis manik yang bisa digunakan menjadi terbatas. Yang lebih parah kadang proses pengerjaan karya menjadi lambat, karena manik-manik yang diidamkan tidak juga berhasil ditemukan =D Orang-orang pada kelompok pertama biasanya memiliki konsep desain yang luar biasa.

2. Cari manik yang unik, baru kemudian menentukan desain.

Kelompok yang kedua justru sebaliknya, mereka biasanya justru mendahulukan proses berburu manik-maniknya. Kemudian dengan bahan yang ada, barulah menentukan desain yang cocok u manik-manik tersebut. Kelompok kedua biasanya mendesain aksesorisnya lebih sederhana, agar keunikan dari manik-manik yang dipakai tidak tertutupi oleh desain.
Sehingga saya membuat sebuah rumus sederhana, kalau kita memiliki manik yang biasa atau masuk dalam kategori jenis yang mudah ditemukan… tonjolkan lah desain aksesoris tersebut. Namun sebaliknya, jangan pilih desain yang terlalu ruwet/rumit pada manik-manik yang sudah cantik dan unik, jadikan desain hanya sebagai penunjang keindahan manik-manik tersebut.

Bagaimana Membuat Manik-Manik

Dengan definisi sederhana bahwa manik-manik adalah semua benda yang memiliki lubang dan bisa dibuat menjadi aksesoris atau sesuatu yang berbentuk dekoratif, sebenarnya cara sederhana membuat manik-manik adalah dengan membuat lubang pada benda yang kita inginkan. Misalnya pada batu, kerang/mutiara, kayu atau biji-bijian. Yang perlu diperhatikan adalah, benda-benda ini memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan alat khusus untuk melakukannya. Mata Jarum/Bor yang digunakan untuk melubangi batu tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk melubangi mutiara yang sifatnya lebih lunak.

Namun demikian ada beberapa jenis manik-manik yang dapat kita buat sendiri di rumah secara mandiri, Misalnya :

1. Manik berbahan dasar Polymer Clay 

cara membuat manik jenis ini membutuhkan ketelitian dan ketelatenan luar biasa. Secara sederhana langkahnya seperti membuat kreasi dari playdough atau malam, kemudian di beri lubang pada bagian tengahnya agar bisa dilewati manik-manik dengan mudah =D Langkah-langkah pembuatannya dapat dilihat pada link berikut ini http://www.instructables.com/id/How-to-Make-Polymer-Clay-Beads/

2. Manik dengan bahan baku kertas daur ulang

Kertas juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat manik-manik. Saya ingat ketika kecil pernah mempraktekkannya bersama guru seni budaya/PKK di sekolah saya. Caranya sederhana, buat bubuyr kertas dari bahan kertas koran, remas-remas/bentuks esuai pola yang kita inginkan, beri lubang di tengahnya, lalu kemudian kita warnai sesuai selera. Pada saat dewasa saya menemukan bahwa penggunaan kertas daur ulang sebagai bahan baku akan menghasilkan manik yang lebih unik. Langkah-langkah pembuatannya dapat dipelajari juga melalui link berikut ini  http://www.wikihow.com/Make-Paper-Beads

3. Manik dari perca kain

Kain juga bisa lho dijadikan manik-manik, yang plaing trend belakangan ini adalah manik-manik yang menggunakan kain batik/tenun sebagai bahan baku utamanya. Hasil akhirnya akan snagat etnik dan terlihat unik. Cara membuatnya bisa dipelajari dari buku Tiara Aksa yang ditulis oleh Esther dan Lydia berikut ini
buku-manik-manik

4. Manik Kaca/Glassbead

Dbandingkan jenis manik yang lainnya, proses pembuatan manik kaca membutuhkan keahlian yang khusus dan biaya yang tidak murah. Di Indonesia, Desa Gudo di Jombang terkenal sebagai sentra pembuatan manik kaca, yang hasil produksinya telah di ekspor ke manca negara. Secara sederhana, proses pembuatan manik kaca ini melalui proses pemanasan, hingga kaca meleleh di suhu tertentu, untuk kemudian di warnai dan di panaskan. Lalu kemudian didinginkan hingga membeku. Langkah pembuatan manik-manik kaca dapat dilihat pada link berikut ini http://www.crazywomanglass.com/HowTo.html

Tags: , , ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu