Home PageMeronce ManikMengenal Manik Kaca dan Proses Pembuatannya

Feb 16

Mengenal Manik Kaca dan Proses Pembuatannya

MENGENAL MANIK KACA
Manik Kaca, adalah manik-manik yang terbuat dari bahan baku berupa kaca, tersedia dalam berbagai warna dan bentuk yang bermacam-macam.

Proses pembuatannya : pertama kaca/pasir kuarsa bening dipanaskan hingga mencair, diberi pewarna, lalu cairan kaca ini diletakkan pada cetakan sesuai bentuk yang diinginkan. Proses pembuatannya bisa dilakukan secara pabrikan, maupun handmade denngan alat-alat tradisional menggunakan bahan baku limb
pembuatan-manik-kaca

Peralatan Dasar yang digunakan dalam proses pembuatan manik kaca
Industri rumahan  yang mengolah kaca menjadi manik-manik biasanya membutuhkan peralatan dasar meliputi :
1. Torch/Alat Pemanas – semakin kecil ujung keluarnya api, maka akan semakin rapi dan menghemat gas namun juga relatif lebih sulit.
2. Mandrels – atau batangan berbahan stainless steel yang menyerupai tusuk sate. Batangan ini digunakan sebagai dasar di mana kaca yang menetes akibat pembakaran akan jatuh ke permukaannya dan nantinya membentuk manik. Diameter mandrel ini yang nantinya akan menentukan ukuran lubang manik. Semakin kecil akan semakin sulit penggunaannya, namun terlalu besar juga akan berat dipegang. Untuk pemula sebaiknya gunakan uk 2.4mm.
3. Bead Release – Bahan serupa tanah liat yang digunakan untuk melapisi permukaan mandrel sebelum digunakan, agar manik-manik yang dihasilkan mudah dilepas dari mandrel saat sudah dalam kondisi dingin. Biasanya dibuat dengan campuran kaolin dan alumina.
4. Marver/Alat Cetak – Untuk manik-manik dengan bentuk khusus, dibutuhkan alat yang digunakan untuk membentuk manik-manik kaca panas. Ada yang memiliki permukaan rata, namun ada juga yang bermotif untuk memberikan aksen bertesktur pada manik kaca yang dihasilkan.

alat-cetak-glassbead

Desainer Glassbead Murinni from the glasszone

5. 5. Piring Abu, piring berisi abu gosok ini ditujukan sebagai wadah untuk membantu proses pendinginan manik kaca yang telah jadi, untuk mengurangi risiko pecahnya manik-manik akibat perubahan panas yang drastis.

making-glassbead

6. Kacamata Pengaman
, kacamata ini berfungsi untuk menjaga mata kita terhindar dari risiko terciprat tetesan kaca, ataupun menjadi cepat lelah karena terlalu lama melihat kearah cahaya yang terang.

Bahan Baku Industri Manik Kaca Rumahan 
Untuk memudahkan proses pembuatan, terlebih dahulu limbah kaca/pasir kuarsa dibuat menjadi dodol kaca atau batangan-batangan kaca aneka warna.
Kini di pasaran sudah tersedia beragam batang kaca/glass rods yang memiliki kepadatan kaca yang beragam setelah dicampur dengan cairan kimia tertentu. Hal ini menjadikan proses pembuatan manik kaca handmade berlangsung lebih mudah, sebab tidak harus dibakar dengan panas yang terlampau tinggi, batang kaca sudah bisa meleleh dan dibentuk sesuai pola yang diinginkan.

dodol-kaca

dodol kaca buatan industri rumahan di Desa Gudo Jombang

Manik kaca Rumahan vs Manik Kaca buatan Pabrik
Manik kaca rumahan relatih membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya. Disamping itu, proses pembuatannya yang dilakukan secara handmade membuat manik kaca rumahan biasanya tidak memiliki standarisasi yang seragam baik dari segi ukuran maupun warna yang dihasilkan.
Manik kaca yang dihasilkan pabrik sifatnya lebih mass product, hadir dalam jumlah relatif banyak dengan standarisasi tertentu menghasilkan warna dan bentuk manik-manik yang nyaris seragam.
Namun karena relatif mudah ditemukan dan tersedia dengan harga yang terjangkau, bagi pengrajin aksesoris dirasa kurang eksklusif dan cenderung masuk ke dalam kategori manik-manik yang biasa saja.

Dimana Membeli Manik Kaca secara online?
Koleksikikie.com sebagai salah satu wesite yang menyediakan berbagai bahan craft secara online menjual manik kaca yang cukup beragam di link berikut ini
 http://koleksikikie.com/product-category/bahan-baku/bahan-baku-manik/bahan-baku-manik-kaca-glass-beads/

Saya sendiri paling sering menggunakan manik kaca berbentuk daun

bros-10

di koleksikikie.com tersedia dalam beragam pilihan warna HANYA Rp 5000/bungkusnya

daun-kaca

Varian manik daun kaca lain diantaranya :
– manik daun kaca panjang

daun-kaca-panjang-biru-muda-bening
daun-kaca-panjang-biru-susu
daun-kaca-panjang-biru-tua-susu
daun-kaca-panjang-hijau
daun-kaca-panjang-hitam-bening
daun-kaca-panjang-ungu

– manik daun kaca anggur

daun-anggur-kaca-biru
daun-anggur-kaca-hitam
daun-anggur-kaca-ungu

selain itu juga terdapat aneka manik kaca berbahan keramik dan manik kaca handmade (kie)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu