Home Pagebahan manik-manikKristal-Kristal Cantik

Sep 05

Kristal-Kristal Cantik

Bahan

Kristal adalah jenis manik-manik engan tekstur yang umumnya bening seperti kaca dan berkilau. Pada jenis kristal sintetis, biasanya dibuat dari kualitas lelehan kaca yang mengandung timah. Timah inilah yang akan menjadikan manik-manik tersebut terlihat jernih dan indah, ditambah lagi kristal umumnya memiliki cutting/pola potongan tertentu, yang dapat memantulkan cahaya sehingga menjadikannya berkilau.

Jenis manik kristal yang paling terkenal memiliki kualitas bagus adalah kristal Swarovski yang dibuat di Austria. Bisa dibilang, dunia perkristalan mengalami perkembangan pesat sejak Daniel Swarovski menemukan mesin pengasah kristal sekitar akhir abad 19.  Swarovski dikenal dengan logo angsanya, yang mewakili huruf  S, sebagai lambang terkenal dari merk ini. Sebelumnya, swarovski memilih bunga edelweiss sebagai logo brand-nya. Pabrik pertama Swarovski dibangun pada tahun 1895. Di tahun inilah Daniel Swarovski mendirikan Imperium Swarovski, di Wattens, Tyrol (Austria),  tempat dimana kristal diolah dan di potong dengan tekstur yang beragam.

Bersama Christian Dior, Swarovski mengembangkan efek Aurora Borealis (AB), yaitu efek yang menjadikan Kristal semakin berkilau akibat pantulan cahaya.  Teknik pelapisan ini adalah salah satu jenis yang paling populer,  memberikan permukaan penampilan pelangi minyak licin pada kristal. Di tahun 2004, Swarovski meluncurkan Xilion, metode pemotongan baru yang dirancang untuk membuat cahaya Roses (jenis komponen kristal dengan bagian belakang yang datar) dan Chaton (jenis pemotongan berlian) makin berkilau.

Selain itu di pasaran sering juga ditemukan jenis kristal lain, seperti :  Preciosa yang terkenal dari Negara ceko. Memiliki kualitas kilau yang sepintas tampak sama, namun dari sisi harga berada di bawah swarovski. Kilau kristal swarovski juga saya anggap paling mampu bertahan lama di bandingkankristal-kristal lain sejenisnya.

Jenis kristal lain yang dijual dengan harga relatif lebih murah dibandingkan Swarovski dan Preciosa,  adalah kristal china dan kristal hongkong. Beberap jenis diantaranya bisa sahabat dapatkan di koleksikikie lho ^_^ diantaranya :

1. Kristal bentuk donat /bakpao ukuran 8mm, merupakan model yang paling sering saya gunakan, harga berkisar Rp 10.000/renteng isi 72 piece. Bahan ini biasanya saya gunakan untuk bahan peniti, campuran membuat bros manik-manik, bahan merangkai kalung dan gelang. Ukuran kritsal bentuk donat ini pun sebenernya sangat beragam prend, dari 4mm, 6mm, 8mm sampai yang paling besar yang pernah saya temukan adalah ukuran 14mm.

2. Kristal bentuk tetes, biasanya saya pakai pada juntai bagian bawah peniti bros, hiasan anting, liontin kalung serta pada peniti jilbab. Untuk manik jenis ini saya jual perbungkus isi 10 piece dengan harga Rp 5000, ukuran 8mm. Untuk harga satu renteng isi 60 piece Rp 25.000 (warna dalam satu renteng tidak bisa campur)

3. Bentuk lain yang juga saya gemari adalah kristal bentuk koin, dengan ukuran diameter 1.5 cm. Kristal jenis ini terdiri dari banyak ragam pilihan warna. Sangat cantik untuk digunakan pada bros-bros etnik.  Harga jual dari kami adalah Rp 10.000 untuk satu bungkus isi 4 piece

4. Kristal bentuk helix, memiliki bentuk unik yang sangat cantik untuk dijadikan bahan kalung, gelang, anting juga bros. Harga kristal helix 8mm Rp 5.000/lusin.

5. Kristal bentuk kotak, adalah jenis baru yang dijual di koleksikikie.ukuran kristal 1 cm, dengan harga Rp 7500 isi 4 buah kristal. Pilihan warnanya bisa dilihat sbb prend

kristal-donat-8mm
aneka-warna-kristal-tetes
kristal-koin-hijau-1.5cm
helix-merah-8mm
kristal-kotak-hijau
kristal-kotak-hitam
kristal-kotak-krem
kristal-kotak-merah
kristal-kotak-tosca
kristal-kotak-ungu

Pengen order? add aja facebook kita di koleksikikie@yahoo.co.id atau temen-temen bisa kirim email ke koleksikikie@gmail.com

Tags: , ,

4 comments

  1. Ritha says: March 9, 2015
  2. anafaliana says: September 17, 2016
  3. Shanti says: October 3, 2017

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu