Home PageUncategorizedKapan Perlu Mencari Karyawan Untuk UKM?

Jul 25

Kapan Perlu Mencari Karyawan Untuk UKM?

BEBERAPA ORANG TIDAK MAU MEMILIKI KARYAWAN

Karena memulai usaha sendirian, dan terbiasa mengerjakan semua-semua sendiri terkadang kita ngerasa bimbang untuk mencari karyawan. Gak heran kalo banyak juga lo pengusaha UKM yang berfikir : “Kayanya lebih enak kerja sendirian deh” karena masih belum bisa membayangkan bagaimana harus bekerja dengan tim untuk menjalankan usahanya. Belum lagi kenyataan bahwa menambah karyawan makan akan bertambah juga biaya operasional saat usaha dijalankan oleh lebih banyak orang. Saya sendiri butuh waktu sekitar 3 tahun sampai akhirnya memutuskan untuk mencari karyawan untuk membantu udaha saya di Toko Manik-Manik Koleksikikie.

MANFAAT PUNYA KARYAWAN
Meski mungkin banyak yang bimbang dan ragu, ada banyak lho manfaat memiliki bantuan lebih banyak pada pekerjaan yang kita. Berikut beberapa diantaranya :

– Keberadaan karyawan akan membantu kita lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan yg strategis, sementara kegiatan rutin harian bisa diserahkan kepada mereka.

– Karyawan juga membantu usaha kita berjalan lebih profesional dalam jam kerja yang ditentukan. sekalipun kita sedang tidak ada, mereka bisa tetap menjalankan usaha seperti biasa.

– Kehadiran Karyawan memperluas kemungkinan usaha kita bertambah besar.

– Karyawan akan membantu pelayanan kita kepada pelanggan lebih optimal sesuai jam kerja usaha.

– Memiliki Karyawan menjadikan usaha kita bermanfaat buat lebih banyak orang, karena membuka lapangan pekerjaan.

Tapi tentu saja, bersama kemudahan yang datang ada Tanggung Jawab baru yang muncul bagi pemilik usaha yang mempunyai Karyawan . Tanggung jawab yang UTAMA adalah belajar bagaimana menjadi pemimpin usaha, untuk mengarahkan kemana tim kita akan melangkah.

Ja-di.. bukan cuma karyawannya lo yang belajar!!
Kita sebagai pengusaha yang baru punya karyawan juga harus belajar dan beradaptasi dengan situasi yang baru. Seringnya kita banyak berharap pada orang lain, dan terlupa u mempersiapkan diri kita sendiri agar bisa memenuhi harapan u orang lain.

Kewajiban yang muncul dengan bertambahnya karyawan Banyak !!!
Tapi diantaranya yang paling utama adalah :

Memberikan Gaji, atas jasa yang diberikan kita wajib mempersiapkan gaji yang layak bagi Karyawan. Penentuan standard gaji ini bisa kita lakukan dengan mengecek terlebih dahulu alternatif pekerjaan sejenis yang diminati oleh kelompok usia karyawan kita. Misalnya, rata-rata lulusan SMA di daerah kita bekerja sebagai penjaga toko, cek berapa gaji penjaga toko, fasilitas yang didapat, hari libur dan cuti. Sesuaikan dengan kemampuan kita

Mengedukasi dan Memberi Pelatihan Untuk bisa mendapatkan Karyawan yang memahami bagaimana usaha kita berjalan, dan standard yang kita inginkan dalam pekerjaan, maka langkah awal yang harus dipersiapkan adalah memberikan edukasi/pemahaman tentang pekerjaan yang dilakukan. Jelaskan tugas dan tanggung jawab yang mereka lakukan setiap hari, serta berapa yanga kan mereka dapat ketika berhasil menyelesaikan dengan baik. Dari sini akan tercipta komunikasi yang baik, untuk mewujudkan tujuan yang sama.

HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM MENCARI KARYAWAN

  1. Kenali Macam Pekerjaan yang harus kita lakukan dalam menjalankan usaha.
    Kadang kita merasa lelah dengan pekerjaan yang kita lakukan sebagai pemilik usaha, namun saat ditanya apa saja pekerjaan yang harus kita lakukan setiap harinya? kita bingung menjabarkan detailnya. Maka sebelum memutuskan jawaban pertanyaan sebelumnya. Cari tau terlebih dahulu apa saja tugas dan jenis pekerjaan yg kita punya saat ini. Benarkah kita butuh bantuan karyawan? Atau hanya kewalahan sesaat akibat kurang disiplin.
  2. Cari Tau Sumber Penghasilan Kita
    Kadang kita merasa pekerjaan yang harus kita lakukan sangat banyak, tapi gak bener-bener tau seberapa besar uang yang datang dari hal yang kita kerjakan tersebut. Maka cari tau juga berapa rata2 pendapatan bulanan kita. Apakah menambah karyawan akan berpotensi meningkatkan angka ini? Sudah mampukah usaha kita membayar gaji pemilik usaha dan karyawannya. Beberapa orang, sering merasa “bisa” membayar gaji karyawan, tapi “lupa” menggaji diri sendiri. Pastikan bahwa sebagai pemilik usaha kita juga sudah mendapatkan hak yang pantas.
  3. Pahami Pos Pengeluaran yang bisa kita Hemat untuk mengefisiensikan usaha.
    Menghemat dan Mengefektifkan kinerja perusahaan juga bisa menekan biaya pengeluaran, misalnya ketika selama ini kita harus mengantar paket sendiri, coba cari tau apakah ada jasa pengiriman yang bisa membantu pick up pengambilan barang ke rumah, untuk bisa menghemat tenaga kita. Pelajari juga teknologi dan aplikasi yang memudahkan usaha secara online.

KARYAWAN ADALAH MITRA KITA MENUJU SUKSES
Pemahaman dasar tentang ini akan membantu kita bertemu dan bisa memperlakukan karyawan dengan baik. Meski secara struktur organisasi mereka berada dibawah pemilik usaha, namun harus disadari bahwa kesuksesan yang kita capai, merupakan hasil kerjasama dari semua pihak yang terlibat. Sampaikan terimakasih dan apresiasi atas pencapaian baik yang mereka lakukan, pun demikian jangan ragu untuk memberikan teguran bila dinilai membuat kesalahan agar ada usaha perbaikan.

Karyawan di Toko Manik-Manik Koleksikikie

Sama seperti mencari pasangan hidup, bertemu karyawan adalah rezeki yang tak lepas dari Kuasa Tuhan YME. Maka sangat penting untuk menyadari bahwa dalam beberapa kondisi, yang terbaik mungkin justru melepaskan Karyawan untuk Pergi. Ketika kondisi ini datang, kecewa dan sedih adalah hal yang wajar. Namun jangan berlama-lama dengan kondisi tersebut, segera susun langkah dan fokus untuk mencari solusi. Pun demikian apabila kita dikaruniai rekan kerja yang setia, loyal menemani dari masa ke masa, berusahalah u terus menjalin komunikasi yang baik. Hidup berdampingan saling menghormati tugas dan kewajiban yang kita miliki bersama (kie/2022)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu