Home PageUncategorizedKalung Tenun Baduy – Koleksikikie

Apr 01

Kalung Tenun Baduy – Koleksikikie

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, salah satu yang sangat indah dan terkenal hingga ke mancanegara adalah kerajinan kain/wastra-nya. Kerajinan kain ini sendiri terbagi jenisnya dari cara pengolahan kain yang dilakukan, yakni :
– kerajinan kain batik, menghias kain dengan titik malam hingga membentuk pola yang cantik
– kerajinan kain tenun, memintal benang aneka warna dan menyatukan jalinannya hingga menjadi lembaran kain
– kerajinan ikat/celup, yakni mengikat selembar kain dalam pola tertentu untuk kemudian dicelup kedalam cairan pewarna, pola ikatan ini akan membentuk motif kain yang indah.
Hampuir setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan jenis kain yang berbeda-beda, diantaranya : Kain Batik hadir dalam beragam motif dan ciri warna di kepulauan jawa, Sasirangan dari Banjarmasin, Sarung Bugis, Lurik Yogya, Songket Palembang dsb.

KAIN TENUN BADUY, SEBUAH BUDAYA TURUN-TEMURUN
Suku Baduy, di wilayah Lebak – Banten, merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kain tenun yang sangat indah. Namun karena kepercayaan mereka, yang tidak mau didokumentasikan, suku ini termasuk salah satu yang mengisolasi diri dari dunia luar.
Sehari-hari perempuan Suku Baduy mengisi waktu luang mereka dengan menenun benang menjadi selembar kain. Kain ini tidak hanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang mereka, namun juga merupakan salah satu tradisi budaya yang dijaga secara turun temurun untuk mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran. Kain Tenun Baduy tidak hanya indah namun juga menyimpan makna yang erat hubungannya dengan tradisi dan kepercayaan masyarakat Suku Baduy.

DIOLAH SECARA TRADISIONAL, KAIN TENUN BADUY BERNILAI JUTAAN
Untuk menghasilkan selembar Kain Tenun Baduy, proses yang dibutuhkan cukup lama. Hal ini dikarenakan pembuatan kain tenun ini masih dilakukan secara tradisional menggunakan alat yang kerap disebut masyarakat sekitar sebagai raraga. Kain Tenun Baduy sendiri hanya boleh dibuat oleh kaum perempuan. Motif kain tenun baduy didominasi bentuk geometris seperti garis, segitiga, segiempat ataupun bulatan hal ini mewakili kesederhanaan dan sifat apa adanya. Selembar besar kain tenun sekitar 1.5-2meter biasanya dihargai mulai 750ribu sd jutaan rupiah. Limbah potongan kain tenun inilah yang kemudian diolah koleksikikie sebagai kalung, agar dapat bermanfaat dan bisa bernilai secara ekonomis.

Beberapa Model Kalung Tenun Baduy Yang Dibuat Koleksikikie
Diolah dari perca potongan kain tenun baduy, kalung-kalung cantik ini hadir untuk melengkapi penampilan perempuan Indonesia. Kesan Etnik terasa sangat kuat, dengan tambahan ornamen berupa tassel dan koin kuno. Untuk manik-maniknya dipilih rangkaian manik kaca tradisonal buatan Indonesia.

Aneka kalung tenun cantik ini tidak selalu tersedia, karena hanya dibuat satu untuk setiap desain. Untuk pemesanan, dapat mengunjungi Toko Kami di Surabaya
Koleksikikie (bisa dicek juga di google map)
Jl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Buka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kami
TELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)
XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)
INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

(kikie-2022)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu