Home PageSOSOK INSPIRATIFDr. Hertati Latief Natasuminta MSc. : Berjuang dan Berkarya melalui Aksesoris

Mar 16

Dr. Hertati Latief Natasuminta MSc. : Berjuang dan Berkarya melalui Aksesoris

Lomba Desain Aksesoris 2016 baru sebulan berlalu, diantara kemeriahan dan sukses terselenggaranya acara tersebut ada sebuah nama yang selalu setia memberikan motivasi, dukungan dan berbagai masukan demi keberlangsungan acara. Perempuan yang akrab disapa Bu Tati ini tidak hanya menjadi salah satu dewan juri namun juga penasehat dan motivator bagi kami.

Dokter Yang Juga Crafter

Nama Lengkapnya Dr. Hertati Latief Natasuminta MSc, namun kawan-kawan di komunitas aksesoris lebih sering menyapa beliau dengan panggilan Bu Tati. Harus pake “Bu” sebagai bentuk tanda sayang dan rasa hormat kepada Bu Tati, yang tidak hanya senior secara usia, namun juga sudah terjun di dunia aksesoris sejak lama.

Saya pertama kali mengenal Bu Tati melalui karya-karya indahnya, di sekitar tahun 2008 melalui komunitas craft Manik-Manik Cantik. Ketika itu saya baru mulai memasarkan produk aksesoris saya secara online di multiply, sementara Bu Tati banyak memajang karya-karyanya di www.beadsndesign.blogspot.com   Sosoknya yang ramah dan hangat selalu bisa mencairkan suasana, menggantikan yang sebelumnya terlihat sebagai batasan menjadi persahabatan.

Dari ngobrol-ngobrol singkat, saling meninggalkan komen secara online, mengunjungi wall di dunia maya, akhirnya saya mengetahui bahwa dalam kesehariannya beliau adalah seorang Dokter. Bu Tati memulai kariernya sebagai Dokter di tahun 1977, saat itu beliau bekerja sebagai Dokter untuk Puskesmas di Daerah Jatinegara. Beberapa tahun bekerja di daerah ini, menjadikan Bu Tati punya banyak kesempatan untuk berkunjung ke Pusat Batu Akik dan Manik-Manik di Jakarta, yakni Pasar Rawa Bening di depan stasiun Jatinegara. Inilah awal mula Bu Tati mengenal lebih dekat batu-batuan. Awalnya membeli untuk koleksi hingga akhirnya mulai tertarik untuk mengolah bahan batu ini menjadi perhiasan yang dibuat secara handmade.

salah satu sudut di rumah Bu Tati, tempatnya menyimpan berbagai koleksi manik-manik batuan alam

Aksesoris yang awalnya dibuat untuk menyalurkan hobi, lama kelamaan mulai diminati oleh orang-orang dekat yang mengenal beliau, inilah awal mula yang menjadikan Bu Tati memutuskan untuk terjun secara serius mengerjakan aksesoris di sela-sela waktu senggangnya. “Karena saya menyukai batu-batuan ini, jadi selalu ada rasa kangen untuk terus membuat perhiasan”  Jadilah beliau sosok dokter yang juga crafter.

Beberapa aksesoris karya Bu Tati, sangat khas dengan penggunaan bahan baku berkualitas
manik-manik batu berbentuk daun yang diimport khusus dari berbagai belahan dunia.

Memasarkan Aksesoris Melalui Pameran

Tidak hanya memajang karyanya secara online, Bu Tati juga aktif mengikuti berbagai Pameran Perhiasan. Menurut beliau, pameran merupakan ajang yang memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa secara langsung mempresentasikan karya yang kita buat. Di event-event seperti inilah Bu Tati banyak berdiskusi dengan customernya. menanyakan apa yang mereka suka, mencari tau apa yang menurut mereka harus lebih ditingkatkan

“Walaupun kritikan itu pahit, namun sebenarnya ada banyak manfaat saat kita mendengarkan masukan orang. Yah kurang lebih seperti obat, pahit di awal tapi bikin badan jadi jauh lebih sehat” 

Bu Tati dalam beberapa Pameran yang diikutinya

Sejak tahun 2005, Bu Tati selalu aktif berpartisipasi dalam pameran Inacraft, pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang dilangsungkan setiap tahun di Jakarta. Tidak hanya itu, bersama komunitas pengrajin perhiasan Bu Tati juga mengikuti beberapa Pameran di Manca Negara seperti : China dan Tokyo. Pengalamannya mengikuti berbagai pameran, dari tahun ke tahun ini menjadikan Bu Tati sering melihat karya-karya perhiasan handmade dari berbagai crafter.

“Yang membanggakan sekarang semakin banyak designer2 muda bermunculan, banyak diantaranya memiliki karya yang sangat bagus dan cantik, yang tidak kalah dengan designer perhiasan di luar negri”

Menurut beliau industri perhiasan handmade menjadi salah satu primadona di kancah pameran internasional yang mewakili bangsa Indonesia, terutama yang terlihat sangat pesat kemajuannya adalah industri perhiasan kawat. Whuaaa jadi bangga yh sama teman-teman pengrajin perhiasan di Indonesia, dan jadi semangat jugaa untuk bisa ikut pameran berskala interrnasional suatu hari nanti.

Saya bersama Bu Tati dan teman-teman di ajang inacraft 2015

FOKUS MENJADIKAN BISNIS BERTAHAN TERUS

Setelah melewati lebih dari satu dasawarsa, diakui oleh pemilik Brand Beadsndesign Craft bahwa perjalanan yang ditempuh tidaklah mudah.  Beliau juga menyaksikan sendiri bagaimana kawan-kawan seperjuangan jatuh bangun dalam “mengelola” perhiasan kawat ini, menurut beliau yang menjadi penyebabnya banyak,  salah satunya adalah kurangnya kemampuan menjual pada diri crafter.

“Banyak teman designer aksesoris yang merasa membuat perhiasan jauh lebih mudah, dari pada menjualnya dengan harga yang pantas”

Tidak hanya itu, keterbatasan jenis bahan baku juga sering mempengaruhi kreativitas, seringkali bahan baku yang didapat tidak sesuai dengan kemauan kita. Untuk menjaga keunikan dari karyanya Bu Tati tidak hanya rajin membuat perhiasan, namun juga mengoleksi berbagai manik-manaik yang cantik saat traveling ke beberapa kota di dalam  dan luar negeri.

“Kejelian memilih bahan baku  juga akan mennjadi keunggulan dari karya yang kita buat”

Hal lain yang menjadi pemikiran beliau, adalah fenomena yang bermunculan belakangan ini, yaitu:
“Banyak yg terlihat hanya mengerjakan kegiatan membuat perhiasan sebagai pengisi waktu luang saat sedang senang… tidak menjadikan ini sebagai rutinitas atau tumpuan hidup yang harus dilakukan secara terus menerus dengan serius”

Dalam perbincangan kami, Bu Tati berpendapat sebagai perempuan, berkarier di sebuah pekerjaan juga ibu, istri, dan mungkin juga (eyang putri… hehehe) sangat wajar bila kita memiliki berbagai kesibukan selain menjalankan bisnis aksesoris, namun menurut beliau :

“Perlu keseriusan dan keyakinan yang besar dari designer, bahwa karya yang dibuat adalah suatu “pemberian” yg tidak akan hilang. Karena selama kita berkehendak menjadikan kegiatan ini tumbuh, saya yakin pembuat perhiasan (homemade) tetap akan maju dan berkembang….apapun masalah dan kendala yang dihadapi”

 

TERUS BERKREASI SETIAP HARI

Walaupun terlihat muda dan selalu bersemangat… tahun ini Bu Tati akan berusia 68 tahun.  Sebuah angka yang sudah menandakan banyaknya pengalaman hidup yang dilalui. Namun usia tak menjadikannya berhenti berkarya, untuk mempersiapkan ajang inacraft 2017 yang akan dilangsungkan akhir bulan depan. beliau rutin berkreasi memperbanyak stok perhiasan untuk dipamerkan.

beadsndesign akan berada di Hall A no 13, jangan lupa mampir ya saat nanti datang inacraft

Tidak hanya itu, sejak dulu hingga sekarang Bu Tati juga aktif berbagi ilmu dalam berbagai pelatihan dan workshop kerajinan tangan. Beliau membagikan ilmu yang dimilikinya tidak terbatas pada teknik pembuatan perhiasan saja, namun juga jahit menjahit tas (baik dengan bahan baku kain katun maupun kulit).

salah satu brosur iklan pelatihan yang mengundang beliau sebagai pengajar

Selain itu Bu Tati juga aktif melakukan kegiatan promosi beadsndesign craft, karena untuk menjalankan bisnis ini kita tidak bisa hanya fokus membuat saja, tapi juga harus rajin mengiklankan diri dan memperkenalkan produk kita ke masyarakat… caranya dengan menggunakan hasil karya kita saat bertemu kawan-kawan, atau aktif bersosialisasi dengan komunitas baik secara online maupun ofline. Beberapa wkatu yang lalu, Bu Tati juga secara khusus diwawancara oleh sebuah stasiun TV, untuk berbagi kisahnya menjalankan bisnis perhiasan.

Bu Tati saat diinterview oleh salah satu stasiun TV

Sebagai tanda sayangnya untuk kita semua, beliau menitipkan pesan “Today isn’t just another day, today you’ll create something beautiful”

Tiap hari harus dilalaui dengan sebuah keyakinan diri bahwa kita akan membuat sesuatu yang indah. Tidak terbatas pada karya handmade saja ya… tapi membuat hal yang indah secara lebih luas lagi… sikap optimis ini akanmembuat kita selalu semangat setiap hari, untuk menantikan kesempatan menciptakan keindahan itu. HUaaaaaaaa dalem banget yaa…..

Terimakasih banyak Bu Tati, untuk waktu dan kesempatannya berbagi bersama sahabat koleksikikie (kie)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu