Home PageBisnis AksesorisCara Meningkatkan Jumlah Follower Facebook Fanspage (I)

Jul 09

Cara Meningkatkan Jumlah Follower Facebook Fanspage (I)

cara bisnis lewat facebook

Jualan dimana??? Profil Facebook vs Halaman Fanspage
(Tulisan ini merupakan seri I dari Rangkaian Tulisan tentang Meningkatkan Jumlah Follower di Fanspage/Halaman Facebook)

“Kikie…
aku kemarin baca postinganmu, gimana sih supaya bisa punya follower 10.000 orang gituuu? aku sudah lama punya page juga, tapi sampe sekarang gak nambah-nambah cuma 100an orang aja… jadi aku males jualan via page-ku, enakan facebook biasa” (mariska – jakarta)

Whuaaa iyaaaaaahh… sama banget ih
sayapun pertama punya fanpage  https://www.facebook.com/koleksi.kikie agak-agak nyesel gituuu, kok lama banget ini jumlah follower facebook panspagenya nambah, udah gitu tampilan halamannya juga beda banget sama facebook biasa, nggak familiar mengoperasikannya, walhasil di awal punya malah nggak bisa jualan saking bingung semua gimana ini cara mbalesin via inbox T_T

Sampai saat inipun masih banyak sekali temen-temen saya yang enggan pindah ke fanpage dan tetap memilih untuk mempertahankan akun profil facebook perorangan untuk berdagang, tentunya hal ini sah-sah saja tapi sebenernya ada banyak sekali keuntungan dari Halaman Facebook/Fanspage bila dibandingkan dengan mode akun Profil FB perorangan.
Keuntungan Fanpage dibanding Profil Facebook biasa, diantaranya :
1. Jumlah Pertemanan via Page bisa lebih dari 5000 orang
Kalau akun facebook kita masih belum 5000 sih gak akan terasa ya bedanya, tapi kalau jumlah teman di FB kita sudah mulai memasuki hampir 5000 orang, biasanya mulai deh pusing pala barbie mau ngehapusin yang mana, biar yang baru-baru bisa jadi teman kita. Beberapa orang memilih punya akun FB lebih dari 1, koleksikikie1, koleksikikie2, koleksikikie3 dst…
Sesaat cara ini bisa menjadi solusi, namun yang harus dipertimbangkan, punya dua akun FB berarti harus punya dua email, kalau mau bisa diakses via Hape, berarti harus punya dua hape, kalau mau mbuka dari PC, berarti harus pake dua mode browser (gak bisa bukan akun FB dgn 2 email yang berbeda dari chrome semua), kalau keduanya mau bisa di update rutin dan responsif mbalesin komen ya berarti harus ada dua orang yang bisa membuka akun tersebut bersamaan. Intinya, cara ini akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak rupiah, tenaga sumber daya manusia dan waktu juga.

2. Fanpage bisa dikelola oleh lebih dari 1 orang
Kalau profil facebook hanya bisa diakses oleh pemilik email dan password yang sama, halaman facebook bisa dikelola oleh lebih dari satu orang. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan pembagian tugas pengelolan fanspage agar lebih efektif.
Di Koleksikikie sendiri saya biasa bertugas membuat status dan posting foto, sementara untuk membalas rekap orderan ada tenaga Admin Koleksikikie yang selalu standby di Toko Koleksikikie di jam 08.00 sd 17.00 (yakni ada Dek Moon dan Dek Nina di dua akun page yang berbeda). Dulu saya sempet jadi orang yang bilang “Bgimana mau update foto produk baru… mbalesin komen sama inbox orang aja belum selesai-selesai (apalagi kalo belanjanya dilengkapi dengan revisi 3 kali kaya bikin skripsi hihihihi”
Dengan pembagian tugas ini, customer yang belanja bisa terlayani pertanyaan dan chatnya… tapi update-an isi blog juga terus jalan, sehingga customer baru akan berdatangan =D

3. Fanpage memungkinkan kerja bisa lebih efektif
Apa yang biasa kita lakukan saat log in Facebook?
Kalo saya sih ya pastinya membaca status temen-temen, kasih like buat postingan yang saya anggep bagus, ngomentarin yang lucu-lucu, baca berita sharing yang seru-seru. Pernah gak ngitung, berapa menit yang kita butuhkan setiap kali melakukan ritual tersebut =D 5 menit setiap log in?
Padahal ngeceknya setiap 20 menit sekali, kalau dihitung dengan sungguh-sungguh hasilnya banyak juga lhoooh… apalagi pas ada komen yang seru, rasanya pengen terus-terusan ngeliatin aja.
Di Halaman Facebook/fanspage, kita hanya bisa melihat dan memantau halaman kita sendiri saja. awalnya sedih juga lho, karena rasanya kaya putus dari dunia luar, gak bisa lihat postingan temen, gak bisa saling nyapa. Itulah kenapa disamping akun Fanspage Koleksikikie, saya masih mempertahankan akun profil Riski Hapsari untuk menjalin pertemanan secara online. Tapi disisi lain, ternyata cara ini membuat pekerjaan di koleksikikie menjadi lebih efisien dan fokus.

4. Fanpage memfasilitasi kita dengan laporan yang memungkinkan kita untuk memperhatikan pergerakan di halaman Facebook kita. 
Kalau kita bikin status di facebook pribadi, sebenernya dari 3000 temen yang kita punya, yang bener-bener mbaca status kita tuh berapa orang ya… pernah gak bertanya-tanya seperti ini prend?
Sayangnya di profil FB tidak disediakan informasi untuk pertanyaan tersebut, berbeda dengan di Fanspage, setiap kali kita posting foto, status, ataupun berita di timeline kita, akan langsung tersedia informasi secara realtime berapa orang yang membaca status kita, berapa jumlah tambahan follower di setiap minggunya, dan dari sini kita bisa melihat seberapa kuat engagement yang terjadi diantara kita dengan para customer/follower facebook di page kita.
Review ini bisa langsung kita lihat di google insight, ini sangat membantu kita untuk me-review perdagangan kita. Saya sendiri saat ini menca[ai kesimpulan, semakin tinggi angka orang yang meluangkan waktu untuk membaca postingan akan meningkat juga angka penjualan atau setidaknya jumlah orang yang bertanya tentang produk yang kita jual.
Kalau kita jarang log in, review  pergerakan di halaman kita akan secara berkala dikirimkan ke akun email. Bikin yang lagi males jadi kaya diingetin buat sering-sering update lagi hihihihihi

5. Fanpage memungkinkan lebih banyak orang untuk melihat timeline kita
Berbeda dengan profil facebook yang harus temenan dulu untuk bisa komen2an, ataupun ngeliatin foto yang dipajang… akun fanspage memungkinkan follower facebook dan siapa saja, dari mana saja, untuk mengakses halaman kita. Setiap ada yang komen atau nge-like halaman kita, maka akan muncul di newsfeed teman-temannya. Kalau temannya memiliki minat dan hobi yang sama, bukan tidak mungkin akan tertarik untuk mengunjungi halaman facebook kita juga. Sehingga info yang kita pajang akan lebih cepat tersebar dan dibaca oleh banyak orang. Disini pentingnya memajang foto yang bagus, karena pada umumnya orang akan lebih tertarik dengan hal yang secara visual/dilihat mata menyenangkan. Cara lain yang juga sering digunakan oleh orang, biasanya dengan memilih judul2 yang fantastis dan heboh untuk informasi yang dia tulis. Tujuannya tentu saja agar lebih banyak orang yang penasaran ingin membaca.

Wheew… setelah ditulis ternyata lumayan banyak juga yak. Masih ragu mau buat akun fanpage?
besok saya tambahkan tentang cara-cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan jumlah follower di halaman facebook atau fanspage kita yaahhh sahabat, semoga bisa menghalau rasa galau hihihihi (kie)

Riski Hapsari

Riski Hapsari, blogger sejak tahun 2007
pemilik koleksikikie.com

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu