Home Pageceloteh kikieBurhani, Toko Manik-Manik tertua di Surabaya

Feb 03

Burhani, Toko Manik-Manik tertua di Surabaya

JALAN-JALAN DI SURABAYA
Bulan Januari kemarin, saya kedatangan tamu-tamu istimewa dari Jakarta. Mbak Sisil dan Mbak Shanti, sahabat koleksikikie yang pertama kali saya kenal dari sebuah WS koleksikikie di Jakarta. Sengaja mengambil liburan ala crafterm berwisata dari Jakarta ke Surabaya lanjut Jogja mampir Kendal untuk bertemu teman-teman penghobi kerajinan tangan plus tentu saja belanja manik-manik.

foto-01mbak Sisil dan Mbak shanti, lari-lari di Bandara Kedatangan Juanda, Surabaya

BURHANI, TOKO BAHAN KERAJINAN DI SURABAYA
Pkl 08.00 pagi saya menjemput tamu-tamu istimewa ini dari Bandara Juanda Surabaya, agak telat gitu yaa jemputnya hihihihi… jadilah mbak Sisil dan mbak Shanti menunggu cukup lama di depan pintu kedatangan. Setelah rombongan kecil ini kumpul, tujuan pertama kami adalah Toko Burhani, sebuah Toko yang menjual bahan kerajinan di pusat Perbelanjaan Blauran.

toko-manik-manikfoto dulu di depan Toko Burhani, hihihihi… turis beneerrr gayanya

TOKO MANIK-MANIK TERTUA DI SURABAYA
Dari mas-mas penjaga toko yang ramah, kami mendapatkan cerita bahwa Toko Burhani ini telah berdiri sejak tahun 1992, atau berusia nyaris 22 tahun. Tapi saya dulu inget banget pas masih kecil suka diajak nenek saya beli bahan-bahan untuk baju (Nenek saya dulu seorang penjahit kebaya) di samping Wijaya ya rasanya sih toko Burhani ini. Sayangs etelah Wijaya terbakar, lay out tempatnya jadi agak berubbah. Tapi dengan adanya cerita dari mas tadi nggak salah lah ya rasanya kalau Toko Burhani ini bisa disebut sebagai Toko Manik-Manik tertua di Surabaya. Di salah satu dinding toko dipasang foto pendiri pertama Toko Burhani, lengkap dengan tahun awal berdirinya.

foto-09
TOKO BURHANI MENYEDIAKAN BERAGAM KEBUTUHAN CRAFT
Kini Toko Burhani dikelola lebih dari 50 orang karyawan (pokoknya kalo tahun baru sampe nyewa bis sendiri buat darmawisata) Toko ini memiliki 5 lantai yang terdiri dari berbagai bahan kerajinan. Mulai dari beraneka jenis kain, manik-manik, ornamen-ornamen hias untuk baju, beragam payet, aplikasi bordir hingga keperluan jahit menjahit. (cuma biasnaya sih untuk pembelian skala kecil (yang gak bisa dibilang eceran kecil juga sih ya) kita bisa melihat-lihat di lantai satu saja, dan nanti akan dibantu mas-mas nya untuk mengambilkan barang yang kita inginkan dalam jumlah yang kita butuhkan.

foto-07 foto-06
toko-burhani-manik
JAM BUKA TOKO
Yang unik, setiap harinya toko burhani buka 2 shift, tutup di jam 3 sd jam 5 sore. Jadi Buka pagi jam 8 sd jam 3, Buka sore jam 5 sd jam 10. Jam operasional yang berbeda dengan toko pada umumnya yang biasanya baru buka jam 10 tutup jam 4 sore. Setau saya hanya toko-toko lama di Surabaya aja yang menganut sistem ini, setau saya selain di daerah Blauran, toko2 di Pasar Pucang juga menerapkan jam kerja yang sama.

PELAYANAN YANG RAMAH
Pelayanannya juga cukup ramah lho, mas-mas yang melayani kami bekerja dengan sigap membuat nota. Tapi kalau toko lagi rame, ya kita harus lebih sabar untuk menunggu antrian dilayani. Kalo saran saya sih sebaiknya pas kesini kita sudah tau apa yang mau dicari. lihat2 boleh… tapi kalo gak bawa daftar belanja takutnya jadi over budget semua pengen dibeli… hahahaha

SISTEM PEMBAYARAN
sistem pembayarannya pun sudah cukup modern, kita bisa menggunakan kartu debit Mandiri dan BCA untuk melakukan transaksi pembayaran di toko ini. Hanya saja untuk pembayaran menggunakan kartu akan dilakukan di ruangan terpisah (lebih ke dalam) kalau yang di meja kasir hanya menerima pembayaran Tunai.

foto-05
Sayangnya, tidak semua barang yang dijual di toko ini bisa dibeli dalam jumlah sedikit/kecil. Sehingga butuh modal cukup besar juga untuk belanja langsung di Burhani, sudah gitu manik-manik yang dipajang bikin laferrr mataaa…..

foto-03 foto-02Oh iya, toko ini juga menjual buku-buku kerajinan tangan lo, yang dipajang tepat di pintu masuk toko.
foto-04Puas berbelanja di Toko manik-manik, kamipun melanjutkan acara jalan-jalan ke Halo Surabaya, sebuah restoran pujasera yang menyediakan berbagai makanan khas Jawa Timur. Lokasinya luas dan teduh dengan banyak pohon-pohon rindang, di beberapa sudut dilengkapi dengan wahana permainan yang cocok untuk anak-anak (eh ibu-ibu juga boleh dink naik… hahahahaha)

IMG_4248 HALO-SURABAYA

Tags: ,

3 comments

  1. fitri says: February 6, 2014
    • kikie says: February 6, 2014
  2. fitri says: February 6, 2014

Trackbacks and pingbacks

No trackback or pingback available for this article

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu