Apr 11

Kawat Aluminum vs Kawat Tembaga

Dalam dunia pembuatan aksesoris dari kawat/wire jewelery, ada dua jenis kawat yang paling sering digunakan yakni :– Kawat Aluminum/Kawat Alumunium – Kawat Tembaga/Copper Wirekedua jenis kawat ini populer digunakan karena harga per-meternya relatif terjangkau dibandingkan kawat dari bahan silver atau emas. Selain itu, kawat-kawat ini juga banyak dijual di pasaran dalam berbagai varian warna, ukuran dengan merk yang beragam.

Kawat Aluminum atau sering juga disebut Kawat Alumunium

Kawat Aluminum/Kawat AlumuniumKawat aluminium memiliki tekstur yang lunak, ringan dan mudah dibentuk. Kawat ini dapat digunakan dalam banyak fungsi diantaranya : untuk membuat perhiasan/aksesoris, berbagai kerajinan juga aplikasi taman (yakni membuat bonsai). Namun karena teksturnya yang lunak ini, kawat tembaga relatif lebih rapuh, sehingga untuk pembuatan aksesoris ukuran paling kecil yang disarankan adalah 1mm (kurang dari size ini, harus hati-hati sekali dalam pengaplikasiannya karena mudah patah.

Kawat Aluminum ini memiliki varian warna yang sangat beragam, karena permukaan kawatnya dilapis oleh enamel berwarna, menjadikan kawat ini unik dan banyak digemari. Namun harus diwaspadai juga karena bagian enamel/pelapis berwarnanya sangat tipis, dan mudah mengelupas bila tergores benda tajam. Inilah mengapa dalam proses pengolahan kawat jenis ini lebih disarankan untuk langsung menggunakan tangan kosong, tujuannya untuk menghindari goresan pada permukaan kawat.

Teknik Curly yang digunakan pada pembuatan liontin ini dalam proses pembuatannya lebih banyak menggunakan tangan dibandingkan tang atau alat lainnya

Kawat Tembaga/ Copper WireKawat jenis tembaga memiliki tekstur yang lebih keras dan kokoh dibandingkan kawat jenis aluminum/alumunium namun relatif lebih lunak/empuk bila dibandingkan kawat perak. Itulah kenapa kawat ini di pasaran hadir dalam banyak varian ukuran, diantaranya : – ukuran 0.2 mm yang banyak dipakai untuk teknik rajut kawat– ukuran 03 dan 04 mm yang umum dipakai untuk wrapping dan netting– ukuran 06 dan 07 mm sering digunakan untuk membuat paku sambung pada rangkaian menggunakan bahan mutiara air tawar– ukuran 08-1mm dipakai sebagai rangka/frame untuk beragam desain aksesoris(*catatan : angka diatas sifatnya hanya berupa panduan umum, selalu cek desain aksesoris terlebih dahulu untuk memilih kawat dengan ukuran yang tepat)

Berdasarkan jenisnya, kawat bahan tembaga terbagi menjadi dua :– Bare Copper Wire/ Raw Copper, yakni Kawat tembaga tanpa lapisan pada permukaannya. Kawat jenis ini lebih mudah teroksidasi dan mengalami perubahan warna. Bahan ini umum dipakai pada pembuatan aksesoris yang menggunakan teknik metal smithing atau penempaan logam (logam dipanaskan, ketika mulai empuk/meleleh, dibentuk dengan cara dipukul-pukul dengan palu)– Enamel Copper Wire, kawat tembaga jenis ini umum ditemukan di pasaran, yakni kawat tembaga dengan cat enamel pelapis yang menyebabkan kawat hadir dalam berbagai varian warna yang cantik. Untuk mencegah permukaan kawat jenis ini tergores, disarankan untuk memakai nylon jaws plier atau tang dengan permukaan plastik yang lembut/halus. Untuk menjaga permukaan kawat mengkilap/berubah warna kita bisa memberi lapisan/coating tipis di permukaan kawat, khususnya pada sudut dalam atau bagian yang bersentuhan dengan kulit saat dipakai.

Tutorial Bros menggunakan bahan kawat tembaga, size 1mm digunakan sebagai frame, sementara size 04mm dipakai untuk merangkai manik-manik lain.

Perbedaan Kawat Alumunium dan Kawat TembagaMeskipun kedua jenis kawat ini dapat digungsikan untuk membuat aksesoris, sebaiknya pastikan terlebih dulu desain/model aksesoris yang kita akan buat. Karena setiap desain akan membutuhkan jenis kawat dan ukuran yang berbeda-beda, kita tidak dapat seketika mengubah/mengganti kawat tembaga dengan kawat alumunium berukuran yang sama. Setiap jenis kawat memiliki fungsi dan keunikan masing-masing, maka tugas kita sebagai crafter harus mampu menonjolkan kelebihan dari bahan ini, sembari tetap memperhatikan fungsinya dapat berjalan dengan optimal.

Secara sederhana, berikut diagram yang menunjukkan beberapa perbedaan yang ditemukan pada kedua jenis kawat tersebut

Perbedaan Antara Kawat ALumunium dan Tembaga ini dapat menjadi acuan kita dalam memilih jenis dan ukuran kawat yang tepat saat akan mulai mendesain aksesoris. Untuk desain yang lebih rumit, kita bisa memadukan penggunaan beberapa jenis kawat misal seperti Kawat tembaga dan kawat alumunium, kawat alumunium dan kawat staintlest, kawat tembaga dan kawat staintlest. Intinya jangan takut mencoba untuk bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas yang kita miliki (kikie-2022)

kalung tenun baduy

Apr 01

Kalung Tenun Baduy – Koleksikikie

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, salah satu yang sangat indah dan terkenal hingga ke mancanegara adalah kerajinan kain/wastra-nya. Kerajinan kain ini sendiri terbagi jenisnya dari cara pengolahan kain yang dilakukan, yakni : – kerajinan kain batik, menghias kain dengan titik malam hingga membentuk pola yang cantik– kerajinan kain tenun, memintal benang aneka warna dan menyatukan jalinannya hingga menjadi lembaran kain– kerajinan ikat/celup, yakni mengikat selembar kain dalam pola tertentu untuk kemudian dicelup kedalam cairan pewarna, pola ikatan ini akan membentuk motif kain yang indah. Hampuir setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan jenis kain yang berbeda-beda, diantaranya : Kain Batik hadir dalam beragam motif dan ciri warna di kepulauan jawa, Sasirangan dari Banjarmasin, Sarung Bugis, Lurik Yogya, Songket Palembang dsb.

KAIN TENUN BADUY, SEBUAH BUDAYA TURUN-TEMURUNSuku Baduy, di wilayah Lebak – Banten, merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kain tenun yang sangat indah. Namun karena kepercayaan mereka, yang tidak mau didokumentasikan, suku ini termasuk salah satu yang mengisolasi diri dari dunia luar. Sehari-hari perempuan Suku Baduy mengisi waktu luang mereka dengan menenun benang menjadi selembar kain. Kain ini tidak hanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang mereka, namun juga merupakan salah satu tradisi budaya yang dijaga secara turun temurun untuk mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran. Kain Tenun Baduy tidak hanya indah namun juga menyimpan makna yang erat hubungannya dengan tradisi dan kepercayaan masyarakat Suku Baduy.

DIOLAH SECARA TRADISIONAL, KAIN TENUN BADUY BERNILAI JUTAANUntuk menghasilkan selembar Kain Tenun Baduy, proses yang dibutuhkan cukup lama. Hal ini dikarenakan pembuatan kain tenun ini masih dilakukan secara tradisional menggunakan alat yang kerap disebut masyarakat sekitar sebagai raraga. Kain Tenun Baduy sendiri hanya boleh dibuat oleh kaum perempuan. Motif kain tenun baduy didominasi bentuk geometris seperti garis, segitiga, segiempat ataupun bulatan hal ini mewakili kesederhanaan dan sifat apa adanya. Selembar besar kain tenun sekitar 1.5-2meter biasanya dihargai mulai 750ribu sd jutaan rupiah. Limbah potongan kain tenun inilah yang kemudian diolah koleksikikie sebagai kalung, agar dapat bermanfaat dan bisa bernilai secara ekonomis.

Beberapa Model Kalung Tenun Baduy Yang Dibuat KoleksikikieDiolah dari perca potongan kain tenun baduy, kalung-kalung cantik ini hadir untuk melengkapi penampilan perempuan Indonesia. Kesan Etnik terasa sangat kuat, dengan tambahan ornamen berupa tassel dan koin kuno. Untuk manik-maniknya dipilih rangkaian manik kaca tradisonal buatan Indonesia.

Aneka kalung tenun cantik ini tidak selalu tersedia, karena hanya dibuat satu untuk setiap desain. Untuk pemesanan, dapat mengunjungi Toko Kami di Surabaya Koleksikikie (bisa dicek juga di google map)Jl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,Surabaya, Jawa Timur, IndonesiaBuka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kamiTELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

(kikie-2022)

bros kerang koleksikikie

Apr 01

Memanfaatkan Limbah Kulit Kerang untuk Membuat Bros Cantik Koleksikikie

Bros, merupakan salah satu aksesoris yang banyak digemari oleh kaum wanita, khususnya mereka yang menggunakan hijab dalam kesehariannya. Salah satu yang unik dan menarik adalah kreasi bros yang memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan baku, berikut beberapa diantaranya :

Bros Kerang MabeSalah satu jenis kerang yang paling populer digunakan oleh pengrajin akesoris adalah kerang mabe. Kerang ini cukup unik, karena membentuk butir mutiara setengah bulat (umumnya kerang mutiara membentuk butiran mutiara bulat utuh).Kerang Mabe banyak dibudidayakan di perairan Indonesia, khususnya di Pulau Baubau, Sulawesi Tenggara. Untuk bisa diambil manfaatnya, biasanya kerang mabe dipelihara sekitar 3-4 bulan, setelah cukup besar baru dipanen untuk diambil bagian cangkang kerangnya. Kemudian oleh pengrajin kerang, bagian cangkang ini diolah/dibentuk agar dapat dikreasikan menjadi bahan aksesoris.

Bros Kerang ArcuArcu merupakan bagian kerang/tiram mutiara, yang oleh para pengrajin dioleh bentuknya menjadi cabochon, agar dapat menjadi bahan baku untuk pembuatan beragam jenis aksesoris. Pengolahan bagian kerang ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan kerang, permukaan kerang yang tergores akan menyebabkan harga jualnya akan jauh berkurang.

Kerang Arcu Silver, salah satu jenis yang paling indah dan jarang ditemukan di pasaran.

Bros Kerang AbalonKerang Abalon merupakan salah satu jenis kerang yang diburu karena memiliki daging yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, bagian dalam kerang abalon memiliki warna yang indah seperti pelangi, diantaranya yang paling sering dijumpai adalah perpaduan biru elektrik, hijau, abu-abu, dan merah muda. Tak heran bila limbah kulit kerang jenis ini sangat banyak dimanfaatkan sebagai manik-manik.

Kerang abalon memiliki tektur permukaan yang tidak rata dengan gradasi warna yang cantik seperti tumpahan minyak.

Bros Kerang GonggongKerang Gonggong merupakan kuliner khas Kota Batam, biasanya kerang jenis ini direbus dan dimakan panas bersama sambal. Karena penggemar makanan ini cukup banyak, tak heran bila limbah kulitnya sangat banyak dijumpai. Saat diaplikasikan sebagai kerajinan, kulit kerang gongong ini biasanya dipotong, hingga tekstur bagian dalam kerangnya terlihat.

Bros Dari Manik Kulit KerangKulit kerang yang diolah menjadi manik-manik juga ada banyak sekali macam dan jenisnya di pasaran. Kulit kerang yang sudah diolah menjadi manik-manik relatif lebih mudah dirangkai, karena sudah melalui proses pengolahan (dibersihkan dari kotoran dan daging kerang, dibentuk sesuai kebutuhan, beberapa dilapisi oleh pewarna dan motif yang menarik sesuai selera). Karena dijual sebagai manik-manik untuk kerajinan, bahan kulit kerang ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan lubang untuk dirangkai sebagai aksesoris. Diantaranya yang paling banyak dijual, adalah jenis manik kelopak kerang.

Banyaknya limbah kulit kerang yang tersedia merupakan peluang untuk dapat dikreasikan menjadi beragam kerajinan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis (kie.2022)

Aneka bros cantik, yang dikreasikan dari bahan kulit kerang ini bisa didapatkan di Galeri Toko Manik-Manik Koleksikikie, yang terdapat di Surabaya (bisa langsung cek di google map)KoleksikikieJl. Rungkut Asri Barat 14 No. 3,Surabaya, Jawa Timur, IndonesiaBuka : Senin – Sabtu, Jam Operasional 08:00 – 16:00 (Minggu/Tanggal Merah Libur)

Untuk Pemesanan secara online dapat dilakukan dengan menghubungi salah satu staff admin Koleksikikie mmelalui akun Whatsaap kamiTELKOMSEL : 0813.8888.7080 (Elok)XL : 087.88.222.7080 (Lutfi)INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon)

Jan 19

Tips Membuat Caption di Instagram

Kenapa membuat caption sering terasa sulit?ternyata alasan utama terjadinya hal ini dikarenakan kita masih belum bisa membayangkan siapa yang sedang kita ajak bicara. Jadi sama sekali bukan karena kita gak bisa nulis, Semua bisa Menulis!!! hanya saja kadang kita gak tau harus nulis apa..

Ketika kita bisa membayangkan sosok yang akan kita ajak bicarakita akan lebih mudah menentukan :

gaya bicara (mau resmi, santai, akrab, sopan) panggilan (gaes, sobat, gan, jeng…) topik obrolan (ngomongin layangan putus sama ibu2 akan lebih pas dibanding membahas tema NFT atau kriptocurency)

Maka saat akan menulis, bayangkan aja kita sedang akan mengajak orang berbincang-bincanglalu tuangkan kalimat obrolan kita dalam tulisan. Cara lain yang bisa membantu, kita bisa rekam percakapan di benak kita itu, untuk kemudian di ketik ulang di caption.

Nah Cuma ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga ketika menulis caption yaBERIKUT HAL YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH DIPOSTING DI AKUN DAGANGAN :

Orang suka Story Telling, namun jangan terlalu panjang bertele-tele, karena akan membosankan. Buat 1 pokok pikiran dalam satu paragraf. Gunakan kalimat2 pendek agar mudah diingat. Yang terlalu panjang dan gak rapi biasanya bikin mata mudah sakit saat membaca. Hindari Membahas Topik SARA di akun dagangan, kalo bisa angkat topik yang tidak berpihak lah, yang umum2 aja Hindari Bicara Negatrif tentang kompetitor apalagi pelanggan, sekesel apapun kita 😅 karena ga ada yang abadi ya, teman yang nyebelin pun suatu saat bisa jadi pelanggan… maka kalo dia nyebelin tahaaan…. Tutup dengan Kalimat Call To Actionajak mereka ngasih komen, nangepi, atau pesan..tapi di variasikan yaa jangan sama terus nanti orang bosan Perhatikan Jam Postingan, catat kapan postingan kita mendatangkan respond yang tinggi… kapan sepi Tambahkan Hastag yang relevan dengan isi postingan 11-15 buahterlalu banyak bisa berisiko kena shadow banned, disamping juga akan tampak mengganggu dan gak cantik.

TULIS HARGA ATAU TIDAK TULIS HARGA?sebelum memutuskan sebaiknya kenali tujuan dan kendala yang kita miliki

kalau kita cukup punya banyak energi untuk berbalas pesan, lebih baik harga tidak dicantumkan.tapi setiap ada orang yang nanya harga, jangan langsung dijawab.Sapa dulu, perkenalkan diri kita, tanya siapa namanya, tinggal di kota mana, save datanya di contact hape!!jadi kalo pun misal dia gak jadi beli, kapan2 bisa kita tawari lagi produk kita yang lainnya.

Namun saat kita sudah kepayahan ngurusidagangan, mulai dari belanja bahan, proses produksi, dan suka stres kalo ada yang chat panjang, buat nanya2 aja tapi gak ada kepastian beli. TULIS HARGA DI BAWAH FOTO!!kenapa? karena yang menghubungi kita adalah orang yang sudah memiliki kemampuan beli sesuai harga yang tercantum di foto tadi, sehingga angka gagal bayar lebih rendah dibanding mereka yang masih baru akan nanya2 harga dari produk yang kita posting.

Jadi mau pasang harga atau gak pasang harga keduanya merupakan pilihan ya, dan bisa diterapkan, disesuaikan saja dengan kondisi kita masing-masing.

Berbagai Tips lain bisa ditemukan di kelas jualan online bareng kikie

Jan 12

Mengelompokkan Produk, Meningkatkan Penjualan

Bayangkan ketika kita pergi ke Supermaket, dan menemukan barang yang dijual, tidak diletakkan tanpa sistem pengelompokan yang tepat. Sabun dijadikan satu dengan minyak goreng dan mie instant karena namanya dimulai sama-sama dengan alfabeth A … duh kebayang yaa gimana mumetnya. Mungkin malah keluar dari sana ga jadi beli apa-apa.

Demikian juga saat toko online kita, memajang barang tidak dengan sebuat sistem pengelompokkan yang tepat, bisa dipastikan angka penjualan akan berjalan lebih lambat. Karena tak jarang orang membatalkan pesanannya ketika dia merasa :– ongkir terlalu mahal untuk membeli 1 barang yang diinginkanseandainya ada barang yang sejenis, dalam warna atau ukuran beda, bisa dibeli sekalianmungkin calon pembeli ini justru akan langsung melakukan pembayaran. Karena mereka merasa, ongkirnya dibebankan untuk banyak produk sekaligus.– barangnya lucu, namun pembeli menginginkan produk dengan harga lebih murahkita bisa langsung saja marah, katrena menganggap calon pembeli ini tidak serius, atau langkah lainnya adalah menawarkan produk sejenis namun dari bahan baku berbeda yang lebih terjangkau harganya. Ketika kita tidak pernah membuat sistem pengelompokkan barang, dan mengenali inventaris kita, sangat susah untuk melakukan cross selling, atau menawarkan barang lain.– ketika sudah suka satu jenis barang, orang cenderung mengoleksi yang serupamaka ketika kita sudha bisa mengenali kesukaan dari pelanggan kita, akan mudah sekali mengajak mereka membeli produk serupa/mirip-mirip dengan yang biasa dibeli.

Jan 03

Catatan Harian Untuk Meningkatkan Usaha

5 Alasan Kenapa Kita Butuh Catatan Harian Untuk Menjalankan Usaha

Catatan Usaha, sangat penting bagi bisnis rumahan yang masih memiliki banyak keterbatasan baik di bidang modal, waktu, juga tenaga kerja. Catatan-catatan ini meski awalnya tampak sederhana, namun bisa membantu pemilik usaha untuk mengelompokkan pekerjaan, dan bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Berikut 5 Fungsi Catatan Usaha untuk Bisnis Rumahan1. Sebagai Raport Untuk Mengenali PencapaianKetika usaha masih kecil, kita kerap kesulitan mengenali kemajuan yang sudah berhasil dicapai (saking kecilnya kemajuan tersebut hehehe). Namun harus disadari sekecil apapun, kemajuan tetaplah hal penting yang harus diapresiasi, dan bisa menjadi motivasi kita untuk bertahan dalam bisnis yang kita jalani. Catatan-catatan ini bisa membantu kita membuat flashback, dan menghindarkan kita dari perasaan “Kok Udah Usaha Lama masih Kaya gini-GIni Aja”2. Pengingat Untuk Melakukan Hal PentingKarena kesibukan sebagai ibu, istri dan lainnya, kadang sudah ditaruh di depan mata masih suka kelupaan ya. “Nanti kirim paketnya sekalian pas jemput ke sekolahan ah” Pas sampe di sekolah, baru inget paketnya masih di meja makan hehehee.. dengan adanya catatan, kita bisa meminimalisasi terjadinya kekeliruan. 3. Agar Bisa Fokus Sama TujuanSaking banyaknya yang harus dikerjakan dalam satu hari, kadang kita seperti kehabisan waktu buat mengerjakan banyak hal sekaligus. Daftar “to do list” membantu kita lebih fokus sama yang wajib2 dulu.4. Membuat Kerja Lebih Efektif dan EfisienKarena sudah mengenali kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam sehari, biasanya kita sudah mulai bisa mengelompokkan hal-hal yang mirip untuk dikerjakan di waktu yang sama sekaligus.5. Membantu Membuat Keputusan di Masa DepanCatatan berbagai kejadian dan keputusan yang kita punya saat ini sebenarnya akan membuat pola pada bneberapa hal yang berulang, ini akan membantu kita memprediksi beberapa hal yang akan terjadi berdasarkan bukti empiris yang terekam di catatan.

Hal-Hal yang harus diCatat, pada Catatan Harian1. Mencatat Hal yang sudah dilakukanMembuat catatan harian hal yang dilakukan setiap hari, akan membantu kita mengelompokkan pekerjaan harian.Dari catatan ini nantinya kita bisa mengetahui, mana pekerjaan yang bisa kita delegasikan/minta bantuan orang lain, dan mana yang harus dikerjakan sendiri.

– Upload Foto Produk di IG dan WA Story– Posting Story Produk Ready– Kirim Paket Orderan kemarin ke JNT– Pesan Bahan untuk Orderan Diana di Bekasi– Bales Komen di Postingan kemarin– Browsing Harga Packaging Murah di Shopee

Awalnya kegiatan ini akan terasa sulit dan berat.Lakuan terus menerus tanpa putus selama 100 Hari maka akan menjadi kebiasaan baik yang membantu kita me-review usaha.

2. Mencatat Penjualan Yang TerjadiMembuat catatan penjualan meliputi :– Nama, Telpon dan Alamat Pelanggan.– Catatan order/pemesanan barang. Pastikan tanggal berapa produk akan selesai dan siap dikirim– Info pembayaran, bukti transfer, cek di mutasi rekening– Foto produk yang akan dikirim sebagai konfirmasi kepada pemesan sekaligus sebagai cek dan ricek– Catat Nomer Resi Pengiriman– Dapatkan Informasi Tambahan tujuan pemesanan misalnya : Untuk Hadiah, dipakai sendiri, dijual lagi (informasi ini akan sangat membantu kita saat akan melakukan promosi di masa yang akan datang.

3. Mencatat Pembelian Modal UsahaMembuat catatan belanja modal meliputi– Nama Toko Penjual, contact/telfon– Catat berapa lama suplier merespon pemesanan– Tempelkan Nota Belanja atau simpan nota belanja pada folder yang mudah kita lihat ulang– Simpan Nomer Rekening dan Bukti Pembayaran– Catat Metode Pengiriman Barang– Buat highlight produk apa yang bagus dari toko ini, ubtuk memudahkan kita melakukan repeat order di masa yang akan datang

4. Update Data Base PelangganDari Catatan Penjualan yang sukses terjadi, kirim ucapan terimakasih kepada pelanggan yang sudah melakukan transaksi. Simpan Nomer Telpon, Nama Pelanggan di Contact Hape Kita.Lengkapi dengan info Alamat, Jenis produk yang digemari, dan Biaya Pengiriman untuk memudahkan apabila terjadi repeat order di masa yang akan datang.

5. Catatan Rencana Yang Harus DilakukanSeringkali saat melayani pembeli kita mendapatkan pertanyaan sulit yang belum bisa kita jawab langsung.Daripada menjawab tidak tau, coba minta waktu untuk melakukan riset dan mencari jawaban yang membantu pelanggan tersebut. Hal-hal ini bisa kita catat di catatan harian sebagai hal yang harus kita lakukan.

Termasuk ketikla kita menjumpai informasi menarik, promo, produk yang berpotensi mendatangkan keuntungan, Buat Highlight pada catatan untuk bisa kita pelajari lagi. Agar tidak lupa, sertakan juga tenggat waktu, batas akhir kapan kita harus melakukan tugas tersebut. agar lebih terarah dan terukur, tidak berkesan hanya keinginan semata.

Tips dan Catatan Lain bisa dipelajari di Kelas Jualan Online Bareng Kikie 2022

Jan 02

Tak Kenal Maka Tak Sayang *Tips Memperkenalkan Diri Bagi Pemilik Usaha Online Rumahan

Koleksikikie, Berbisnis Aksesoris dari Rumah

Pentingnya Memperkenalkan Sosok Pemilik Bisnis Online Rumahan Saat akan memulai usaha, sangat wajar apabila kita kerap merasa kurang percaya diri dan malu untuk menampilkan sosok kita. Hal ini terjadi karena umumnya kita masih belum yakin benar, bahwa usaha online yang kita jalani akan mendatangkan keberhasilan. “Masih Baru Belajar nih”“Usaha Kecil-kecilan aja sih”“Cuma baru Coba-Coba kok”beberapa kalimat diatas seringkali menjadikan kita enggan untuk menceritakan tentang diri kita, saat memulai usaha.

Namun harus disadari dengan modal keuangan yang umumnya cukup minimalis untuk skala usaha rumahan, maka trust/kepercayaan orang pada sosok kita merupakan modal penting yang dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan usaha yang kita punya, dan menarik minat mereka untuk melakukan transaksi di toko online kita,

Berikut ini beberapa Manfaat yang akan kita dapatkan, dengan memberanikan diri tampil di halaman Toko Online kita, diantaranya :– Meningkatkan Trust/ Kepercayaan Calon PelangganBisnis di dunia maya kerap dekat sekali dengan tipu-tipu, sering terjadi karena orang tidak bisa mengenali siapa sosok yang diajak bertransaksi. Memperkenalkan diri kita sebagai pemilik usaha, adalah salah satu cara cepat membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis yang baru kita rintis.Kalau teman-teman mengamati, beberapa produk atau jasa terasa lebih mudah dijual melalui akun sosial media pribadi kita dibanding saat dipajang di Toko Online yang memang khusus dibuat untuk menawarkan produk/dagangan. Hal ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa orang lebih suka bertransaksi/memesan barang dari sosok yang dia kenal dan percaya.– Memotivasi DiriMemperkenalkan diri sebagai pemilik usaha, merupakan bentuk komitmen diri bahwa kita akan bersungguh-sungguh menjalankan bisnis ini. Ketika sosok kita tidak dikenali, kita cenderung lebih mudah berpindah dan meninggalkan bisnis tersebut dengan dalih “halah ga ada yang akan tau juga kalo kita tutup”Berbeda saat kita sudah membranding diri sebagai pemilik Toko Baju XYZ, menjual baju khusus Ibu Hamil. Ketika kita rajin menceritakan ttg usaha kita kepada orang lain, orang semakin cepat mengingat, dan pada titik kita ingin berhenti… merekalah yanga kan menjadi motivasi kita untuk kembali “Mbak kok sudah lama sih ga ada produk baju hamil terbaru di postingannya? tambahin lagi donk mbak” komen sederhana ini tentunya akan memberikan secercah harapan bahwa produk kita maish punya peminat.– Menjaga BrandDalam persaingan bisnis yang semakin kejam, tak jarang orang mencatut produk/merk yang tampak lebih maju dan laris. Namun percayalah bahwa pelanggan-pelanggan yang loyal akan dengan sigap menjadi polisi yang menjaga keberlangsungan usaha kita. Ketika mereka tau sosok yang berada di balik bisnis yang mereka percaya, mereka akan dengan sigap melaporan berbagai kegiatan yang terindikasi dapat merugikan brand kita.– Mengundang Investor Untuk Menanamkan ModalKetika kita menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh, auranya akan terpancar pada bisnis yang kita jalani. Tak heran kalau pada suatu titik akan ada orang yang berminat mewawancarai, bahkan menanamkan investasi pada bisnis yang kita jalani. Peluang ini bisa kita manfaatkan untuk membawa bisnis kita menjadi lebih sukses dan maju.

Cara Memperkenalkan Diri Sebagai Pemilik Usaha– Gunakan Prinsip “Less is More”Meski Memperkenalkan sosok diri kita sebagai pemilik usaha adalah penting, namun hindari untuk menjelaskan terlalu panjang sehingga malah membosankan. Sajikan informasi pendek secara bertahap agar orang menjadi lebih penasaran, dan terus ingin mengenal kita lebih dekat.Misal pada postingan minggu ini, ceritakan alasan kita menyukai bisnis yang kita pilihPada Postingan Minggu berikutnya, ceritakan bisnis yang pernah kita jalani dan gagal, bagaimana itu memberi motivasi untuk lebih bersungguh-sungguh pada usaha yang sekarang.Atau kita bisa juga memilih kisah ringan tentang kapan mulai usaha, cita2 kita kalau bisnis laris dsbManfaatkan postingan ini untuk menjalin hubungan dengan pelanggan secara online, membuat mereka mengenal kita lebih dekat.– Hindari Mencantumkan Informasi Pribadi yang Dapat DisalahgunakanMeskipun pembayaran secara online dilakukan melalui transfer bank, sebaiknya hindari mencantumkan Nama Lengkap dan Nomer Rekening Bank secara Online. Bila ingin memberi tau calon pelanggan daftar nama Bank yang kita punya, kita bisa menulis singkat “Pembayaran Bisa Dilakukan Melalui Bank BRI, BNI, BCA” Detail informasi cabang tempat bank berada, nomer rekening, nama pemilik rekening, cukup kita bagikan melalui percakapan pribadi dengan calon pembeli.– Foto Diri Penting Namun Tidak SelaluPahami bahwa fokus utama yang harus diingat orang dari toko kita, adalah produk yang dijual. Maka hindari memposting banyak foto selfie dengan tujuan untuk mengingatkan orang siapa pemilik usaha ini. Umumnya Wajah Pemilik Usaha dapat muncul di halaman postingan dengan Komposisi 1 : 12 setelah 12 foto produk ada foto pemilik usaha. Itu pun fotonya bisa divariasi seperti : foto saat beraktivitas, foto profil, foto bersama pelanggan dan kawan, foto saat memakai produk. Sehingga pelanggan tidak bosan dan malah terganggu dengan kehadiran sosok/foto kita.

Temukan Info dan Tips Lainnyadi Kelas Jualan Online Bareng Kikie 2022

Jan 01

Berapa Penghasilan yang Kita Inginkan?

Sebagai pemilik usaha online, salah satu hal yang paling sering kita ucapkan adalah pengen jualan laku!!hehehe betulll apa betul??Keinginan ini biasanya hadir dalam berbagai variasi kalimat, diantaranya“Pengen Jualan Laris”“Pengen Banyak Yang Beli”“Pengen Bisnis Makin Maju”“Pengen Usaha Tambah Besar”

InsyaAllah semua niat baik dan keinginan ini dimudahkan Allah SWT biar bisa terwujud ya.Tapi ketika kita gak bener-bener tau apa yang kita mau, sangat sulit loo untuk bisa menjadikan hal tersebut nyata.

Maka tahapan paling penting untuk membantu mewujudkan apa yang kita harapkan tadi adalah dengan mencari tau dan menggambarkannya sedetail dan serinci mungkin, sukses dan laris yang bagaimana yang jadi harapan kita. Karena percaya atau tidak, gak semua laris akan bikin kita hepi looLaris tapi kewalahan menuhin orderan, karena gak punya karyawankadang malah bikin kita marah2 sama anak dan suami.Sukses usaha, sampe punya ruko 3, dengan karyawan puluhan orangkadang malah nyusahin karena bikin kita kehabisan waktu bersama keluargauang banyak, tapi gak bener-bener bisa menikmati keberadaannya.

Pahami bahwa sukses, laris pada sestiap orang dan bisnis ini sebenernya memiliki makna yang luas dan pemahaman yang beragam. Seringkali ketika kita gak paham maksudnya, kita sendirilah yang sebenarnya menjadi penghambat utama dari terwujudnya cita2 tersebut.Misalnya :Pengen banget bisa ikut pameran, selalu rajin stok barang, tapi di sisi lain kita punya 4 anak yang masih sekolah online, dua diantaranya balita, ada sih embak yang bantuin di rumah, tapi gak bisa ditinggal sendiri karena meski orangnya baik dia juga masih remaja, dari desa, gak begitu ngerti cara pake komputer, jadi yah selama anak-anak membutuhkan ibunya di rumah gak akan mungkin sih bisa pameran.Atau bisa juga kita ingin punya usaha yang bermanfaat buat orang banyak, bisa menyerap tenaga kerja dari warga sekitar rumah kita, namun disisi lain kita jarang meluangkan waktu buat silaturahmi dengan orang2 yang tinggal di sekitar perumahan kita, kita juga belum tau apa ketrampilan yang mereka punya, dan kebutuhan yang ingin dicapai. Karena sangat sulit mengharapkan ibu-ibu yang rata2 istri karyawan Kantoran dengan penghasilan diatas 10juta, mau meluangkan wkatu buat kerja di toko kita dengan gaji harian 50rb-100 rupiah. Buat apa? orang ga kerja aja udah dapet uang saku dari suaminya lebih dari itu.

Kesuksesan usaha sendiri terbentuk dari 3 komponen dasaryakni :– Modal UsahaMakin besar modalnya makin besar potensi mendatangkan keuntungan yang lebih besar.KIta ambil contoh saja pengusaha dengan modal 1 juta rupiah, mengambil untuk 20% maka di akhir usaha uangnya akan menjadi 1.200.000 Keuntungannya 200.000Namun ketika modal usahanya 10 juta, 20%nya adalah 2 juta rupiahUang yang lebih banyak membuka peluang untung yang juga lebih besar, meskipun tak selalu begitu.– Kecerdasan dan Ketrampilan Pemilik UsahaSemakin berpengalaman dan piawai beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi berarti pelaku usaha mempunyai kecerdasan bisnis yang diatas rata-rata. Meski terbatas di bidang lain, biasanya kelompok ini mampu memanfaatkan kondisi sulit menjadi peluang usaha.– Waktu dan TenagaKadang Punya Modal dan Pengalaman Usaha, tapi gak punya waktu dan kehabisan tenaga untuk memulai sesuatu yang baru. Nah kelompok yang punya banyak tenaga dan waktu, akan bisa mencoba lebih banyak peluang, melatih skill dengan melakukan hal yang sama berkali-kali. Di satu sisi kemajuan bisnisnya mungkin tampak lamnbat, tapi dia adalah pebisnis tangguh yang terbentuk karebna latihan panjang, ketekunan dan kesabaran. Tangguh menghadapi berbagai kondisi.

Maka ketika kita ingin penghasilan besar, coba ukur ketiga point diatas terlebih duluBerapa persentase hal-hal tersebut kita milikiMisal kita menargetkan untuk mendapat penghasilan 5juta perbulanModal Uang Yang KIta Punya 1 JutaKetrampilan yang kita punya Membuat Bros mini Harga 25rbWaktu Untuk Bekerja Sehari 2 jam

dari potensi yang ada maka kita bisa mengetahui, kalau ingin dapet gajian 5 juta, kita harus bisa jualan 10juta(dengan estimasi keuntungan 100% dari penjualan produk yang kita berhasil buat)Kalau harga 1 barang 25.000 untuk bisa menjual 10.000.000 kita harus membuat 400 buahKalau sebulan kita punya hari kerja 20 x 2 jam = 40 jamMaka selama 40 jam ini kita harus bisa membuat 10 bros/jam(ini baru brosnya lho, belum motret, njual, mbalesin wa)Trus modal kita cuma 1 juta, untuk 1 juta rupiah kita bisa buat 80 brosbisa gak konsisten bikin 80 bros yang serupa dan gak coba2 bikin yang lainnya hehehe

Semoga gambarabn ini membantu teman-teman menentukan sukses seperti apa yang diinginkandengan memulai dengan menjawab pertanyaan sederhana“Berapa Penghasilan Yang Kita Mau setiap Bulan?”

Temukan berbagai Tips Lainnya di Kelas Jualan Online bareng Kikie 2022

Jan 01

Beberapa Pilihan Jenis Usaha Yang Bisa dilakukan dari Rumah untuk Ibu-Ibu

Pilih Jenis Usaha Sesuai Minat/HobiSaat menjalankan usaha yang kita minati, kita jadi punya banyak semangat untuk mengeksplorasi. Tidak mudah menyerah saat ada masalah dan selalu rindu untuk terus melakukan hal tersebut. Kondisi ini membuat kita menjalani pekerjaan yang tidak terasa seperti sedang bekerja. Namun kelemahan lainnya, pengusaha yang memilih bidang usaha sesuai minatnya, cenderung kurang bisa memahami kebutuhan dan minat pasar, fokusnya lebih banyak pada pemenuhan kebutuhan/selera diri, hal inilah yang kerap kali membuat usaha yang dimulai berdasarkan minat tersendat dalam perjalanannya. Keluhan dan Masalah Orang merupakan Peluang PasarKeluhan orang-orang yang sering kita temui, sebenarnya merupakan potensi lahirnya peluang bisnis.Gak sempat nyuci sepatu, adalah peluang usaha laundry sepatu.Punya banyak aksesoris yang rusak dan hilang kaitnya, potensi u membuka jasa reparasi aksesoris.Kebutuhan cemilan sehat untuk balita, peluang u membuka healthy snack buat anak.Namun butuh ketrampilan serta latihan yang banyak untuk bisa membaca masalah yang ada di sekitar kita sebagai sebuah peluang usaha. Mengikuti Trend Pasar untuk Memulai UsahaCoba buat survey sederhana, apa yang paling banyak dijual orang di sekitar lokasi kita. Info ini sebenarnya merupakan sebuah peluang bisnis yang bisa kita optimalkan. Jual aja produk yang sama dengan spesifikasi berbeda.Itulah kenapa kita sering sekali menjumpai pedagang nasi goreng yang berjejer hingga 5 gerobak di sebuah sudut, semua tampak sama-sama jualan nasi goreng, tapi masing2 pelanggannya akan tau dengan detail kalo yang gerobak kanan itu bumbunya lebih poedes, yang tengah kalo ngaish nasi banyak, yang paling kiri nasi gorengnya selalu dikasih acar. Dari sini kita belajar bahwa kadang cuma perlu memberikan spesifikasi yang khusus untuk produk paling banyak diminati di lokasi kita jualan. Bisnis yang Menyesuaikan Modal UsahaKadang kala kita punya banyak rencana, bisa melihat peluang pasar namun modal pas-pas an. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya fokus ambil satu produk yang memiliki perputaran lebih cepat, atau lebih mudah diserap pasar. Produk yang selalu dibutuhkan seperti ini biasanya marjin keuntungan yang bisa kita ambil kecil, namun setiap hari peluang terjadinya transaksi lebih besar. Ketika dalam perjalanan muncul permintaan yang diluar kemampuan kita, kita bisa menyikapi kondisi ini dengan mencari teman untuk kongsi dagang, kita bisa membantu menjualkan produk yang mereka buat dengan mengambil persenan. Memulai Usaha Warisan, yang sudah Biasa Kita Lihat dan lakukanKarena orangtua sehari-hari menerima jasa penjahitan baju di rumah, tanpa sadar kita melihat dan banyak belajar bagaimana usaha ini bisa berjalan. Daripada mencari sesuatu yang baru, manfaatkan kebiasaan ini untuk mengembangkan usaha yang ada dengan sentuhan kita. Misalnya selama ini produk yang disajikan luas sesuai permintaan pelanggan, ada baiknya kita menjalankan usaha yangs erupa tapi lebih fokus pada bidang tertentu, misalnya Usaha Jahit Seragam Kantor, atau Usaha Jahit Baju dari Bahan Kain Tradisional saja. Langkah ini lebih bijaksana dan mudah terukur dibandingkan harus memulai hal yang baru dari awal. Memulai Usaha Karena Peluang/Permintaan TemanKetika sedang bingung mau mulai usaha apa, tiba2 ada tawaran dari kawan untuk mengisi warungnya yang baru buka dengan makanan tradisional. Meski mungkin kita tidak memiliki pengalaman, peluang usaha ini bisa kita ambil dengan terlebih dahulu melakukan survey untuk mengukur kemampuan kita memenuhi peluang ini. Hitung untung ruginya, dan sampaikan hal ini kepada pemberi tawaran, agar ada kesepakatan dan pemahaman diantara dua belah pihak. Terus terang dari beberapa pilihan yang ada jenis usaha yang dimulai dengan cara ini paling rawan dan mudah berhenti di tengah jalan, namun sekali lagi saat tidak dijalani… kita gak akan pernah tau bagaimana peluang ini memberi dampak bagi kita. Memulai Jenis Usaha Apa SajaKelompok terakhir ini biasanya memilih bidang usaha tanpa alasan khusus, pokoknya usaha apa aja buat tambahan penghasilan,. Sepintas pilihan bisnisnya tampak sangat beragam dan seperti tidak ada perencanaan. Namun kelompok ini biasanya memiliki motivasi dan semangat yang kuat untuk menjalankan bisnisnya. Mereka tidak fokus pada produk atau pelanggan, mereka fokus pada bidang yang menghasilkan uang. Kelemahannya kelompok ini jadi tampak kurang konsisten dan terlihat sering berganti2 jenis bisnis, namun benang merahnya sama, selalu punya usaha sendiri. Meski selalu tampak punya penghasilan sebenernya kelompok ini menyia-nyiakan banyak waktu nya untuk memulai usaha-usaha baru tanpa fokus membesarkan dan merawat bisnisnya agar jadi jauh lebih berkembang.

Temukan berbagai tips menarik laindari Kelas Belajar Jualan Online Bersama Kikie 2022

Jan 01

Kelas Belajar Jualan Online 2022 bersama Kikie

Riski Hapsari, Pemilik www.koleksikikie.com

Tahun ini Koleksikikie kembali membuka Kelas Belajar Jualan Online bareng Kikie. Kelas serupa pernah dibuka di Tahun 2016 dan Alhamdulillah telah menghasilkan lulusan yang tangguh dan sukses berbisnis aksesoris.

Fokus materi sharing di kelas ini hanya akan membahas langkah2 yang bisa kita siapkan untuk lebih mantap berjualan secara online. Kelas ditujukan untuk teman-teman yang ingin memperdalam teknik dan skill jualannya.

Pendaftaran Terbuka u semua Alumni KBO7hari.Link Pendaftaran bisa didapatkan berikut ini :https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeL8P0TfgmowttuiPOzeH-N2iRbJb50I7OYLG31lGcoGcJ-yg/viewform?usp=pp_url

Kelas ini Mengandung Tugas yang Banyak ya 😅😆🙏Jadi buat teman-teman yang berminat untuk mendaftar harus mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh sebelum Ikutan. Kumpulkan niat, bulatkan tekad, supaya bisa terus semangat.

Tugasnya akan hadir berupa lembaran2 google form berisi pertanyaan yang harus diisi oleh teman2 lalu didiskusikan bersama pada sesi tanya jawab yang dibuka setiap malam Selasa, Rabu dan Kamis mulai jam 7 sd 9 malam WIB.

Bagi yang sudah mendaftar namun karena suatu hal dan lainnya gagal mengumpulkan tugas di kelas dipersilahkan u left grup atau akan di remove untuk dinyatakan tinggal kelas hehehe 😅🙏😆

Sehingga pada sesi terakhir yang tersisa hanya teman2 yang memang selalu setia semangat dan rajin mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yg diberikan.

Apa saja sih Pertanyaan yang akan diajukan di kelas ini?

Kelas ini akan mengajak teman-teman u lebih mengebali potensi, kendala dan kekurangan yang dimiliki pada 3 tahap, yakni :– Pengenalan Diri– Pengenalan Produk– Pengenalan Pasar

Pada tahapan pengenalan diri ini sebenernya kita akan diajak mencari tau ttgsiapa kita.

kenapa milih usaha ini kita tuh pengen penghasilan berapa sih berapa jam yang bisa kita luangkan u bekerja saat dijalani kita punya kendalan apa apa yang unggul dari kita modal apa yang kita punya lokasi kerja kita dimana support system kita siapaKalau pertanyaan2 ini bisa kita jawab, maka kita akan lbh mudah menyusun target yang ingin dicapai

pada tahapan pengenalan produk isinya ttg

apa produk yang kita jual kalo dikelompokkan ada berapa jenis barang dagangan kita ada berapa macam ukurannya pilihan warnanya bagaimana apa keunggulan barang kita dijual di harga berapa barang2 ini berapa lama proses pembuatannya siapa yang membuat produk ini bagaimana packagingnya apa yang masih kurang dan harus ditingkatkanpapan produk ini akan membantu menjaga kita tau arah dan tujuan dan terhindar dari adegan bikin aksesoris yang lagi mood kita buat padahal sebenrnya kita tau sih ga ada yang minat 😆😆

Terakhir Pengenalan Pasar akan membantu kita mengenali

siapa yang kita harapkan membeli barang kita bagaimana cara kita memasarkan produk ini apa saja channel pemasaran yang kita punya promosi apa yang kita sudah lakukan bagaimana rencana iklan kita, berapa anggaran yang kita alokasikan

Hal hal ini akan membantu kita menyusun rencana kerja dan strategi u menjalankan usaha di bulan berikutnya.

Nah setelah membaca info ini mudah2an tercerahkan dan bisa membayangkan apa saja yg akan bareng2 kita jalani di kelasnya.. 🤗😘❤

Pendaftarannya saya buka sd senin besok ya..Bagi yang terpilih akan saya kirimi link WA u masuk grup pada hari Rabu 🤗🤗😘😘

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu