Home Pageceloteh kikieBerkreasi Membuat Liontin Wire

Nov 18

Berkreasi Membuat Liontin Wire

Awal bulan ini,saya menerima kiriman setumpuk batu druzy dari seorang kawan. Untuk dikirimkan ke Belanda
“Tolong ya kie jadikan liontin”
“Eh modelnya gimana?”
“Terserah kamu aja… aku percaya sama kamu”
Eaaa…. langsung panas dingin

Ya gimana gak panas dingin ya prend, walaupun saya jadi tukang manik-manik sejak 2007 tapi yang namanya wire working… ngelilit batu druzy pake kawat ya baru-baru aja bisa. Itu pun teknik yang bener-bener saya kuasai dengan baik cuma ada dua ajaaaahhhh….
Yang nomer satu, bikin liontin kawat sederhana

tutorial-membuat-liontin-sederhana

Yang nomer dua, bikin liontin model curly

tuorial-membuat-liontin-curlyAkhirnya mulailah bereksperimen dnegan batu yang ada, sekardus kue tepatnya… alias 27 piece batu whooohohohooo… plus janji suci, kalungnya akan jadi dalam waktu seminggu.
Maka inilah hasil kreasi dengan batu-batu itu prend

Liontin Kalung yang dikembangkan dari teknik Liontin Wire Sederhana

kalung-mutumanikamModel yang ini hanya menggunakan satu buah batu saja, lalu diikat dengan tali. Proses pembuatannya gak jauh beda sama tutorial, jadi tidak ada pengembangan yang berarti di model ini

kalung-druzy kalung-druzy-2nah yang di atas ini sudah mulai agak rumit =D Gara-gara batunya banyak dan waktunya sedikit, dua batu dijadikan satu liontin… dengan tujuan mulia, semoga orderan bisa cepet jadi wkwkwkwk….
pada teknik ini, kawat yang dip[akai untuk rangka, saya potong lebih panjang dari ukuran biasa… jadi sebagai patokan, panjangnya 7 – 8 kali panjang 2 batu ketika di jejer dua. Kemudian ikat dulu bagian bawahnya, dilanjutkan dnegan batu di bagian atas, setelah terikat sempurna, buat kait liontin, lalu sisa kawat di uwer di sisi rangka kalungnya =D

kalung-batu-druzy-02 kalung-batu-druzy-002Nah ketika waktu semakin mepet, terciptalah si susun tiga inih… wkwkwkwk… Kebetulan ada satu druzy hitam besar dan 2 druzy hitam yang ukurannya lebih kecil. Maka diikat model “V” Caranya juga hampir sama dengan pas ngiket batu susun dua, tapi bedanya, jumlah kawat yang dipakai buat ngiket di perbanyak prend… jadi 4 lapis kawat. Batu yang besar diikat dengan 4 kawat… batu kecil kanan dan kiri hanya diikat dengan 2 lapis kawat, tapi karena kawat sisanya panjang, nantinya sisa kawat akan jadi uweran yang menutup batu =D

Tapi ada kalanya juga teknik ini justru tampil sangat sederhana tanpa uweran, yakni ketika si batunya sendiri sudah kinclong banget… kebanyakan uweran, malah menutupi keindahan batunya. Jadi khusus u batu putih ini, saya ikat dengan teknik liontin sederhana, tapi tanpa banyak uwer di samping-sampingnya.

kalung-wire
Liontin Kalung yang dikembangkan dari teknik Liontin Wire Curly
kalung-mutu-manikam
yang di liontin ini tekniknya sama aja kaya di tutorial, beda di batu… kalo yang diatas pake batu druzy yang indah sekaliiiiii… duh kok ada ya batu bagus banget gini warnanya. gak hijau tapi juga gak biru….
Eksperimen dimulai ketika nemu batu yang bentuknya segitiga

kalung-batu-druzy-003di tutorial yang saya buat, tempat kait tali selalu ada di sudut batu. sehingga memudahkan kita saat membuat pola rangka, nah baru kali ini saya bikin di tengah-tengah… kuncinya ada di langkah awal saat membuat rangka liontin dnegan kawat 1mm, ikat simpulnya justru di salah satu sisi panjang batunya, lalu uwer melingkar permukaan kawat seperti biasa (sesuai petunjuk dalam tutorial)

Batu berikutnya ada juga yang bagusss banget, warna orange…
nah khusus u batu ini, saya bikin teknik mengikat di dua sisi

liontin-druzyIni juga teknik yang baru pertama kali saya bikin prend, kuncinya juga di rangka. 4 kawat tutup di sisi atas batu, 4 kawat di sisi bawah batu, lalu pertemuannya diikat untuk dijadikan tempat kait tali… lakukan pada ke dua sisinya. kemudian bagian panjang kawatnya di uwer menutupi rangka.

Dan alhamdulillah kalung-kalungnya jadi dalam waktu seminggu =D
dan yang pesen juga bahagia lihat hasil jadinya…..
Saya sendiri lebih bahagia, karena dua teknik sederhana yang saya kuasai ternyata bisa dikembangkan jadi banyak model justru di saat-saat kepepet hihihihihi….
maka sesungguhnya, keterbatasan itu menumbuhkembangkan kreatipitas kawan-kawan…

Mau mencoba mengembangkan teknik ini juga kawan…
bisa beli tutorialnya di koleksikikie dengan harga Rp 50.000 sudah termasuk bahan, sehingga semua yang membaca buku bisa langsung praktek materi sesuai step by step yang ada di dalamnya.

tutorial-liontin-sederhana tutorial-liontin-curlyNantinya tinggal ganti batu, di kreasikan sedikit bisa jadi macem-macem model deh prend =D Bahannya juga nggak sulit di dapatkan, kawat yang digunakan berupa kawat alumunium ukuran 1mm dan 1.5mm.
Untuk pemesanan bisa langsung email kita di koleksikikie@gmail.com (kie)

Tags: , ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu