Tutorial Membuat Kalung Etnik

Materi tutorial kita kali ini menggunakan bahan tali sepatu warna coklat dan ornamen nuansa emas bakar. Batuan warna-warni dipilih untuk mempercantik tampilan kalung ini.

bahan-kalung-etnik

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagaimana berikut ini :

1. Tali sepatu warna coklat, potong dua bagian sama panjang sesuai selera. Pada tutorial ini saya menggunakan tali sepanjang 90 cm yang dibagi menjadi 2 (@45cm)
2. Batu bulat 8mm sebanyak 5 butir
3. Headpin emas bakar 5 butir
4. Ring emas bakar 9-15 buah
5. Klep tali ukuran 0.5cm
6. Kait udang (untuk rali kalung)
7. Pembatas ukir emas bakar 4 buah
8. Liontin besi mini ukir warna emas bakar 1 buah
9. Topi kelopak 4 warna emas bakar 5 buah

Peralatan yang digunakan berupa tang set isi 3, sebagai peralatan dasar dalam membuat berbagai kerajinan aksesoris berbahan manik-manik.

Langkah Pembuatannya adalah sebagaimana berikut ini

[viral-lock message=”Like atau Share untuk Tutorial lengkapnya” url=”http://www.facebook.com/koleksi.kikie”]

1. Memasang Batu Pada Liontin Mini Ukir

langkah-01 langkah-02

caranya : ambil batu ukuran 8mm, masukkan ke dalam headpin. Lalu ikuti dnegan memasukkan topi kelopak 4, masih pada headpin yang sama. Buat loop di ujung headpin, dengan menggunakan tang round nose (berujung bulat)

 

langkah-03 langkah-04

Lalu pasang batu yang sudah di rangkai di headpin tersebut, pada liontin besi mini ukir. Lakukan langkah yang sama pada keempat sisa batu yang lainnya, hingga semua manik batu bulat 8mm terpasang sempurna pada liontin mini ukir seperti tampak pada gambar diatas.

 

2. Memasang Tali pada liontin besi mini ukir

langkah-05 langkah-6

Setelah liontin mini ukir siap, masukkan tali sepatu yang sudah dipotong menjadi 2 bagian ke dalam lubang liontin. Biasanya setelah digunting, ujung tali akan menjadi semakin lebarkarena benang-benang yang menjalin tali menjadi terburai, agar ujung tali mudah dimasukkan ke dalam lubang liontin, kita bisa menggunakan bantuan selotip yang dipasang dibagian ujung tali.

langkah-07 langkah-08

Setelah tali terpasang di bagian belakang liontin, pada masing-masing bagian tali tambahkan pembatas ukir warna emas bakar. Fungsinya sebagai ornamen mempercantik tali. Hasil akhirnya akan tampak seperti pada gambar diatas.

 

3. Memasang klep ujung tali agar membentuk rangkaian kalung.

langkah-09 langkah-10

Setelah manik-manik pembatas ukir terpasnag ditali, potong ujung tali yang berselotip. Usahakan panjang sisi kedua tali ini sama panjang, agar tampak rapi saat dipasang klep. Jepit klep agar kuat, lalu pada bagian ujungnya tambahkan dengan ring warna emas bakar (agar senada dengan warna liontin dan klepnya)

langkah-11 langkah-12

Ring ini berfungsi untuk memasang kait udang di satu sisi, dan pada sisi yang lain bisa ditambahkan banyak ring, agar kalung bisa diperbesar/dikecilkan sesuai selera kita. Kalung etnik pun sudah jadi dan dapat digunakan mempercantik tampilan kita. Oh iya, kalung ini juga bisa dijadikan headband loh bagi mereka yang berkerudung, tambahkan peniti pada sisi kanan dan kiri untuk disematkan ke dalam ninja/dalaman kerudung kita. Selamat mencoba yaa (kikie)

 

Kalung-etnik

 

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
Bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft koleksikikie.com.   Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

Pemesanan bahan-bahan  dapat melalui whatsapp cukup klik: admin 

atau langsung datang ke workshop kita di :
Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293

Buka senin sd sabtu jam 8.00-17.00
Happy Shopping All

[/viral-lock]