Tutorial Membuat Cincin Wire Batu Kerikil

e-book-cincin-2

Yuk bikin aksesoris dari batu kerikil
batu kerikil atau yang sering disebut juga sebagai batu pecah dapat dirangkai menjadi beragam aksesoris. Caranya, pertama batu dirangkai terlebih dulu dengan menggunakan kawat super. Yang detailnya dapat dilihat juga pada link berikut ini https://blogkoleksikikie.wordpress.com/2013/03/20/membuat-bros-tanpa-sarangan/

membuat bros koleksikikie

gambar di atas adalah step by step membuat bros tanpa sarangan. Lhoh kok mau buat cincin malah belajar bikin bros kie? karena sebenernya yaaa… awal mula cincin ini jadi, karena mau bikin bros trus gagal… eh malah dijadikan cincin deh wkwkwkwkw…. gak mau rugi banget yeee….
tapi pelajaran berharganya justru : jangan buang barang gagal kita sahabat, karena sapa tau bros yang gagal itu malah bisa dijadikan cincin ca’em *ngeleeesss…..

Nah kalau bros sederhananya sudah jadi, langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan-bahan u membuat cincin, bahannya kurang lebih seperti gambar berikut ini :

bahan-2

setelah bros setengah jadi siap, bahan lain yang harus disiapkan untuk membuat cincin adalah
1. mandrel (Rp 40.000 bisa dibeli di koleksikikie)
2. tang potong (sekalian aja beli satu set isi 5 harga 60.000 ajah)
3. tang putar atau round nose plier
4. kawat dengan ketebalan 1 sd 1.5mm (ini 5 meter harganya 15.000 bisa di beli di koleksikikie juga prend)
selanjutnya, langkah pertama adalah :

cara-1

potong kawat kurang lebih 30 cm, tekuk jadi dua sama panjang, lilitkan di mandrel sekitar 2 kali (seperti gambar di atas)

e-book-cincin-3

lalu lilitkan kawat bros (yang silver berukuran 0.4) melingkari rangka cincin yang sudah kita buat tadi, pasang melintang dibandingkan posisi ring (perhatikan gambar).

cara-4

Lalu tarik sisa kawat yang kita gunakan untuk membuat ring cincin tadi melingkari rangkaian bros. Lakukan pada kedua sisi

cara-5

Bikin loop pada akhir lilitan kawat agar tampak cantik dan rapi. Lakukan hal yang serupa pada kawat di sisi yang berlawanan. Bila ingin menambahkan lilitan, ambil kawat tambahan sepanjang 20 cm, lalu selipkan kawat diantara bros dan rangka cincin (seperti gambar berikut ini)

cara-8

Lalu lilitkan lagi bagian kawat yang panjang mengelilingi bros, buat loop berbentuk spiral untuk mengakhiri lilitan kawat.

cara-10

Dan jadi deh cincinnya….
akan lebih baik lagi kalau batu yang kita gunakan u membuat bros, tidak hanya terbatas pada batu chip saja. Karena batu kerikil/chip memiliki tekstur yang gak seragam biasanya rangkaian kawat 0.4nya akan mudah terlihat, jadi harus sangat hati-hati dan telaten sekali mengatur kawat. Cara lainnya untuk mengakali kondisi ini adalah memakai kawat ukuran 0.4 yang memiliki warna senada, sehingga walaupun kawatnya keliatan, tapi justru bisa memberi nilai tambah pada tampilan cincin secara keseluruhan. Selamat Mencobaa…. (kie)