Membuat Kalung Tali Temali

Ada berbagai macam teknik yang bisa kita gunakan untuk membuat kalung. Diantaranya yang paling mudah dipraktekkan di rumah adalah kalung berbahan dasar tali temali. Ingin mencoba membuat sendiri di rumah? mari ikuti step by step pembuatannya ..

Bahan dan Peralatan

bahan

Peralatan yang dibutuhkan berupa :
1. tang flat nose, atau dikenal juga dnegan sebutan tang cucut dalam rumah tangga
2. gunting, sebaiknya pilih gunting kain karena gunting jenis ini memiliki ketajaman maksimal untuk memotong tali sehingga hasil akhirnya rapi.
3. lem tembak, mudah digunakan, harganyapun menjadi lebih ekonomis dibandingkan lem dalam kemasan<br/

Bahan yang dibutuhkan :
1. Tali sepatu (atau tali berbahan dasar lain sesuai selera)
2. Ring Plastik dengan dua lubang, diameter ring 1.5 cm
3. Cap/Ropi plastik dnegan kuping waena silver sebanyak 2 buah
4. Kawat ukuran 0.4mm
5. Kait udang/lobster claps
6. Ring silver ukuran 0.6
7. Headpin silver panjang 5cm
8. Batu alam untuk liontin.

LANGKAH PEMBUATAN dibagi menjadi beberapa tahapan, yakni:

 

1. MEMASANG BATU untuk Liontin

memasang-batu

Caranya : ambil headpin silver panjang, masukkan batu ke dalam headpin, lalu masukkan ke dalam ring. Dengan bantuan tang flay nose, buat loop di arah bagian dalam ring. Nantinya batu akan terpasang pada ring seperti tampak pada gambar di atas.

2. MENGIKAT TALI

memotong-tali

Ambil tali dan potong sesuai panjang yang kita inginkan. Pastikan lebar/tebal tali akan sesuai dnegan ukuran cap yang akan kita gunakan. Sebelum memasang cap/topi pada kedua ujung tali, sangat penting untuk membuat ujung-ujung tali terpotong rapi sama panjang. Lalu diujung yang sudah rapi ini, kita jadikan satu dengan menggunakan kawat 0.4mm, pastikan ketebalan tali sesuai dengan lebar topi/cap yang akan kita gunakan. Rapikan kawat, dan sembunyikan ujungnya agar tidak melukai.

3. MEMASANG CAP/TOPI pada ujung-ujung tali.

memasang-cap

Selanjutnya adalah saat yang cukup rumit, pada ujung tali bubuhkan lem bening. Masih dalam keadaan basah, cepat-cepat pasang topi, tahan terus hingga lem mengering. Kemungkinan akan ada lem yang keluar dari topi dan tumpak mengelilingi pinggiran cap. Biarkan sampai dingin dan mengeras, lalu kelupas bagian yang keluar tadi dengan menggunakan ujung kuku yang tajam.

4. Memasang Liontin pada Tali

memasang liontin pada tali

Sebelum kedua ujung tali ditutup dengan cap/topi, masukkan ring-ring plastik ke dalam kalung. Pada bagian tengah masukkan ring yang sudah dipasangi batu, lalu tutup lagi dnegan ring yang memiliki komposisi yang sama dengan ring yang sebelumnya. Sehingga kalung akan tampak sebagaimana gambar berikut ini.<br/

memasang-batu-liontin

5. Memasang Kait Udang/Pengunci Kalung

memasang kait udang

Gunakan tang untuk membuka ring, ketika ring dalam posisi terbuka pasnag kait udang. Lalu rapatkan kembali ring. Pada sisi yang berlawanan, ulangi langkah menbgikat tali dengan bantuan kawat ukuran 0.4 lalu tutup dengan cap yang sama. Kalung pun akan siap digunakan.

memasang-klep

Catatan KIKIE

Cap/topi jenis yang kita gunakan pada tutorial ini, tidak dilengkapi dengan lubang. Sehingga kekuatannya akan sangat tergantung pada pemilihan lem yang kita pakai untuk merekatkan tali. Sebaiknya pada jenis kalung seperti ini, kita tidak menggunakan liontin yang terlampau berat.

cap-plastic-silver

Bagaimana kalau kita ingin bereksperimen membuat kalung dengan pilihan manik yang beragam dan lebih berat? pilih cap yang dilengkapi dnegan lubang. namun biasanya cap jenis ini tidak memiliki kuping untuk memasang ring. Maka tahapan cara pembuatannya, setelah tali diikat dengan kawat 0.4, pada kawat sisipkan eyepin, lalu tutup dengan topi/cap gelas dengan lubang. Lalu potong eyepin sesuai selera. Nah di loop yang terbuat dari eyepin inilah kita pasang ring atau pengait gelang/kalung.

klep-gelas-silver

 

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
Bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft koleksikikie.com.   Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

Pemesanan bahan-bahan  dapat melalui whatsapp cukup klik: admin 

atau langsung datang ke workshop kita di :
Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293

Buka senin sd sabtu jam 8.00-17.00
Happy Shopping All

[/viral-lock]