Membuat Kalung Tali Etnik

kalung-etnik-taliSahabat, yuk bikin kalung sendiri di rumah
Kalung Etnik tali ini cara pembuatannya sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan baku utamanya menggunakan ornamen plastik kayu, bahan baku terbaru yang ada di Koleksikikie.com minggu ini.

Ornamen plastik kayu sendiri adalah, ornamen/bahan pelengkap rangkaian kalung,  yg menggunakan material plastik dengan nuansa warna kayu yg etnik. Bahan ini ringan, awet, dan tidak berubah warna. Cocok u digunakan sebagai liontin kalung, ataupun ornamen hiasan pada baju. Warna kayunya cocok untuk dipadukan dengan batu alam, resin ataupun glassbead. Pilihan desain yang tersedia antara lain tampak sebagaimana berikut ini :

OPK-minang
opk-minang-besar
OPK-minang-susun-dua

Ornamen Plastik Kayu ini rata-rata memiliki ukuran 10×10 cm
Harga Rp 5000/bungkus, satu bungkus isi 2 buah ornamen.
Saya sendiri lebih suka memadukan bahan ini dengan aneka manik-manik berukuran kecil dan warna-warna yang cerah, untuk menguatkan kesan etnik pada desain akhir aksesoris yang saya buat. Berikut ini tutorial cara membuatnya

CARA MEMBUAT KALUNG TALI ETNIK
tutorial-membuat-kalung

Bahan yang dibutuhkan meliputi :
1. tali kulit coklat 1.5 mm
2. kristal donat kuning ukuran 4mm
3. batu phyrus donat warna biru
4. batu phyrus bulat 6mm
5. Paku/headpin emas bakar panjang 4,5 cm
6. Manik pasir besar warna merah
7. ring emas bakar ukuran 0.6mm
8. ornamen plastik kayu model minang susun dua
9. manik donat kayu ukuran 6mm
10. kristal donat gold ukuran 8mm
Alat yang dibutuhkan meliputi :
a. Tang putar (round nose plier)
b. Tang potong (cutter plier)
c. Tang jepit (flat nose plier)

LANGKAH PEMBUATAN KALUNG TALI ETNIK
meliputi beberapa tahapan yang secara garis besar dibagi menjadi :
1. Mendesain Pola Manik-Manik

langkah-01
langkah-02
langkah-03
langkah-04

Langkah pertama :
susun rangkaian manik yang akan dipasang pada headpin, lalu buat loop/lingkaran yang berfungsi untuk menutup rangkaian dengan bantuan tang putar. Lakukan langkah yang sama sebanyak 8x.
Langkah Kedua :
Susun ke-8 buah rangkaian paku tadi pada ornamen plastik kayu minang susun dua, lalu sambungkan rangkaian paku ini menggunakan ring. Gunakan tang flat nose untuk memudahkan kita membuka ring.

2. Membuat Simpul Tali pada Kalung

langkah-05
langkah-06
langkah-07
langkah-08

Langkah pertama, Potong tali kulit 1.5mm sepanjang 60 cm 2untai sama panjang, masukkan salah satu untai ke dalam ornamen perahu. tempatkan tali sama panjang, lalu buat ikatan/simpul mati seperti gambar nomer dua diatas. Tarik tali, dan posisikan simpul tepat pada lubang liontin. Hal ini untuk menjaga liontin tidak bergerak ke sisi kanan dan kiri. Lakukan langkah yang sama pada sisi liontin yang lain

Langkah kedua adalah membuat asimpul hidup yang memungkinkan kalung dapat diubah panjangnya sesuai dengan selera. Caranya, buat simpul mati pada tali kiri dengan menggunakan tali di sisi berlawanan, lakukan langkah yang sama dengan tali lainnya. Sehingga akan tampak seperti gambar berikut ini

langkah-09

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft Koleksikikie. Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

 

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
Bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft koleksikikie.com.   Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

Pemesanan bahan-bahan  dapat melalui whatsapp cukup klik: admin 

atau langsung datang ke workshop kita di :
Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293

Buka senin sd sabtu jam 8.00-17.00
Happy Crafting All