Membuat Cincin Wire Dengan Kawat Tembaga

cincin-wire-koleksikikie
Hai sahabat…
setelah sebelumnya sempet bikin liontin, hari berikutnya ternyata saya masih bersahabat sama kawat yang keras iniiii hihihihihi….. melanjutkan eksperimen dengan kawat cooper 1mm, di sesi dua ini saya nyobain bikin cincin =D dan seperti biasanya, project ini pun tak lebih dari 30 menit prend.
Ini dia bahan dan peralatan yang perlu dipersiapkan

bahan dan alat membuat cincin1. kawat tembaga 1mm
2. batu cutting bulat
dengan peralatan nya berupa
tang dasar (cutter, round nose, flat nose plier) dan mandrel, yakni tongkat kayu untuk mengukur lingkar cincin.

Langkah Pertama (Menganyam jalinan kawat untuk rangka cincin)
[viral-lock message=”Like atau Share untuk Tutorial lengkapnya” url=”http://www.facebook.com/koleksi.kikie”] langkah-1 langkah-2
siapkan 5 helai kawat tembaga uk 1mm sepanjang @20 cm, lalu pada salah satu ujungnya jepit menggunakan tang flat nose. Sementara ujung yang lainnya jepit dengan jari jempol dan telunjuk, lalu putar bersamaan berlawanan arah. Apabila kawat dirasa terlalu keras untuk diplintir dengan tangan kosong, kita bisa menggunakan bantuan tang yang lain pada sisi yang satunya. Hingga terbentuk jalinan kawat seperti sebagaimana berikut ini :

langkah-3
Langkah 2 (membentuk rangka cincin)
langkah-4Lilitkan jalinan kawat yang sudah kita bentuk tadi, pada mandrel kayu. Jangan lupa untuk terlebih dahulu memastikan lingkar ukuran jari pengguna cincin, agar cincin pas saat dikenakan. Lalu rapikan ujung-ujung kawat pada rangka cincin, seperti tampak pada gambar berikut ini.
langkah-5
Langkah 3 (memasang manik pada rangka cincin)
langkah-6 Langkah selanjutnya adalah memasang manik-manik pada ujung kawat, pilih manik dgn lubang yang cukup besar u dimasukkan ke dalam kawat 1mm. Kalau lubang manik yang kita punya kurang besar, maka satu-satunya cara u mengakali kondisi ini adalah memperkecil diameter kawat yang kita gunakan, pilih ukuran 0.6 atau 0.8mm.
langkah-7selanjutnya buat loop berbentuk spiral di ujung kawat, agar manik-manik tidak terlepas. Cara lainnya kita bisa juga menggunakan lem khusus, untuk memasang manik tepat di ujung kawat (nanti akan saya sharing di tutorial yang berbeda yaaa) Atur posisi manik agar tampak cantik dan nyeni. Oh iya gak smeua kawat harus dipasangin manik ya, kalau ada kawat yang gak pake manik, lilitkan saja mengelilingi rangka cincin.
Sehingga tampila akhirnya akan tampak seperti berikut ini.
langkah-8Lalu lakukan lagi di sisi yang berbeda, masih dengan cara yang sama. Dan cincin wire pun sudah jadiiiii…
wire-ring
cincin-wire
Keunggulan cincin ini menurut saya :
1. Rangkanya yang terbuat dari kawat cooper, menjadikan cincin ini lebih kokoh dan stabil… alias kagak mudah goyang/penyok.
2. Desainnya membuat rangka cincin ini mudah disesuaikan dengan siapapun, jadi kalau buat di jual di bazar enak prend… lingkar cincinnya bisa langsung dibesarkan dan dikecilkan.
3. Bentuknya yang memanjang di sepanjang jari saat dikenakan, memberi ilusi jari yang lebih panjang dan lentik.
4. Pola ini juga punya ruang yang cukup luas untuk dikembangkan menjadi model yang lain, sehingga dengan satu teknik dasar ini aja, bisa jadi berbagai macam model… bagi yang rajin mencoba nguwer kawat

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
Bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft koleksikikie.com.   Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

Pemesanan bahan-bahan  dapat melalui whatsapp cukup klik: admin 

atau langsung datang ke workshop kita di :
Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293

Buka senin sd sabtu jam 8.00-17.00
Happy Crafting All

[/viral-lock]