Membuat Bros Kain Bulu Merak

bros-kain-bulu-merak

Bros berbahan kain, diprediksi masih akan menjadi fashion item yang diburu di kalangan hijabers di Tahun 2014. Komposisinya yang berwarna-warni dengan bahan yang ringan, menjadikan bros kain aksesoris favorit untuk melengkapi scarf-scarf panjang yang biasa digunakan oleh wanita berkerudung. Bagaimana cara membuat bros dari kain yang cantik ini?

Berikut langkah sederhana membuat bros kain dengan aksen bulu merak sintetis

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan meliputi:

cara membuat bros dari kain dan bulu merak

cara membuat bros dari kain dan bulu merak
1. headpin gold, topi kerucut dan manik ukuran 12mm warna merah
2. mawar kuncup merah, peniti, eyepin
3. aneka ragam bulu
4. rantai bulat kecil gold
5. plat anting gold
6. lempeng daun gold
7. ring gold
8. klep bulu gold

adapun alat pendukung pembuatan bros kain ini adalah :
peralatan
1. tang set isi tiga terdiri dari flat nose, round nose dan cutter plier
2. guting
3. lem tembak

Setelah bahan tersedia, maka langkah selanjutnya adalah :
[viral-lock message=”Like atau Share untuk Tutorial lengkapnya” url=”http://www.facebook.com/koleksi.kikie”]
I. Memasang Peniti pada bros kain

langkah-1
ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk memasang peniti pada bros kain.
Teknik jahit, kita bisa gunakan jarum dan benang untuk menjahit peniti pada belakang bros kain. Cara menjahitnya sama seperti memasang kancing pada baju. Namun pastikan bahwa benang tidak tampak di permukaan bagian depan bros (terutama bila bros menggunakan kain yang tipis) untuk memberikan hasil yang rapi, kita bisa memilih menggunakan benang nilon transparan.
Teknik Lem, teknik ini bisa dibilang yang paling praktis. Cukup bubuhkan lem pada permukaan peniti, lalu tempelkan pada bagian belakang bros kain. Lalu jepit sampai kering, agar peniti menempel kuat. Untuk memberikan hasil yang rapi, kita bisa menempelkan peniti diantara bros dan lapisan tambahan yang berguna untuk menyembunyikan bagian peniti yang di lem. Caranya : kain pelapis yang biasanya terbuat dari bahan suede atau flanel di potong dulu di ujung kanan dan kiri selebar peniti, lalu sisipkan peniti yang sudah di lem di bagian yang terpotong tersebut. Lalu lem ujung-ujung kain agar merekat di belakang bros.

cara membuat bros dari kain

2. Memasang Paku Pada Bros Kain

membuat bros dari kain

Untuk memasang hiasan pada bros kain, yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan penampang berupa ring untuk menghubungkan kain dengan plat anting/media lain untuk memasang hiasan juntai.
Langkah-langkah memasang plat pada bagian bros kain dapat dilihat dari tutorial di bagian atas ini sahabat. Sisipkan eyepin ke dalam bros bunga, lalu potong menggunakan cutter plier, setelah itu buat loop kecil di bagian ujungnya dengan menggunakan eyepin. Setelah itu, lakukan finishing dengan memasang plat anting menggunakan ring ke dalam loop yang sudah kita buat tadi.
Catatan : Pada langkah ini, pastikan posisi peniti sudah sesuai dnegan peletakan plat anting, jangan sampai terbalik karena akan menyebabkan bros susah dipakai.

3. Menjepit Bulu dengan Klep

cara membuat bros dari kain

pada proses menjepit bulu dengan klep, yang perlu dilakukan di tahap awal adalah merapikan bulu. Potong terlebih dulu menggunakan gunting, lalu jepit ujung bulu menggunakan klep (yang warnanya senada dengan plat anting yang akan kita gunakan untuk membuat bros kain.

4. Memasang Manik dengan headpin/paku

cara membuat bros dari kaincara membuat bros dari kain

Pertama, ambil headpin. Secara berurutan, masukkan manik bulat 12mm diikuti dengan topi kedalam headpin, lalu tekuk headpin 90derajat ke salah satu sisi. Potong sisa headpin, sisakan kira-kira hanya skitar 1 cm, lalu dnegan menggunakan round nose plier, tekuk ke arah dalam hingga membentuk loop.

5. Mendesain Bros Kain Juntai Bulu Merak

cara membuat bros kain

Ketika semua manik, dan bulu sudah dipasang klep, tahapan selanjutnya adalah menggabungkan kesemua bahan ini menjadi satu rangkaian yang utuh, Untuk memudahkannya, terlebih dahulu kita bisa menyusun pola sederhana dari bros yang akan kita buat. Misalnya tampak sebagaimana gambar diatas.

Selanjutnya yang kita lakukan adalah memotong rantai dengan panjang sesuai pola yang kita rencanakan. Gunakan Tang potong saat melakukan kegiatan ini.

memotong-rantai
lalu pasang bulu dan manik yang bertopi dengan menggunakan ring, pada ujung rantai yang sudah dipotong tersebut. Bros kain juntai bulu merak pun siap dikenakan untuk mempercantik penampilan kita.
bros-kain

Mudah untuk dipraktekkan di rumah kan Sahabat…
Bahan-bahan untuk membuat aksesoris ini tersedia  di toko online bahan craft koleksikikie.com.   Kreasikan sesuai selera dan ide yang kamu punya.

Pemesanan bahan-bahan  dapat melalui whatsapp cukup klik: admin 

atau langsung datang ke workshop kita di :
Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293

Buka senin sd sabtu jam 8.00-17.00
Happy Crafting All

(kikie)

[/viral-lock]