Home Pagebahan manik-manikAneka Tutorial Aksesoris dari bahan Batu Kerikil

Apr 05

Aneka Tutorial Aksesoris dari bahan Batu Kerikil

Ragam Batu Kerikil
Batu Kerikil adalah salah satu jenis bahan yang cukup favorit diantara crafter manik-manik. Bahan ini relatif mudah dijumpai, harganya cukup terjangkau, dan memiliki varian warna yang cukup banyak. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah chips atau batu pecah, karena bentuknya yang seperti pecahan kecil tidak beraturan/kerikil.

Beberapa pilihan jenis dan warna batu dapat dilihat sebagaimana berikut ini

 

Aneka Aksesoris dari Batu Kerikil
Batu ini dapat dirangkai menjadi beragam jenis aksesoris yang cantik dan unik, seperti :
1. Kalung 

model-kalung-2

Kalung batu, kalung yang dikenakan model diatas menggunakan 4untai kalung batu pecah, yang diuntai pada senar, lalu diujung-ujungnya ditutup dnegan stopper. untuk membuat kalung sejenis ini bahan yang dibutuhkan relatif sederhana, yakni: batu pecah 4-5 untai, senar nilon, stopper, ring, dan kait penutup kalung/lobster claps. Selain model diatas ada juga pilihan lainnya seperti :

Tutorial Kalung dari Batu Kerikil

Cara membuat kalung ini juga relatif mudah, batu dirangkai dengan stringing cable dan diberi stopper diujung-ujung rangkaiannya. berikut Tutorial Membuat Aksesoris Kalung dari Bahan Batu Kerikil

2. Gelang
Gelang, atau aksesoris yang biasa digunakan pada pergelangan tangan juga bisa dirangkai dari bahan batu kerikil ini. Tambahkan charm atau hiasan gelang untuk menambah nilai keunikan pada kreasi gelang yang kita buat.

Tutorial Gelang dari bahan batu kerikil ini juga bisa menjadi inspirasi untuk kita praktekkan di rumah:

Tutorial Aksesoris Gelang Batu Kerikil

 

3. Cincin
cincin wire pada gambar berikut ini dirangkai menggunakan bahan baku utama batu pecah. Pertama batu dirangkai terlebih dulu menggunakan kawat super, lalu kemudian dironce dengan bantuan mandrel menggunakan kawat 1.5mm sebagai rangka cincin.

e-book-cincin-2

berikut step by step cara membuat cincin batu kerikil yang tutorial lengkapnya dapat dilihat juga pada link berikut ini

Tutorial Cincin dari Batu Kerikil

4. Bros
Bentuk batu chips yang tidak beraturan, tidak menghalangi batu ini untuk diubah menjadi rangkaian bros yang cantik. Untuk mempercantik, kita bisa menambahkan ragam lempengan unik. Cara Membuatnya dapat dilihat pada tutorial berikut ini.

5. Peniti jilbab
Aksesoris yang ini merupakan salah satu favorit saya, cara bikinnya gampang dan keliatan anggun saat dipakai.

peniti-batu-pecah

Untuk bisa membuat bros ini caranya : pertama lepas batu kerikil dari untaian kalungnya, masukkan ke dalam eyepin kurang lebih setinggi 2-3 cm seperti tampak pada gambar berikut ini, biar lebih cantik pada bagian paling bawah bisa dikaish hiasan bola emas.

contoh-peniti-batu-pecah

Setelah jadi kurang lebih 15 buah, untai/pasanglah pada rantai gold, berjejer dari bawah terlebih dahulu hingga ke bagian atasnya. lalu tutup bagian atas dengan topi berwarna senada paku, pasang dibawah peniti. Langkah yang sama bisa diaplikasikan juga menjadi kalung, gelang atau anting sesuai selera ^__^

TIPS MEMILIH BATU KERIKIL
Di pasaran, jenis yang serupa ada juga yang terbuat dari bahan sintetis. Ada yang dari kaca, dan ada juga yang dari plastik (biasanya berat untaian kalung nya cenderung lbg ringan). Walaupun sepintas terlihat serupa, yang perlu diperhatikan bahan sintetis ini memiliki proses pewarnaan yang beragam, ada yang dengan cara dicelup, atau warna sudah ada di dalam kaca yang dibentuk menjadi kerikil. Untuk memastikan warna tidak luntur saat diaplikasikan menjadi aksesoris, pada saat membeli kita bisa membawa tisu basah sebagai alat uji, usapkan sedikit dipermukaan batu kerikil yang akan dibeli, apabila warna tertempel pada tisu, maka batu tersebut warnanya cenderung akan luntur saat diaplikasi sebagai aksesoris prend. Selain itu bahan yang terbuat dari batu cenderung terasa adem saat dipegang di tangan.

Tags: , , ,

Leave a Reply

1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by