Home PageKARYA SAHABATPeserta No 025 Uswatun Khasanah (Bekasi)

Jan 16

Peserta No 025 Uswatun Khasanah (Bekasi)

PESERTA LOMBA DESAIN AKSESORIS 2016

No Peserta : 025
Nama : Uswatun Khasanah
Kota : Bekasi
Business Contact: 082210534824
Material Bahan Daur Ulang : Botol Plastik Bekas Karbol

uswatun desainer akseosris limbah plastik

Kalung & Bros Koin Emas

Aksesoris ini saya buat dengan bahan baku utamanya dari botol bekas pembersih kamar mandi/karbol. Di rumah, ada banyak botol2 bekas karbol yg ga kepakai & berserakan di sekitar kita, nah untuk itu saya memutuskan untuk memanfaatkannya menjadi aksesoris yg memiliki nilai tambah, daripada dibiarkan menuh2in tempat sampah & lama hancurnya, dan akhirnya malah menyebabkan terjadinya global warming yang berbahaya bagi kita.

proses pembuatan

Cara membuatnya juga cukup mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Pertama botol karbol bekas di bersihkan laludi gunting sesuai pola yang kita inginkan. Saya sendiri memilih pola lingkaran berbentuk koin. Lalu pada permukaan potonmgan plastik ini saya tambahkan glitter, di lubangin kecil kemudian di ronce pake kawat rose gold ukuran 1mm dan tali coklat. Untuk kalung saya pilih panjang kalung 60cm agar bisa digunakan oleh kita yang berhijab.

IMG_20170110_103717

Sebagai padanan, saya membuat bros dari bahan yang sama. Kepingan yg sdh diberi hiasan glitter warna emas di ikat dengan  kawat rose gold ukuran 0.3mm ke dlm cangkang/sarangan bros, kemudian atasnya di beri mutiara sintesis uk 6: 6pcs. Ukuran  akhir bros 5x6cm, cocok untuk dikenakan dengan busana sehari-hari. Demikian data & narasi tentang aksesoris yg sy lombakan.
salam
Uswatun Khasanah

 

SOSOK DIBALIK KARYA

uswatun khasanah

Uswatun Khasanah sudah menggeluti kegiatan membuat aksesoris sebagai hobi sejak remaja. Kakak perempuannya yang piawai membuat berbagai kerajinan seperti menjahit, sulam strimin, membuat kembang dari kain stoking, menjadi sosok idola yang menularkan kecintaannya pada craft kepada Uswatun.

Lulus dari sekolah, Uswatun sempat bekerja di sebuah Kampus di Kota Jakarta. Kesibukannya di Kampus tidak membuat semangatnya surut, membuat aksesoris tetap menjadi kegiatan pilihan yang dilakukan di sela kesibukan. Kemampuannya pun terus meningkat dengan semakin beragamnya akseosris yang berhasil dibuat, diantaranya :  kalung, anting, gelang, cincin, bros dll. Kenalan, teman dan mahasiswa di kampusnya menjadi pelanggan-pelanggan setianya yang pertama.

Dari hasil jualan kecil-kecilan itu, pendapatan sampingan Uswatun bisa meningkat lumayan. Meskipun kerja keras dan perjuangan yang harus dilakukan juga tidak sedikit. Senin sd Jumat bekerja di Kampus, Hari Sabtu belanja bahan aksesoris ke daerah Mangga dua dan Jatinegara, Minggunya membuat stok aksesoris, kadang juga dilanjutkan di malam hari sepulang kerja. Dan tidak selalu berjalan lancar, karena ada masa-masa tubuh dan pikiran terasa lelah, mood dan ide hilang, sehingga bahan baku yang maish banyak pun tidak sempat dikerjakan.

2013 dengan mengumpulkan segenap keberanian Uswatun Khasanah memutuskan resign dan berbisnis dari rumah. “Awalnya sempat ragu-ragu, tapi kalau tidak fokus rasanya sulit bisa memperbesar bisnis ini di tengah kesibukan kantor, belum lagi jarak kantor Bekasi- Jakarta makin terasa jauh karena kemacetan lalulintas”

Saat resign dan full berada di rumah inilah, Uswatun bertekad untuk lebih serius mengembangkan bisnisnya. Tahun pertama sempat bengong-bengong juga, tapi kemudian mulai membuat aksesoris dari stok bahan yang lama, aktif ikut aneka workshop dan mulai terhubung kembali dengan teman-teman pemilik hobi yang sama di komunitas craft. Keikutsertaannya dalam berbagai komunitas inilah yang akhirnya mengembahkan wawasan dan networking nya, hingga membuat usahanya bangkit dan semakin berkembang. Kini Uswatun sedang membuat workshop sederhana di rumah, yeng akan dijadikan tempat untuk membina masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu tetangga. Dengan semakin kuatnya tim produksi, Insyaallah bisa menerima orderan besar dan meningkatkan roda pereekonomian masyarakat juga.

Kini untuk semakin memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas, Uswatun memasarkan prosuknya tidak hanya secara offline melalui pameran dan beraneka bazar keliling. Namun juga secara online , baik melalui website maupun facebooknya  Uswatun Khasanah

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu