Home Pageceloteh kikiePenduan Memilih Peralatan Dasar Manik-Manik ( I )

Nov 16

Penduan Memilih Peralatan Dasar Manik-Manik ( I )

Hai Kikie
sebenernya aku sudah lama banget suka perhiasan dari bahan manik-manik, tapi terus terang sejak mampir di blog mu, aku baru kepikiran untuk buat sendiri. KIra-kira bahan apa aja ya kie yang aku perlukan? kabarin ya… thankyou (AbC di Lamongan)

Sahabat…
seneng deh makin banyak teman baru senasib, pecinta manik-manik. Selamat datang di dunia penuh manik-manik pren ^_^ Peringatan Koleksikikie !! Awas… hobi manik-manik bikin kita lupa diri hehehehe… (terutama kalau punya hobi narsis kaya saya… hehehe, tiap ganti kerudung.. ganti juga brosnya hahaha)

Biar belanja manik-manik kita menjadi lebih terarah ini dia panduan sederhananya pren ^_^

1) Ketahui Apa yang ingin kita buat
Karena aksesoris dari manik-manik beragam, sebaiknya kita tau apa yang ingin kita buat pren ^_^ kalau masih bingung, cobalah untuk membeli satu buku tentang membuat aksesoris, ini juga akan memberi gambaran sederhana tentang aksesoris mana yang mudah untuk dibuat di tahap awal, serta memudahkan kita untuk memilih manik-manik yang tepat.

2) Hitung dulu berapa budget kita
Ehem..ehem.. sederhana tapi ini yang terpenting sahabat ^_^ kalau budget kita masih minimalis sebaiknya pilih aksesoris yang tidak menghabiskan bahan yang banyak. Ada baiknya juga kita fokus membuat satu jenis aksesoris tertentu dalam beragam desain, cara ini membutuhkan biaya lebih murah bila dibandingkan mencoba sekaligus membuat set perhiasan misal : anting, gelang dan kalung.

3) Pilih Manik dalam nuansa warna tertentu
Punya bahan berbagai jenis dalam aneka warna jelas akan memudahkan kita menciptakan kreasi aksesoris, tapi mahal pren… hehehehe. Secara belum tentu juga kita akan terus menekuni hobi ini, sebaiknya kita cukup bijaksana menggunakan uang kita pren ^_^ Pilih warna dalam gradasi yang nyambung untuk di padu padankan. Misalnya saja paduan warna hitam, putih, abu-abu, silver. Tips ini akan membantu kita memanfaatkan bahan yang ada dengan semaksimal mungkin.

Lalu apa aja dunk kie yang dibutuhkan?

Oh iya ya… hehehe ini dia daftar peralatan dasar banget (yang sebaiknya selalu ada) versi Koleksikikie

Tang/Plier

Bisa dibilang inilah senjata utama kita dalam menghasilkan kreasi aksesoris manik. Ragam dan fungsinya sendiri sangat beragam pren. untuk tau lebih detail tentang fungsi tang, bisa klik di link http://blogkoleksikikie.wordpress.com/2008/03/08/mengenal-tang-untuk-merangkai-manik-manik/

Kalau kita ngerasa ini akan jadi hobi yang lama, investasi 50.000 untuk set tang lengkap rasanya bisa dijadikan pilihan pren ^_^ Nggak murah memang tapi tang profesional untuk manik-manik ini ada yang harganya mencapai Rp 2.500.000 lho hehehe….

Nah lain halnya kalau hati kecil kita bicara lain, alias maish ragu-ragu pren.. saya kira satu buah tang long nose plier seharga Rp 15000 sudah cukup membantu untuk membuat aneka aksesoris. Kelemahannya, aksesoris yang kita buat sedikit akan terlihat kurang rapi ^_^ karena bagaimanapun setiap jenis tang ini memiliki fungsi masing-masing.

Paku dan Jarum

Aksesoris dari rangkaian paku dan jarum ini bisa dibilang kagak ada matinye pren ^_^… karena hanya dengan menguasai teknik dasar membuat ring pada paku/jarum kita bisa membuat hampir seluruh jenis aksesoris. Mulai dari kalung, gelang, cincin, anting, gantungan Hp, gantungan kunci.

Jadi nggak berlebihan rasanya kalau kedua benda ini sangat layak untuk dikoleksi. Info lebih detail tentang fungsi serta jenisnya dapat di klik http://blogkoleksikikie.wordpress.com/2008/10/27/kisah-paku-dan-jarum/

Ring, Kodokan dan Stopper
Benda-benda kecil ini sepintas terlihat hanya sabagi pelengkap pren, tapi hidup jadi kurang hidup tanpa keberadaaan mereka ^_^ Karena sifat ketiganya yang sering hadir sebagai penyelamat pren, misal :

Ketika akan membuat ikatan senar di tempat yang sulit, udah gitu senarnya tinggal pendek pula ^_^ daipada pusing harus diiket model gimana, kita bisa menyetop rangkaian manik-manik ini dengan menggunakan stopper.
Caranya cukup masukkan stopper pada rangkaian senar, lalu jepit denganmenggunakan flat nose plier, hingga gepeng ^_^ hehehe gampang banget kan pren?


Ring sendiri sangat dibutuhkan ketika kita akan menggabungkan lebih dari 1 untai rantai, atau meronce manik-manik dengan lubang manik seperti pendant (tidak melintang di sepanjang manik-manik) atau menciptakan desain-desain yang tidak biasa ^_^

Kalau rangkaian ini terbuat dari senar yang lebih dari satu untai, kita membutuhkan kodokan pren.Buat saya sendiri, kodokan ini sering hadir sebagai penyelamat ketika paku dan jarum yang ada di rumah, tidak cukup panjang untuk merangkai manik-manik yang saya punya ^_^ klik  http://blogkoleksikikie.wordpress.com/2008/10/28/ketika-paku-dan-jarum-tak-lagi-bisa-berfungsi/ untuk info lebih detailnya pren…

Walah kagak terasa panjang bener yak ceritanya..
biar berasa penulis novel, cerita ini akan dibuat menjadi trilogi… bhuahahaha… nantikan ya pren kelanjutannya ^_^

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by