Home Pageceloteh kikiePelatihan Internet Marketing bersama SKALI

Apr 14

Pelatihan Internet Marketing bersama SKALI

world-islamic-economic-forum-logo

Alhamdulillah, seminggu kemarin,
Saya mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan internet marketing.
Sebuah program CSR dari World Islamic Economic Forum khusus bagi pengusaha wanita di Jawa Timur.

Kenapa hanya khusus untuk Wanita?
(kesannya gender banget yee… cuma cewe aje yang boleh ikutan)
sebenernya misinya justru mulia banget sahabat
WIEF percaya, bahwa wanita memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan.
Inilah proses Pemberdayaan Perempuan.
Perempuan yang “berdaya” akan memiliki percaya diri dan kemampuan yang lebih baik dalam proses mendidik sumber daya manusia berikutnya. Dan perdagangan secara on-line memungkinkan, perempuan khsusnya para ibu, untuk berperan lebih di masyarakat, tanpa harus jauh-jauh meninggalkan keluarganya di rumah (yah bahasa sederhananya, dasteran sambil nge-gendong anak tetep bisa buka toko gitu deh prend hihihihihi… yang ini curcol)

Kenapa kok di Jawa Timur?
walaupun jawaban saya berikutnya terkesan sangat premodialisme (ngebanggain daerah asal banget)
Tapi data statistik yang dikumpulkan KADIN bicara, bahwa selama beberapa tahun terakhir, pertumbuhan pengusaha wanita di jawa timur mengalami peningkatan luar biasa. Melalui beberapa koperasi wanitanya, banyak usaha kecil menengah yang semakin berkembang. Itulah yang menyebabkan KADIN JATIM dan IWAPI mengusulkan jawa timur sebagai pilot project dari acara ini.
Berita bagusnya tentu saja… ada kemungkinan besar bahwa acara yang sejenis ini akan diadakan di beberapa wilah-wilayah lain di Indonesia.
eh tapi pesertanya kemarin gak cuma dateng dari jatim aja lho prend, ada sekitar 6 orang peserta yang jauh-jauh datang dari Bali, khusus untuk mempelajari internet marketing ini. Woow banget yaaa

Saya pribadi, sebenarnya sudah menekuni usaha perdagangan secara online sejak lima tahun yang lalu, eh hampir enam tahun lalu malah (agustus 2007). Sebelumnya saya menggunakan platform gratis yang disediakan multiply, namun sejak mereka berubah menjadi hanya toko online, dan menghapus blog (ruang untuk menulis secara online)  Maka toko saya di multiply resmi ditutup.
Terus terang awalnya saya merasa, saya tau cukup banyak tentang perniagaan secara online, tapi baru hari pertama datang seminar, barulah terasa… sombong bangetttt kalo ngerasa sudah tau banyak.
Baru lihat penjelasan awal tentang “syarat sebuah web bisa dikategorikan bagus” langsung deh nyadar Wueleek sorooo yaaa blog saya di masa lampau. Hikssss…..

Saya dulu mengira, asal rajin upload, foto yang di upload bagus dan jelas, dikasih keterangan dikit… maka blog saya akan cukup happening di dunia maya. Oh ternyata tak sesederhana itu, Cik Gu saya dari SKALI ( http://www.skali.net/  or FB: http://www.facebook.com/skali.net ) Mr Amier Anis, mengajarkan banyak sekali hal-hal sederhana yang ternyata justru memberi pengaruh besar dalam dunia marketing secara online. Seperti:
Jangan lupa untuk me-rename foto yang kita upload dengan deskripsi gambar tersebut. Misalnya foto bros maka harus ditulis dengan nama bros bla-bla.JPeg ini akan memudahkan google search engine untuk menemukan produk kita.
Luangkan waktu untuk membuat artikel yang bermanfaat bagi target market terbesar kita, tujuannya supaya orang akan dengan sukarela datang lagi melihat-lihat web kita. Saat apa yang kita berikan dirasa mampu memberi manfaat, maka orang akan merasa butuh datang ke web kita tanpa harus disuruh.
Juga pesan yang membekas sangat bagi saya, buat hubungan yang berkualitas dengan pelanggan-pelanggan setia koleksikikie, tidak semata-mata memiliki jumlah pengunjung web yang besar, namun akan sangat bijaksana, bila saya mampu mengenal dengan baik orang-orang yang selalu setia bersama koleksikikie. Mengenali apa yang dibutuhkan mereka, dan membuat rencana kerja yang seiring sejalan dengan permintaan terbesar dari pelanggan-pelanggan setia kami.

ah ini masih sebagian kecuiilllnya aja my prend.
Insyaallah secara bertahap akan saya bagikan cerita-cerita CikGu Amier selama menempuh pelatihan internet marketing lima hari di Somerset Hotel Surabaya, tentunya dengan misi mulia… agar lebih banyak lagi perempuan-perempuan pembaca koleksikikie yang menjadi lebih berdaya, dan  tertarik untuk ikut serta memeriahkan perdagangan secara online. Memajukan tidak hanya dirinya, tapi juga keluarga serta masyarakat sekitarnya.

bersama-peserta-pelatihan

Foto bersama CikGU Mr Amier Anis, Head Technical Services and Trainer from SKALI Malaysia.
Dan beberapa ibu-ibu pengusaha dari JATIM, sesama peserta pelatihan.

Tags:

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by