Home PageUncategorizedMENGISI HALAMAN PROFIL/BIO di INSTAGRAM

Jan 13

MENGISI HALAMAN PROFIL/BIO di INSTAGRAM

Menulis Profil Pada Sosial Media Bisnis Kita.

Saat pertama kali membuat akun instagram, seringkali tanpa sadar kita mengabaikan halaman profil depan (atau yang umum disebut dengan istilah bio).

“Ah yang penting kan ada foto sama captionnya”

Caption, adalah istilah yang ditujukan pada tulisan yang terletak di bawah gambar dengan tujuan untuk melengkapi postingan gambar.

Tapi ternyata ya prend, banyak keputusan belanja dilakukan oleh calon pelanggan, karena informasi yang lengkap dan jelas pada halaman bio (di bagian paling atas/depan akun IG kita). Sehingga melengkapi profil akan sangat membantu teman-teman yang baru memulai usaha di sosial media untuk bisa melakukan penjualan, khususnya bagi instagram yang masih berusia kurang dari 3 bulan, dengan jumlah postingan dan follower kurang dari 100.

INFORMASI YANG HARUS DICANTUMKAN PADA BIO

Nama Pemilik Akun
Biasanya kita mencantumkan nama toko, namun tidak disertai nama pemilik akun. Mencantumkan nama pemilik akun, akan membuat sosial media kita menjadi lebih terpercaya, sebab nama pemilik secara sederhana sering dianggap sebagai nema penanggungjawab atau pemilik konten.

Mencantumkan nama kita juga memudahkan untuk menyapa, dan ketika komen di bawah postingan menggunakan nama, maka akan terbaca lebih hangat, akrab, dan membuat calon pembeli merasa lebih yakin atau percaya terhadap akun kita.

Tambahkan Info dan Cara Pemesanan.
Sebaiknya cantumkan WA atau Email pada halaman bio, untuk memudahkan pelanggan menghubungi kita. Pembeli produk handmade umumnya menyukai proses bercakap2 terlebih dulu, sebelum akhirnya memutuskan melakukan pembelian.

Percakapan yang dilakukan via email atau WA akan memudahkan kita mengarsipkan data pembeli, sehingga dikemudian hari kita bisa memberikan promosi yang sesuai kebutuhan mereka agar terjadi pemesanan ulang.

Tambahkan Keterangan Kota Pengiriman.
Meskipun Bisnis Online memudahkan kita untuk menjangkau berbagai lokasi. Namun bukan rahasia bila pembeli lebih menyukai pengiriman barang yang dilakukan dari kota yang dekat dengan lokasi mereka, artinya kalau kita tinggal di Sulawesi, maka calon pembeli di daerah sulawesi akan lebih besar kemungkinannya buat belanja dari toko kita dibandingkan kalau tokonya berlokasi di Aceh.

Tambahkan Pilihan Jasa Pengiriman.
Mencantumkan Jasa Pengiriman seperti POS, TIKI, JNE akan mebantu orang memperkirakan biaya pengiriman ke lokasi mereka. Mencantumkan pilihan jasa pengiriman, seperti TIKI, JNE, POS juga akan memudahkan kerja kita, khususnya dalam pencatatan.

Bayangkan apabila ada 5 paket yang masing2 minta dikirim menggunakan jasa yang berbeda, maka dalam satu hari kita harus mampir ke 5 gerai pengiriman barang, menyimpan 5 resi yang berbeda, dan pada saat memfollowup paket yang terlambat, akan menelpon ke 5 nomer admin yang berbeda juga. Tentunya akan memakan banyak waktu, biaya serta tenaga.

Sertakan Format Pemesanan
Orderan yang dikirimkan dengan format rapi, akan mempercepat kita dalam melayani pelanggan.

CATATAN PENTING
Namun karena Halaman yang terbatas, cantumkan Info yang dirasa paling penting dalam membantu orang melakukan pesanan. Hindari menuliskan singkatan yang membingungkan, atau penggunaan bahasa daerah dan istilah khusus yang kurang dipahami masyarakat secara umum (kie)

Dengan melengkapi keterangan yang memudahkan orang untuk mengenali dan mengetahui informasi tentang toko kita, akan membuat tingkat kepercayaan mereka terhadap bisnis kita bertambah, serta mengurangi keraguan dalam melakukan transaksi pembelanjaan di akun sosial media kita.

Leave a Reply

1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by