Home Pageceloteh kikieMengenal “Nepal Beads” Manik Tradisional buatan Nepal

Jan 18

Mengenal “Nepal Beads” Manik Tradisional buatan Nepal

Nepal Beads

Manik-Manik dari Nepal dan Tibet umumnya memiliki warna-warna yang terang dan menarik, dengan ciri khas desain tradisional yang kuat dan khas.

Mengenal Nepal Beads
Nepal Beads, atau dalam Bahasa Indonesia artinya manik-manik dari Nepal, adalah ornamen tradisional unik yang sering digunakan oleh para wanita Nepal sebagai aksesoris.

Sudah menjadi tradisi di Nepal untuk selalu tampil mengenakan aksesoris/perhiasan dalam berbagai acara. Dari upacara pernikahan hingga acara sosial, orang cenderung memakai berbagai jenis perhiasan Nepal.

Namun pengaruh kemajuan di dunia fashion yang terus berubah dan berganti dengan tren baru, juga mempengaruhi desain ornamen tradisional Nepal. Kalau dulu wanita Nepal sering dijumpai menggunakan perhiasan bertumpuk, kini para wanita lebih menyukai sepotong kecil perhiasan Nepal yang mudah dipadupadankan dan ringan dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu naiknya harga ornamen juga mempengaruhi tingkat orang yang membeli perhiasan tradisional

Pote, Manik Kaca Merah dari Nepal
Di Nepal sendiri, manik-maniknya sangat beragam, umumnya hadir dalam varian warna yang cerah dan menarik.  Namun yang berwarna merah, atau juga disebut ‘Pote’ hanya dipakai oleh wanita yang sudah menikah.

sumber : https://blonholiday.wordpress.com/2017

Pote dipercaya memiliki hubungan dengan keberuntungan seorang wanita yang sudah menikah. Menurut tradisi, Wanita yang menikah wajib mengenakan pote, karena apabila tidak ini bisa membawa nasib buruk bagi kesehatan suaminya dan bahkan membuatnya terbunuh. Karena kepercayaan ini, para wanita Nepal tidak pernah melepaskan pote milik-nya, bahkan saat tidur di malam hari. Namun mereka juga kerap berganti-ganti model kalung pote yang dikenakan, mereka memakai yang baru dan mengeluarkan yang lama (umumnya setiap wanita menikah di Nepal memiliki lebih dari 1 kalung pote)

Video berikut ini merangkum secara singkat tentang proses pembuatan manik tradisional Nepal, Pote, yang terbuat dari kaca.

Kalung Tayo
Kalung Tayo adalah salah satu kalung tertua di Nepal. Ornamen tradisional Nepal ini awalnya terbuat dari emas karat tinggi namun karena harganya menjadi relatif mahal, dibuat juga dari tembaga emas atau kuningan. Jenis ini memiliki harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat luas.

ca. 2002, Kathmandu, Nepal — Nepalese Woman in Red and
Gold — Image by © Ludovic Maisant/CORBIS
https://gorkhatimes.wordpress.com/


Tikma
Tikma merupakan kalung yang terdiri dari beberapa plak logam yang dijahit pada kain (bisa berupa kain hitam, sutra atau beludru). Plak terbuat dari tembaga berlapis perak dan perunggu. Dalam ornamen tradisional Nepal, bunga atau burung merak adalah motif yang paling umum digunakan untuk membuat plak.

Tikma merupakan perhiasan tradisional Nepal yang populer di kalangan gadis-gadis untuk dikenakan dalam berbagai upacara : upacara pernikahan, dan tarian tradisional.

Berbagai Ornamen Pelengkap Manik Nepal.
Jenis perhiasan yang banyak di temukan di pasar-pasar tradisional Nepal, banyak dipengaruhi oleh kebudayaan negara-negara di sekitarnya, antara lain Tibet dan India.

Salah satunya adalah ornamen manik berikut, yang umum disebut manik-manik nepal di pasar Indonesia namun sesungguhnya desain aksesoris ini mengadopsi tradisi dari Ladakh, India (sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Tibet)

Manik Jenis ini umum disebut di Indonesia sebagai Nepal Beads, namun bila dipelajari lebih jauh manik jenis ini mengadopsi desain aksesoris tradisional dari Ladakh.

Ladakh adalah daerah tandus kering, di dataran tinggi yang terletak di negara bagian Jammu dan Kashmir India. Masyarakat Ladakh memiliki gaya berpakaian yang sangat khas dan senantiasa melengkapi dirinya dengan perhiasan yang sangat unik dan menarik. Ornamen wanita Ladakhi yang paling dikenal adalah hiasan kepala bertatahkan pirus yang disebut perak.

sumber : https://local-moda.blogspot.com/2015/06/ethnic-jewelry-of-ladakh.html

Namun salah satu alasan utama kenapa Kathmandu, Nepal sangat tinggi dalam daftar tempat untuk mendapatkan manik-manik dan perhiasan adalah karena disini kita bisa mendapatkan barang-barang khusus yang dibuat secara custom dengan mudah. Bahan yang digunakan pun snagat beragam mulai dari batu, tulang atau logam, hingga biji tumbuhan yang dikeringkan. Bahkan kita yang memiliki desain unik yang kita buat sendiri dapat memesannya dari pengrajin perhiasan di Nepal Kathmandu. (kie-2020)

Diambil dari berbagai sumber

 

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by