Jul 26

5 Kiat PeDe Berbisnis dari Rumah

“Dulu, Saya pun Gak Pede” Waktu pertama kali bikin bros buat dijual, saya juga sempet gak PeDe lhooo prend… Hahaha,¬†berbagai pikiran berkecamuk di dalam kepala, misalnya kaya : “Bakalan ada yang beli gak yaa?” “Orang nanti suka gak ya?” “Ada yg mau pake bros buatan saya gak yaa?” Dan aneka macam pemikiran galau bin ajaib lainnya ūüėĚ Setelah sering ngobrol dan cerita2 dengan teman-teman pengusaha lain (yang bahkan beberapa diantaranya telah sukses menjalankan usaha lintas negara) ternyata perasaan gak percaya diri ini, pernah dialami oleh hampir semua dari kita… artinya, kalau sekarang kamu ngerasa gitu juga… kamu gak sendirian koooo….

Kenapa Rasa Kurang percaya Diri Muncul? Banyak hal yang mendasari munculnya keraguan pada diri sendiri, diantaranya :

– Kurang Pengalaman biasanya karena baru pertama kali, dan sebelumnya gak pernah berbisnis sendiri. Kita ngerasa takut akan munculnya banyak kemungkinan saat bisnis mulai dijalankan. Padahal kadang ketakutan-ketakutan ini belum tentu terjadi lhoo… jadi ya kenapa gak dikerjakan aja dulu, ntar kalo ada masalah ya diselesaikan sambil jalan hihihihi…

– Terlalu Tinggi Memasang Harapan Berharap dan punya cita-cita tentu saja hal yang bagus ya, cuma kadang eh seringnya sih kalau terlalu waooow… kita bisa jadi depresi sendiri, akhirnya belum mulai pun sudah cemassss… ngerasa gak akan bisa, gak bakalan mampu… Berita baiknya, semua pencapaian besar dalam hidup seseorang terjadi setelah dia membuat pencapaian2 kecil, yang dilakukan terus menerus setiap hari. Karena sesungguhnya semua hal butuh proses, dan dengan konsistensi serta keyakinan gak ada hal yang gak bisa kita taklukkan lho prend..

– Tanpa Bekal Ilmu & Ketrampilan Biasanya kondisi yang ini terjadi, kalau kita bikin bisnisnya ikut-ikutan. Gak pernah belajar dulu, gak meluangkan waktu buat ngumpulin informasi dari kanan kiri, ya sejujurnya aja sangat wajar kalo di kondisi ini kita jadi gak Pede yaa… Tapi sebenernya ya prend, yang namanya belajar itu gak harus selalu dari bangku kuliah, ikut seminar, atau bergabung di lembaga kursus. Dengerin cerita orang yang sudah terlebih dulu sukses, atau mengamati hal-hal yang dilakukan oleh orang lain dalam menjalankan usahanya, sebenernya juga salah stau proses belajar yang akan membantu kita lebih percaya diri untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri untuk Mulai Berbisnis dari Rumah? Dari hasil berbagi pengalaman dan ngobrol dengan sesama teman pejuang bisnis rumahan, ternyata ini dia beberapa sharing mereka saat menghadapi rasa gak percaya diri

1. Ber-Gaul dengan Teman-Teman Yang Sudah Berbisnis  Hampir semua sepakat, cara ini paling membantu untuk menghindarkan rasa risau dan galau akibat kurang percaya diri saat akan memulai bisnis. Dari mereka yang sudah terjun duluan dalam usaha rumahan kita bisa mendapatkan cerita, baik pengalaman maupun tips bisnis, perasaan menemukan teman seperjuangan akan sangat membantu kita lebih Pede, karena menyadari bahwa kita tidak berjuang sendirian.

dari sesama teman seperjuangan, kita bisa saling belajar.

Kuncinya : Jangan sungkan dan gengsi untuk bertanya, kosongkan kepala untuk menerima saran dan masukan dari teman-teman. Biasanya sesama perempuan kita akan cenderung saling menguatkan dan nyemangati satu dengan yang lainya.

2. Belajar Kapan pun Dimana pun  Pengalaman dan Ilmu akan membantu kita lebih tenang dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis. Akan sangat bagus sekali kalau kita bisa rutin mengikuti kelas untuk menambah keahlian dibidang wirausaha. Misalnya mengikuti kelas pelatihan digital yang diadakan oleh Google-WomenWill.

peserta kelas google-womenwill di Kota Surabaya

Kelas ini di tujukan khusus untuk wanita pengusaha, dan diselenggarakan serempak di berbagai kota besar di Indonesia. Buat temen-temen yang di Surabaya bisa ikutan di

Cleo Hotel Jemursari Jl. Raya Jemur Sari No.157, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Kota SBY, Jawa Timur 60239 (031) 8483000 https://goo.gl/maps/DxjNYbY3y6k

Cara Daftarnya cukup dengan mengisi format di bawah ini Nama : No. WA : Email : Asal : (jika ada mengikuti komunitas dan organisasi silahkan sebutkan, atau bisa juga ditulis sahabat koleksikikie) Nama & Jenis Usaha : (sebutkan jika sudah memiliki usaha dan jika belum silahkan isi belum)

Lalu Kirim/WA format tersebut ke Intan 0815-5809-1336 atau langsung klik link http://bit.ly/waWW27juli

Kalau misalnya gak sempet ikutan kelas, bisa juga lho belajar melalui aplikasi Google Primer yang menyajikan berbagai hands-out materi tentang tips bisnis

aplikasi google primer membantu kita belajar banyak hal dari handphone kita

3. Luangkan Waktu untuk Ber-Istirahat dari Rutinitas Kalau lagi mulai bisnis dan mencurahkan semua tenaga serta pikiran buat mikirin bisnis kadang solusinya malah gak ketemu lho hihihihi *pengalaman pribadi

Ketika sudah ada niatan berbisnis dari rumah, ada baiknya untuk mulai membuat jam kerja yang lebih rapi. Kapan waktunya bisnis, kapan waktu gak boleh mikirin bisnis… dan melakukan hal-hal lain yang bikin happy. Karena kadang setelah mengambil jarak dengan pekerjaan kita akan ngerasa lebih semangat dan membantu percaya diri tumbuh.

Liburan bersama sahabat, bisa menjadi kegiatan manfaat penambah semangat

4. Buat Catatan Kegiatan Bisnis yang Kita Lakukan Walaupun terkesan merepotkan, catatan akan sangat membantu kita untuk melihat apa saja yang sudah kita lakukan dalam menjalankan usaha, termasuk diantaranya cara  kita mengatasi masalah yang timbul. Kalau menulis di buku terlalu sulit, kita bisa memposting nya di facebook dalam mode privat (untuk kita baca sendiri) tulisan-tulisan ini akan secara otomatis muncul di tanggal yang sama sebagai pengingat kita akan kejadian yang lampau.

Sebaiknya tulis juga pencapaian dan hal-hal baik yang sudah kita lakukan, seperti ekspresi bahagia pelanggan saat mengenakan produk yang kita jual, atau testimoni kepuasaan mereka atas pelayanan yang kita berikan. Mengingat pelanggan yang bahagia atas kehadiran kita, akan sangat membantu meningkatkan rasa  percaya diri ketika menghadapi masa-masa sulit, karena kalau kita menyerah pasti pelanggan ini akan kehilangan kita.

5. Selalu Berusaha u meLakukan yang Terbaik Konon perasaan menyesal selalu hadir ketika seseorang tidak mengerahkan segenap kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Dan rasa sesal ini umumnya akan membuat kita merasa minder, tidak pantas, dan jadi lebih gampang menyerah.

Trus gimana donk supaya apa yang kita lakukan lebih terarah? Coba buat sukses-sukses kecil yang akan membantu kita lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan bisnis. Bikin target2 sederhana, dan selalu berusaha mengerahkan segenap kemampuan terbaik untuk menyelesaikannya. Niscaya cara ini akan membantu kita lebih optimis dan percaya diri dalam memulai usaha di rumah.

Terimakasih Sahabat Koleksikikie Kalau ada yg sangat berjasa bagi tumbuh berkembangnya¬† ¬†koleksikikie hingga hari ini, mereka adalah para pelanggan pertama koleksikikie – teman-teman yg tetep beli dagangan saya, meskipun kemasannya waktu itu cuma kertas coklat yang dilipet2 gak jelas. – juga para sahabat yang pas mau make brosnya menatap dengan pandangan bingung sambil bilang “eh ini arah brosnya gmana sih kie, yg atas sama bawah yg sebelah mana..” Huahaha… saking ajaibnya desain bros yg dibuat kala itu – juga tentu saja semua orang yg saat mesen barang bilang, “terserah deh modelnya apa yg penting lu buatin aja kie..”¬† kemungkinan besar ya karena waktu itu yg mesen juga bingung sama apa yang saya jual huahahhaa…..

Masa-masa itu mungkin udah terlewati belasan tahun silam, tapi tetap meninggalkan rasa hangat di hati setiap kali dikenang.. Tanpa mereka yang percaya sama saya, rasanya pasti sangat sulit untuk menumbuhkan percaya diri bahwa saya bisa menjalankan bisnis rumahan ini. Maka bila ingin membantu teman yang memulai bisnis, mulailah dengan membeli satu dua barang yang dijual mereka dan tak lupa memberikan saran serta masukan yang bisa membantu mereka berkembang (kie).

Share this...FacebookPinterestTwitterLinkedin

Jul 26

Juli : Bros Wire Mutiara Gantung

Bros Mutiara adalah salah satu seri bros paling laris yang terjual di Koleksikikie dalam 3 tahun terakhir. Bros yang dibuat dengan menggunakan bahan baku utama berupa aneka mutiara dalam nuansa warna putih keemasan, menarik perhatian para penggemar aksesoris karena kesederhanaan yang anggun pada desain yang dimilikinya. Bros Wire Mutiara Gantung→ Baca selengkapnya

In:Uncategorized

No comments

Share on

Jul 24

Juli : Bros Etnik Batu Bengkok

BROS ETNIK KOLEKSIKIKIE Bros etnik Koleksikikie adalah seri bros koleksikikie yang dibuat dengan menambahkan sentuhan ornamen berbentuk lempengan aneka bentuk dan dalam beragam warna. Bahan Baku Bros Etnik Batu Bengkok Kali ini bros etnik-nya dirangkai dengan menggunakan bahan baku batu agate berbentuk bengkok, yang dipadukan dengan beragam kristal, manik batu→ Baca selengkapnya

Jul 11

Juli : Bros Etnik Batu Oval Panjang

Bros Etnik Batu Oval Panjang Bros etnik ini dibuat menggunakan bahan baku utama berupa batu agate oval panjang yg dirangkai pada lempengan cantik warna emas bakar, manik-manik disusun dengan kawat super ukuran 0.4 tanpa bantuan lem menjadikan rangkaian bros ini kuat dan tahan lama. Kemasan Bros Cantik Semua bros dikemas→ Baca selengkapnya

Jul 09

Juli : Kalung Manik Alexa

Kalung Manik Alexa adalah kalung manik-manik seri paling baru dari koleksikikie yang dirangkai menggunakan manik kaca handmade dari Jombang. Kalung ini dipadukan dengan ornamen warna keemasan agar tampak anggun dan mewah. Kalung dengan Desain Simple Minimalis Kalung susun ini memiliki desain yang simple dan unik, kedua sisi kalung memiliki warna→ Baca selengkapnya

Jul 07

Juli : Kalung Batu Nusaniwe

Kalung Batu Nusaniwe Adalah seri kalung batu di Koleksikikie yang terinspirasi dari keindahan sebuah wilayah di Kota Ambon, Indonesia. Kalung batu panjang ini memiliki desain yang sederhana, terbuat dari bahan manik batu agate cutting 12mm, kalung ini dipadukan dengan ornamen berbentuk perahu warna emas bakar yang etnik dan cantik Panjang Kalung Panjang→ Baca selengkapnya

Jul 06

Cara Mendaftar Masuk SMP Negeri di Kota Surabaya

LULUS SD Tahun ini, asisten pribadi sekaligus admin sosial media koleksikikie lulus dari SD, hihihihi… Yup akhirnya Dimas yang dulu balita itu akan masuk SMP gaess…. Rencananya kami akan mencoba untuk mendaftarkan diri masuk dalam sistem pendidikan sekolah negeri, setelah 9 tahun sebelumnya (dari TK sampe lulus SD) mengenyam pendidikan→ Baca selengkapnya

Jul 06

Juli : Bros Keranjang Etnik

Bros Keranjang Etnik Tetes Salah satu Koleksi bros etnik yang laris di koleksikikie adalah Bros Etnik Tetes, bros yang dirangkai menggunakan lempeng tetes spiral warna tembaga yang unik hadir dalam banyak pilihan warna yang menarik. Bahan Baku Bros Keranjang Etnik Bros ini dibuat dengan bahan beraneka ragam diantaranya : aneka→ Baca selengkapnya

Jul 03

Koleksikikie, Berpartisipasi Dalam Penelitian Dosen UPN

Koleksikikie, Terlibat dalam Proyek Penelitian Dosen UPN Tadi siang, saya hadir memenuhi undangan Mbak Aulia @aulia_wimbouw¬†u ikutan ngobrol2 seru bersama para Ibu Pejuang Bisnis Rumahan di Kayanna Restaurant¬†@kayanarestaurant¬†ada istilah kerennya lho Focus Group Discussion hihihi…

Jadi ceritanya Mbak Aulia (atau yang di kampus lebih beken dnegan nama Ibu Aulia Rahmawati yg masih muda tapi udah S3 ajah) adalah Dosen FISIP Jurusan komunikasi di UPN sedang membuat Penelitian ttg Perilaku Masyarakat Perkotaan, khususnya para ibu yang memutuskan menjalankan usaha di rumah, yah kaya kita-kita ginilah prend hihihi… .

Nah di acara FGD ini akan menjadi referensi materi untuk Proyek Penelitian yang rencananya akan dilakukan secara berkala setiap tahunnya, untuk melihat perkembangan yang terjadi di Masyarakat.

Aulia Rachmawati, Dr., S.Sos.M.Si

Wanita Pejuang Bisnis Rumahan¬† Di Lokasi ketemuan, saya betemu dengan beberapa teman seperjuangan, para mama-mama tangguh pejuang bisnis rumahan, diantaranya ada : – mbak Fiona juragan segala Rendang dan Dendeng khas Padang¬†@fiona_sego_padang_jingglang¬†juga – mbak Tanti pemilik¬†@happymommys¬†yang jago masak sekaligus mempersiapkan acara, party organizer gitu yaa… mulai dari acara ulangtahun, tunangan, sampai upacara tedak sinten atau turun tanah u bayi yang baru lahir – dan yang terakhir ada mbak Dian Jatu ownernya¬†@diazkitchen¬†yang punya tangan terampil bangett bikin aneka cake lucuuuu-lucuuu

mama-mama pejuang bisnis rumahan

FGD = Ngobrol dan Diskusi Seru Awalnya pas denger judul FGD, saya tuh ngebayangin diskusi panel gitu lho prend … eh ternyata formatnya malah ngobrol seru semi Cyurhat… Tentu saja cerita dibuka dengan sejarah bagaimana kami berempat bisa terjun bebas berbisnis di rumah seperti sekarang, dan ternyata yah Gaes.. Kita semua tuh sama-sama pernah kerja di Kantoran gitu…

Kalau sekarang ada yang maish kerja di Kantor tapi juga sambil mulai bisnis kecil-kecilan di sela waktu luang yang ada mungkin sekali waktu sempet galau kepikiran pengen resign ya… ada yang pada akhirnya memutuskan keluar kerja lebih cepat, ada yang masih bertahan kerja di kantoran sambil muter otak supaya bisa tetep jualan.

Dari ngobrol sejarah ini akhirnya kita sepakat mengambil kesimpulan bahwa apapun yang kita pilih, gak ada yg salah sama jalan hidup kita itu prend. Yah pernah kepikiran juga kalau ngeliat anak-anak yang lebih muda sekarang sudah punya usaha sendiri, “Harusnya memulai bisnisnya lebih awal nih.. Biar sekarang bisa lebih besar” Tapi harus diakui, ternyata pengalaman kita bekerja di kantor sebelum menjalankan bisnis sendiri ini, justru bikin kita lebih kuat ngadepin naik turun lika liku ngejalan usaha sendiri. Ibaratnya kalo dulu gak kerja ikut orang, mungkin usahanya gak bertahan ampe hari ini ūüėÖ

Mbak Tanti saat sharing pengalamannya sebagai HR Manager Perusahaan Nasional sekaligus Tukang Kue Handal

Jadi yah buat men temen yg sekarang masih galau, apakah harus resign atau teteup kerja.. Jalani aja prend, ini semua proses, karena akan tiba hari dimana hati dan tekad membulat hihihi.. .

Dukungan Keluarga Menjadikan Perempuan Berani Berkarya

Itu baru hasil diskusi bagian “Sejarah” lho ya belum menginjak alasan kenapa akhirnya milih berbisnis sendiri hingga sekarang. Tema yang menurut saya juga seru adalah tentang Peranan keluarga khususnya suami dalam mendukung bisnis yang dijalankan oleh para perempuan ini. Karena sehebat apapun kita menjalankan bisnis, sangat gak mungkin ya prend kalau itu dijalankan semata-mata karena kita sendirian, apalagi kalau rumah tangga sudah dikaruniai anak-anak yang membutuhkan perhatian orangtua dalam proses tumbuh kembangnya. Saat para Mama sibuk dnegan orderan, peranan Suami sebagai ayah dari anak-anak sangat dibutuhkan demi kelangsungan usaha. Dan kita berempat sepakat bahwa usaha kami bisa bertahan hingga saat ini ya karena dukungan dari keluarga.

selain keluarga, sahabat seperjuangan juga sangat berperan dalam kemajuan usaha para perempuan

Yang seru juga … selain suami, ternyata anak-anak kami sedikit banyak juga terlibat lho dalam proses bisnis. Putra Mbak Tanti yang sering lihat mamanya jualan, langsung dengan sigap nawarin kue bekal sekolah untuk dipesan teman-teman hihihihi… sementara anak Mbak Jatu yang masih duduk di bangku SD sudah bisa melipat kotak kue sekaligus mengisinya mengikuti petunjuk dari mama. Mbak Fiona sendiri, saat ini menjalankan bisnis masakan padang karena sejak SD dulu sudah terbiasa membantu Almarhumah Ibu-nya jaga di Restaurant Padang milik keluarga, pengalaman ini yang akhirnya membuat mbak Fiona memutuskan keluar dari Perusahaan tempatnya bekerja meskipun saat itu posisinya sudah lumayan banget….

Kalau sekarang ada di antara teman-teman yang sudah memiliki karier lumayan di kantor, trus pengen putar haluan dengan berbisnis sendiri di rumah menurut kami yang terpenting adalah ceritakan dulu niatan baik ini ke keluarga, sebelum menyusun rencana ke depan. Karena kadang beberapa keinginan harus terwujud lebih lama, karena adanya kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi. Tapi apapun yang saat ini masih jadi kendala, kalau ada dukungan dari keluarga, insyaallah dimudahkan dan bisa jadi berkah yaaa

Penelitian Tahunan¬† Gimana-gimana jadi penasaran kan sama hasil penelitian Ibu Dosen kita hihhihi… Untuk melihat bagaimana dampak dan perubahan yang terjadi di masyarakat dengan tumbuhnya fenomena Ibu Bekerja Di rumah, rencananya penelitian ini akan dilakukan secara berkala dengan melibatkan lebih banyak responden wanita bekerja di rumah. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan gambaran yang paling mendekati kenyataan…

Terimakasih banyak Ibu Dosen mbak Aulia, juga Mbak Ade asistennya, buat kesempatan yg sudah diberikan ke kita-kita. Terus terang dipilihnya tema ini dalam sebuah penelitian di Kampus menjadi Kebanggan tersendiri buat kami para ibu, bahwa ternyata langkah kecil yg kami lakukan dr rumah ini bisa membawa perubahan pada kelompok masyarakat yg lebih besar, dan semoga sih dampaknya posiitiiiif yaaa ūüėėūüėė‚̧‚̧

foto bersama Mbak Dosen Aulia dan teman-teman seperjuangan

Jadi yukkk ah ibu-ibu kita bekerja darii rumaaah , bikin perubahan positif untuk dunia yang lebih baik bagi putra putri kita… semangaaattt (kie)

Share this...FacebookPinterestTwitterLinkedin

Jul 03

Juli : Bros Wire Batu Bengkok

Bros Wire Seri bros wire bulan ini menghadirkan bros wire batu bengkok yang diikat dengankawat hias khusus warna abu-abu gun metal. Kawat ber-ukuran 1.5mm ini terbuat dari bahan alumunium yang lentur dan ringan, kawat ini juga tersedia dalam ragam pilihan warna. Guna menghasilkan perpaduan warna bros yang cantik, pemilihan warna→ Baca selengkapnya
Open chat
1
Halo ada yang bisa kami bantu
Powered by