May 07

Mei : Peniti Wire Batu Tabung

PENITI WIRE Bulan ini koleksikikie dimeriahkan dengan kehadiran peniti wire imut berbahan baku utama batu agate tabung. Bentuk penitinya imut, dengan sentuhan wire yang unik pada permukaan batu manau yang terdapat pada peniti. Peniti Wire Batu Tabung ini tersedia dalam Ukuran 4 cm x 1 ini Harga Peniti Rp 20.000 PROMO BELI→ Baca selengkapnya

In:Uncategorized

No comments

Share on

May 03

Mei : Bros Keranjang Kerang Lukis

Bros Keranjang Kerang Lukis Album kali ini memuat salah satu bros cantik berbahan dasar kerang lukis yang pada permukaannya dihias aneka motif yang unik. Ukuran koin kerang lukis ini 4 cm, kemudian kerang ini divariasi beragam jenis manik-manik yang disesuaikan dengan warna kerang koin pada setiap rangkaian bros. Bros Keranjang→ Baca selengkapnya

Apr 27

Koleksikikie di Pesta Pendidikan Surabaya

Pesta Pendidikan Surabaya

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, Bank Indonesia bekerjasama dengan para aktivis, pemerhati, juga pelaku di dunia pendidikan untuk berkegiatan bersama. Acara yang diadakan untuk merayakan praktik baik di dunia pendidikan ini juga diselenggarakan di 5 kota besar lainnya, diantaranya : Yogyakarta, Ambon, Bandung, Jakarta dan Makasar.

Berbagai Kegiatan Kreatif Hadir di Pesta Pendidikan

Tidak sekedar untuk bersenang-senang, tapi rangkaian kegiatan yang diadakan juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, mengajak lebih banyak masyarakat untuk bergerak, dan juga berbagi manfaat melalui serangkaian acara, diantaranya ada : #NgobrolPublik#PameranPublik#FestivalPublik, dan juga #BukaPintuSekolah

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya : – Sampaikan Pesan melalui Cerita, Kreatif Menulis Cerita Anak . – Hubungan Reflektif: Manajemen Emosi Diri . – Beranda PSPK: Setelah Membaca, Opo Maneh, Rek? . – Gerakan Pelajar; Dari Sekolah untuk Indonesia . – Workshop : Menulis Naskah Itu Mudah – Menghias Yoyo dan Keke’an bareng @kampoeng_dolanan – Transformasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Pelaku Industri Kreatif bersama @Koleksikikie

Sharing Pengalaman : Menginspirasi Melalui Cerita

Pada kesempatan ini saya menceritakan perjalanan membangun Koleksikikie selama 10 tahun terakhir

Semua Murid Semua Guru, adalah semboyan yang diusung dalam kegiatan ini. Karena sejatinya, dimana ada kemauan untuk belajar, disitulah kita bisa mengambil ilmu untuk belajar.

Membawakan Topik : Transformasi Ibu Rumah Tangga Menjadi Pelaku Industri Kreatif saya berbagi cerita, suka duka menjalankan usaha kerajinan tangan dari rumah selama sepuluh tahun terakhir.

Dan seneng deh melihat teman-teman yang hadir, karena semuanya terlihat penuh semangat, hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan oleh peserta “Apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha Mbak?” “Gimana cara menghitung bahan baku dan bagaimana tips agar laku” “Saya ingin memasarkan produk buatan kelompok saya, tapi gak tau cara mencari pasar yang tepat” “Kursus dan pelatihan apa yang harus saya ikuti untuk bisa memulai usaha sendiri” Hihihihi… keren-keren kan pertanyaannya

para ibu yang hadir tampak serius mengikuti acara

ACara Diskusi semakin seru karena kehadiran dari Mas Theo – Ideo, seorang penggerak ibu-ibu dari keluarga menengah ke bawah, untuk membuat kerajinan tangan. Mas theo sudah menekuni bidang ini selama 15 tahun, dan memproduksi barang-barang yang telah berhasil dieskpor ke berbagai negara. Di kesempatan ini, Mas Theo bercerita tentang suka duka menggerakan kelompok masyarakat, lengkap dengan tantangan yang dihadapi, harapannya makin banyak lagi dari kita yang peduli pada masalah sosial yang terjadi di sekitar kita, dan tergerak untuk memberdayakan kelompok ini demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

foto bersama para peserta seminar “transformasi Ibu rumah tangga menjadi pelaku industri kreatif”

Rasanya seneng dan bangga deh bisa terlibat menjadi bagian dalam kegiatan Pesta Pendidikan Nasional kali ini. Karena saya pribadi, ikut belajar dan mendapatkan banyak ilmu baru dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tsb. Semoga langkah kecil ini bisa membawa kita bersama menuju kehidupan yang lebih baik, dan pelan-pelan mewujudkan cita-cita kita. Amiiieeennn

Ucapan terimakasih yang tak terhingga, saya sampaikan untuk Mbak Inge yang telah mengajak saya untuk ikut berpartisipasi langsung di Pesta Pendidikan Nasional 2018, juga tentu saja untuk semua sahabat koleksikikie yang meluangkan waktu hadir di acara kemarin.

Foto Bersama Mbak Inge, salah seorang pemerhati pendidikan dan penggerak kegiatan kreatif di Surabaya

Sampai jumpa di event berikutnya ya sahabat (kie)

Bagikan tutorial melalui

Apr 26

“Qlapa : JUARAnya Produk Lokal Indonesia”

qlapa, marketplace yang menyediakan produk handmade buatan pengrajin Indonesia

Indonesia, Kaya Budaya Sudah lama Saya menyukai produk-produk kerajinan buatan tangan. Waktu SMP di Banjarmasin, membuat kain sasirangan adalah materi yang diajarkan di pelajaran PKK kelas 2 SMP, jadi anak-anak di sana sudah belajar cara membuat kain tradisionalnya sendiri lhoo.

Kalau lagi pulang ke rumah Ibu Mertua di Bali, tambah macem-macem lagi hasil kerajinan tangan yang bisa ditemui. Seni lukis, sehi pahat, ukir kayu, bahkan kerang yang dianggap limbah yang berserakan di pantai, bisa jadi produk yang menarik di tangan para pengrajin Bali.

aneka produk kerajinan dari batok kelapa

Pengrajin dan Permasalahannya

Selama lebih dari 10 tahun bergerak di dunia kerajinan tangan, Saya kemudian menyadari bahwa tidak semua teman-teman yang terampil memproduksi karya-karya yang indah ini, mampu memasarkan produknya.

Salah Satu Pengrajin Indonesia yang memanfaatkan limbah kayu

Kurangnya informasi, keterbatasan sarana dan prasarana seringkali menjadi alasan mereka tidak bisa berkembang, atau bahkan sekedar bertahan menjadi pengrajin produk handmade. “Gak ada yang mau mbeli bikinan saya ini mbak” “Ada yang beli sih, tapi nawarnya suadis mbak” “Saya suka sih bikin-bikin rajutan gini, tapi ya Ibu saya bisa sedih mbak…  sudah dikuliahin mahal-mahal kok sayanya malah jadi tukang bikin dompet aja hehehe” Rasanya malah sudah jadi rahasia umum, kalo jadi pengrajin apalagi yang kerjanya di rumah aja, kesannya jauh dari keren… hehehe

Qlapa, Rumahnya Produk Handmade Indonesia

Alhamdulillah akhir tahun 2015, hadir Qlapa di Indonesia.

Saya masih ingat saat seorang teman bercerita tentang Qlapa di acara kumpul-kumpul kami dengan sesama pengrajin aksesoris. “Kalo mau jualan hasil buatan tangan yang gampang ke qlapa aja..”

Ya bener juga sih, di Qlapa kita tinggal masukkan foto buatan tangan kita dari komputer rumah, dikasih keterangan tentang bahan yang digunakan, ukuran produk dan bentuk kemasannya, KLIK OK langsung produknya go online.

Kalau ada yang beli, kita dikirimi email, barang dipaketkan, resi kita input di sistem qlapa, trus uangnya ditransfer deh… proses menjawab pertanyaan calon pembeli, verifikasi pembayaran orderan, hingga iklanin jualan kita, semua dilakukan tim Qlapa.

Jadi ya sangat membantu sekali yaa, karena kita sebagai tukang bikin-bikin bisa lebih fokus di proses pembuatan barangnya…

Melalui Qlapa, kini para pengrajin tak harus berkeliling sendiri menjajakan produknya

Tak Hanya Menjual, Qlapa Meng-Edukasi  Dulu saat memotret produk, saya hanya memikirkan “yang penting produknya keliatan” Heuehe…

Setelah bergabung di Qlapa, tim kurasi tak bosan-bosannya mengingatkan kami saat ada hal yang bisa diperbaiki, lengkap dengan arahan apa yang harus kami lakukan. Kita sih menyebutnya dengan istilah “surat cinta” karena kalo gak cinta kita, pasti Qlapa gak akan kepikiran buat membantu kami pengrajin agar bisa memperbaiki kualitas produknya…

Selain itu, Qlapa juga secara aktif mengulas kisah para pengrajin yang tergabung didalamnya. Dan inspiratif banget lho cerita-cerita yang diulas, dan banyak anak mudanya, beberapa diantara pengrajin muda ini tergerak untuk memasarkan produk handmade karena kepeduliannya terhadap permasalahan sosial di Masyarakat. Jadi gak melulu soal uang, tapi bagaimana membuat kerajinan bisa bermanfaat bagi orang banyak… Duh kalau baca itu, rasanya jadi tambah semangat dan PeDe, ternyata pengrajin Indonesia ini keren-keren lhooo hihihihi

Saya bangga memakai produk buatan pengrajin Indonesia

Belanja di Qlapa, Mudah, Praktis dan Ekonomis

Sekarang, saya jadi hobi belanja di Qlapa. Selain bisa di akses melalui handphone, cara transaksinya juga cepat, tinggal transfer (biasnaya saya sih ke rekening BCA Qlapa) trus nanti dikabari melalui email, pada setiap prosesnya… Jadi mulai dari transferan di terima, kapan penjualnya memproses, saat barang sudah dikirim ke kurir, hingga estimasi barang sampai di rumah kita.

Trus kalau kita bingung cari kado nih ya, di pojokan paling atas halaman Qlapa ada tuh tulisan “Perayaan & Hadiah” ada banyak pilihan kado custom yang bisa kita pilih, dan akan dibuatkan khusus sesuai yang kita inginkan gitu. Kartu-kartu ucapan lucu buatan tangan juga ada lhoo…

Saya sendiri sukanya beli hiasan rumah yang ada di album “Rumah dan Dekorasi” karena hiasan yang dibuat lucu-lucu banget. Dengan tambahan hiasan dinding yang diproduksi oleh pengrajin di Qlapa, tampilan toko di garasi rumah pun jadi lebih keren deh…

Yuk Dukung Pengrajin Indonesia ! Saat produk kerajinan tangan buatan lokal bisa ada di hati masyarakat Indonesia, saya percaya dan optimis bahwa produk buatan anak negeri ini akan mampu bersaing dengan produk Internasional, dan mengharumkan Nama Bangsa Indonesia.

Dengan berbelanja di Qlapa berarti kita sudah mendukung pengrajin Indonesia mewujudkan mimpinya… yuk berikan dukunganmu pada para pengrajin Indonesia (kie)

Bagikan tutorial melalui

 

Apr 15

Bazar Semiloka Batik di Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya

Seminar & Bazar dalam Rangka Peringatan Hari Kartini

Hari Kamis tanggal 5 April 2018, bertempat di Gedung Graha Wiyata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Koleksikikie hadir memeriahkan event bazar. Acara ini juga dilakukan dalam rangka memberi dukungan penuh kepada sahabat baik saya  @mitafebriyanti  yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Pecinta Kain Tradisional Indonesia, atau lebih dikenal dengan nama Himpunan Ratna Busana.

Pada Event Semiloka Batik kali ini, Himpunan Ratna Busana Cabang Jawa Timur bekerjasama dengan Komunitas Cinta Berkain Indonesia – KCBI mengadakan serangkaian acara untuk mensosialisaikan kegiatan berkain kepada masyarakat luas sekaligus juga ajakan untuk mencintai kekayaan budaya kita.

Dalam acara yang bertajuk “Semiloka Batik – Dari Ibu untuk Negeri” ini, Mita bersama rekan-rekan yang tergabung dalam HRB – JATIM membawakan kain batik tulis kuno yang sudah berusia puluhan tahun dalam peragaan busana sederhana di depan para audience yang hadir.

Pada kesempatan ini Mita juga sengaja memakai aksesoris @koleksikikie sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan produk buatan anak bangsa, dan semoga sih bikin semakin banyak yang jatuh cinta pengen beli ya hihihihihi

Mita, tampil di depan undangan membawakan batik tulis yang sudah berusia puluhan tahun dan langka di Indonesia

Para Anggota Komunitas Himpunan Ratna Busana – Jawa Timur

Bazar KARTINI – Diselenggarakan Untuk Memperkenalkan Produk Unggulan dari Ibu-Ibu Surabaya

Selain peragaan busana untuk memperkenalkan kain batik langka dari Indonesia, pada kesempatan ini juga diselenggarakan bazar produk UKM, khususnya yang dimiliki para wanita wirausaha dari Kota Surabaya, dan memiliki ciri khas unik yang mengedepankan keragaman budaya dan seni dari Indonesia.

Tak mau ketinggalan, Koleksikikie ikut hadir meramaikan bazar ini dengan membawa produk-produk unggulan kami.

aneka produk aksesoris handmade koleksikikie

dek Komah, siap melayani para pelanggan yang mampir di stand bazar koleksikikie

aneka produk aksesoris seperti bros, kalung, gelang, peniti hijab, anting dan cincin tersedia di stand koleksikikie

Jalin Silaturahmi dan Keakraban dengan Perempuan Inspiratif dari Surabaya

Event bazar yang diselenggarakan Komunitas seperti ini selalu menarik untuk diikuti, karena selain para peserta yang hadir adalah pecinta produk buatan tangan Indonesia, beberapa diantaranya juga merupakan tokoh wanita yang cukup disegani dan dicintai di Kota Surabaya.

Dari event seminar Semiloka Batik, yang materinya dibawakan langsung oleh Ibu Nuniek Silalahi dengan moderator DR Pinky Saptandari, ada banyak pengetahuan dan ilmu yang dapat diambil manfaatnya bagi kita perempuan Indonesia.

berfoto bersama sahabat koleksikikie – Mbak Muthie yang hadir di acara ini

Semoga acara bermanfaat ini dapat terus diadakan dan memberi manfaat kepada masyarakat lebih luas. (kie)

Bagikan tutorial melalui

Apr 11

April : Kalung Batu Tambolaka

KALUNG BATU TAMBOLAKA adalah kalung batu seri Nusantara yang mengangkat nama Kota di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kota yang terkenal memiliki pemandangan pantai yang indah ini terkenal hingga ke mancanegara. Di Tambolaka ada sebuah pantai yang sangat indah bernama Pantai Nihiwatu, sayangnya di pantai ini telah dibangun sebuah→ Baca selengkapnya

Apr 09

April : Kalung Batu Kiluan

Kalung Batu Kiluan Seri Kalung Nusantara di Koleksikikie merupakan seri kalung etnik yang menggunakan material manik batu aneka warna dan bentuk. Kali ini seri kalung Nusantara menghadirkan Kalung Batu Kiluan, kalung etnik dengan ornamen emas bakar berbentuk oval yang unik. Asal Kata Kiluan Kalung Batu Kiluan menggunakan bahan baku utama→ Baca selengkapnya

Apr 06

April : Kalung Tenun Aishwara

Kalung Tenun Aishwara adalah salah satu seri kalung tenun yang ada di koleksikikie. Aishwara sendiri dalam bahasa sangsekerta memiliki arti kata makmur/kemakmuran, kalung tenun dengan hiasan charm daun ini diharapkan juga bisa memberikan harapan kemakmuran bagi penggunanya. Kalung Tenun untuk Busana Casual Kalung tenun Aishwara terbuat dari tali tenun aneka→ Baca selengkapnya

Apr 05

April : Kalung Batu Atambua

Kalung Batu Atambua adalah seri kalung batu berukuran pendek yang hadir di http://www.koleksikikie.com  Terbuat dari bahan batu kerikil/chips aneka warna, batu ini dirangkai dengan liontin batu donat dalam paduan warna yang senada. Rangkaian batu ini cocok untuk dipadankan dengan busana casual ataupun santai. Harga Kalung Batu Atambua Rp 95.000/buah Panjang kalung 60→ Baca selengkapnya

Apr 04

Tips Membentuk Tim Kerja untuk UKM

Suka Duka Berbisnis Di Rumah Sebagai pebisnis rumahan, yang juga manusia biasa saya juga sering lho ngerasa jenuh, kaya ‘stuck’ aja gitu, bosen, capek. Trus kalo lagi gitu ya satu-satunya hal yg saya lakukan adalah istirahat. Berhenti sejenak ngerjain hal-hal yg bikin capek tadi, trus nyari alternatif kegiatan lain yg kayanya seru. Biasanya sih tidur (wkwkwkw… habis penyebab utama jenuh biasanya capek fisik ya, kalo habis tidur seringnya jadi bahagia pas bangun) atau bisa juga ketemu genk posesip, alias sahabat-sahabat deket saya, sekedar buat ketawa-ketiwi mbahas apalah-apalah… atau baca koleksi komik kesukaan, atau sekedar jalan-jalan gak jelas.

Pentingnya Punya Tim Kerja Bagi UKM Pas usaha masih di tahun-tahun perkenalan, terus terang gak terlalu terasa kalo libur agak lama yaa.. Tapi setelah cukup diterima di hati para pelanggan kesayangan. Menghilang sesaat sama artinya dengan Slow Response alias “Kok orderannya lama sih gak dibales2”

Disinilah baru kerasa pentingnya untuk membekali tim kita dengan sistem yg jelas. Orderan diterima siapa, yg posting foto tugasnya siapa, packing paketan dikerjakan siapa, termasuk ngecek resi pengiriman. Agar saat kita tidak bisa berfungsi optimal, ada tim yang membantu menjalankan kegiatan bisnis kita.

Tim Kerja Koleksikikie tercinta

Nah cuma biasanya kita galau tuh saat kita masih sendiri dan ingin mencari anggota tim ya. “Siapa yg diajak bekerjasama memperkuat bisnis rumahan kita” “Nyarinya dimana nih yang mau kerja di UKM kaya kita” “Kalo mau kerja trus digaji berapa nih” “Ntar mereka ngerjain apa aja ya” dan lain-lain sebagainya 😅😆

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mencari Karyawan untuk UKM Sebelum memutuskan mencari Karyawan, menurut saya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. secara sederhana berikut tahapannya :

1. Catet dulu dalam sehari biasanya tugas kita ngapain aja. Kalau pertanyaan pertama ini sulit dijawab, artinya selama ini kita sendiri masih belum tau lho apa yang wajib kita lakukan untuk memajukan usaha. Di tahap ini ada baiknya kalau kita mulai mendata pekerjaan-pekerjaan yang bisa meningkatkan kemajuan usaha kita.

2. Trus urutkan pekerjaan tersebut, dari yg paling gampang sampe paling susah. Paling ampang disini artinya bisa dilakukan siapa saja, bahkan yang tidak memiliki ketrampilan khusus ataupun pengalaman

3. Jangan lupa kasih keterangan tugas mana yg mendatangkan uang, mana yg menghemat pengeluaran.  Misalnya : – posting foto di sosial media mendatangkan uang, kalo foto sering diupload, banyak yang lihat, akan banyak yang order. kalo lupa upload tambah sedikit kemungkinan orderan datang – mengemas paket barang dan mengirimkan ke kurir kalo kemasan rapi, komplain akan jarang, otomatis kita berhemat pengeluaran tak terduga. Kalo barang bisa diambil kurir di rumah tanpa harus kita kirim sendiri, maka kita menghemat biaya transportasi

4. Mulai bikin simulasi sederhana. Kalau pekerjaan tadi dikerjakan orang lain, berapa yg bisa kita hemat atau berapa rupiah yang bisa kita dapatkan lebih banyak. misal : setiap posting foto biasnaya dateng order senilai 100rb, kalo posting foto setiap hari sekali, ada harapan uang akan datang 3 juta rupiah. Kalo karyawan bisa mendatangkan orderan 3 juta rupiah, gapapalah 500ribunya buat dia… Seandainya gaji sebulan harusnya sejuta, berarti karyawan tadi selain posting foto di sosmed, bisa juga nih dibuatkan akun di marketplace, jadi seklai posting foto bisa dilakukan di market place, bisa sekaligus juga posting di market place. Makin banyak yang lihat produk kita, makin besar kemungkinan barang terjual

Kerjakan Sendiri atau Kerjakan Bersama (Tim) Di awal sih pasti susah banget u bikin tim yg solid. Nyari satu buat mau kerja di UKM kita aja biasanya sudah penuh perjuangan… hahahaha, belum lagi kalau di dalam hati kecil kita (yang sudah biasa mengerjakan banyak hal sendirian)terselip sedikit rasa agak gak ikhlas, buat ngeluarin sekian juta rupiah untuk hasil yg bisa dibilang gak pasti, “iya kalo anaknya rajin, kalo males gmana..” “Kalo ntar pegawainya dikasih tau gak ngerti2 gmanah ” dan banyak kegalauan lainnya lagi .. 😆😆

Di saat gini ada baiknya kita mengingat-ingat kembali, bahwa: “Sebaik2nya bisnis adalah bisnis yg memberi manfaat buat banyak orang..” Kalo usaha rumahan kita bisa mbantu lebih banyak orang, Insyaallah akan lbh banyak yg bantu doain.. Dan dari doa tulus ini akan tercipta usaha yg berkah dan amanah. Serta pastinya.. Kita jd bisa punya banyak waktu buat istirahat saat lelah 😆😅 *eeeaaaaa

*cuma biasanya sih, pas inget angka gajian yg harus dibayar motivasi kerja langsung tumbuh seketika 😂😂😆😆 liburpun tak pernah lama

Bagaimana Cara Mencari Karyawan Kalau dengan pertimbangan di atas tadi kita akhirnya memutuskan untuk tetap punya karyawan, menurut saya untuk UKM seperti kita ada baiknya mencari orang-orang di lokasi terdekat untuk berpartisipasi membantu pekerjaan kita.

Orang dari lokasi dekat tempat usaha mungkin tidak terlalu terampil, namun : – mereka tidak membutuhkan biaya transportasi yang besar untuk berangkat kerja – karena jarak yang dekat, risiko datang terlambat bisa diminimalisasi – kredibilitas karyawan dapat dicek melalui informasi dari orang-orang sekitar yang juga kita kenal – karena ada kedekatan lingkungan pergaulan, biasanya jadi saling menjaga, kalau mau ada niat jahat mikirnya panjang, habis kan tinggalnya deketan hehehehe…. (ini hasil cerita adri sesama teman-teman pebisnis UKM yaa prend hihihihi)

Tapi saya sendiri biasanya melakukan hal ini ketika sudah berjumpa calon karyawan yang tepat : 1. Menanyakan motivasi atau alasannya ingin bekerja 2. Memberikan gambaran tugas yang harus dilakukan setiap hari, lengkap dengan harapan yang saya inginkan 3. Kalau setelah diberi gambaran pekerjaan, calon karyawan bersedia dan menyanggupi untuk bekerja di tempat kita, sampaikan nilai gaji yang akan kita berikan, lengkap dnegan keterangan tambahan bagaimana gaji tersebut bisa bertambah atau berkurang setiapo bulannya. (Misal, kalau berhasil menjual lebih banyak dari target akan ada bonus, kalau sering bolos kerja ada potongan gaji)

Untuk kebutuhan administrasi sederhana, biasanya saya juga meminta calon karyawan saya untuk mengisi biodata, dan menandatangani kesepakatan peraturan kerja. Isi kesepatakan kerja juga sederhana kok, di dalamnya terdapat keterangan jam kerja, tata cara minta izin tidak masuk atau sakit, panduan berbusana selama kerja, serta kesanggupan untuk bekerja dengan rajin dan jujur.

Hihihihihi kayanya sih kalo ditulis semacam mudah ya, tapi aslinya sih harus senantiasa diiringi dengan doa.. karena mencari tim kerja yang handal itu sejatinya hampir mirip dengan mencari jodoh, Tapi kaya kata Bang Afgan, walaupun mungkin panjang berliku, jodoh pasti bertemu *eciyeehhh

Simak juga Tips Bisnis saya yang lain di link youtube berikut ini ya prend

Bagikan tutorial melalui