Mar 08

Tutorial Membuat Anting Bunga Mawar

Bahan yang dibutuhkan : – satu bungkus bunga rumbai Rp 5000 – satu bungkus ring ukuran 8mm Rp 5000 – satu bungkus kait anting gold Rp 5000 – satu bungkus topi gelas Rp 7.500 – satu lem F600 Rp 10.000 Alat untuk membuat aksesoris : berupa Tang set dan gunting→ Baca selengkapnya

Mar 06

Maret : Bros Keranjang Batu Bengkok

BROS KERANJANG BATU BENGKOK Bros keranjang batu bengkok ini dibuat diatas sarangan bros 3 cm. Sarangan ini dilengkapi dengan klep penjepit pada keempat sisinya, sehingga tidak membutuhkan lem untuk merekatkan bros pada bagian berpeniti. Bagian tampilan belakang bros pun menjadi lebih kuat dan rapi. Bros cantik ini menggunakan bahan baku→ Baca selengkapnya

Mar 05

Maret : Kalung Tenun Ayodhya

Kalung Tenun Ayodhya Kini hadir kembali, dengan varian warna kain tenun yang baru. Kalung Tenun Ayodhya adalah seri kalung berbahan baku utama berupa kain tenun. Kain dijahit menyerupai tali, lalu disusun 3 tingkat dengan panjang kalung  yang berbeda, sehingga kalung tampak bertumpuk saat dipakai. Desain Kalung Tenun Ayodhya sederhana dan modern,→ Baca selengkapnya

Mar 05

Maret : Kalung Tenun Ayodhya

Kalung Tenun Ayodhya Kini hadir kembali, dengan varian warna kain tenun yang baru. Kalung Tenun Ayodhya adalah seri kalung berbahan baku utama berupa kain tenun. Kain dijahit menyerupai tali, lalu disusun 3 tingkat dengan panjang kalung  yang berbeda, sehingga kalung tampak bertumpuk saat dipakai. Desain Kalung Tenun Ayodhya sederhana dan modern,→ Baca selengkapnya

Mar 02

Maret : Kalung Manik Zalora

Kalung Manik Zalora Kalung ini dibuat dengan menggunakan bahan manik kaca yang dibuat secara handmade oleh pengrajin manik-manik dari Jawa Timur. Dengan desain yang simple minimalis, kalung ini cocok untuk dipadukan dengan busana casual. Keunikan kalung ini terletak pada aksen ornamen pembatas besi warna emas bakar di kedua sisi ujung→ Baca selengkapnya

Mar 02

Maret : Kalung Manik Zalora

Kalung Manik Zalora Kalung ini dibuat dengan menggunakan bahan manik kaca yang dibuat secara handmade oleh pengrajin manik-manik dari Jawa Timur. Dengan desain yang simple minimalis, kalung ini cocok untuk dipadukan dengan busana casual. Keunikan kalung ini terletak pada aksen ornamen pembatas besi warna emas bakar di kedua sisi ujung→ Baca selengkapnya

Feb 17

MENCIPTAKAN PRODUK SOLUTIF, AGAR PRODUK LARIS TERJUAL

Kalau baru pertama jualan, ada banyak gundah yang ada di hati ya, salah satu yang mungkin sedang dirasakan oleh sahabat Koleksikikie ya perasaan seperti ini “Banyak yang bilang buatan saya bagus, tapi kenapa penjualannya masih gak bagus ya?”

PRODUK BAGUS vs PRODUK SOLUTIF Pujian akan suatu hal, kerap kita lontarkan saat melihat hal yang menarik. Tapi keputusan membeli, biasanya baru dilakukan ketika kita merasa membutuhkan barang yang ditawarkan. Yah bayangin berapa banyak uang yang keluar, kalo setiap liat yang lucu kita beli  Kurang sejalan dengan visi misi hidup hemat Mamah cermat  Maka sbgi pengusaha serba bisa #ZamanNow (alias ya yang mbikin, ya sekaligus yang njual juga 😆). Sangat penting bagi kita, u bisa mengubah produk yang sudah bagus dan menarik tadi menjadi “produk yang solutif” . Istilah produk solutif ini sebenernya karangan saya sih hihihihi… kata ini saya tujukan untuk produk yang bisa menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi orang lain. Produknya bisa sama persis, bahasa marketingnya lah yang akan mengubah produk yang sama tadi menjadi solusi bagi calon pelanggan kita. Jadi kuncinya justru bagaimana membuat bahasa pemasaran yang bisa meningkatkan level produk yang kita jual.

“Bros cantik dari mutiara ini memiliki ukuran mungil, cocok untuk dipakai sehari-hari. Paduan warna putih dan coklat keemasan akan menjadikan bros ini pas dipakai dgn beragam busana” Yang suka hemat & pengen cantik jadi langsung beli pas baca kalimat cocok buat semua baju

“Kebab yang kita jual ini selain enak memiliki ukuran mungil yang pas untuk anak-anak, sehingga cocok untuk bekal sekolah si kecil” Ibu yang memiliki kesibukan padat di pagi hari tapi juga harus menyiapkan bekal untuk anak-anak, langsung pengen beli dengan adanya informasi ini.

“Semua kerudung yang kami jual, dikemas dalam kotak yang eksklusif. Kemasan cantik ini memudahkan kita saat ingin menghadiahkannya u orang tersayang” Awalnya gak pengen beli, begitu baca kalimat yang tersayang jadi kepikiran buat menghadiahkan ke seseorang.

BAGAIMANA MEMBUAT PRODUK YANG SOLUTIF Walaupun terlihat mudah, tapi dibutuhkan kejelian untuk memiliki ketrampilan ini. Saya sendiri awalnya ya juga mengalami lho apa yang mungkin sedang teman-teman alami saat ini, dan memilih alasan-alasan seperti kebanyakan orang saat akan menawarkan barang jualan saya.

Yah alasan2 sejuta umat seperti : – karena buatan saya bagus – karena harga barang saya murah – karena jarang lo yang menjual produk yang saya bikin ini Trus tetep gak ada yang beli… huahahahahaa  syediiihhhhh….

Setelah kemudian saya renungi baru saya tersadar, bahwa alasan yg banyak tadi selalu ttg “SAYA” padal yg mau saya minta untuk membeli kan orang lain, kenapa kok saya gak mikirin tentang mereka ya. Lalu saya mulai mengoreksi alasan2 kenapa produk saya penting untuk dibeli, dengan pertanyaan sederhana “Bagaimana produk saya bisa memudahkan hidup orang lain”

FOKUS PADA PELANGGAN MEMBANTU PENJUALAN MELESAT Dengan fokus pada keinginan memberikan manfaat lebih banyak, saya jadi mulai bisa menemukan lebih banyak alasan kenapa produk saya bermanfaat untuk pelanggan tersebut, dan bisa menjadi solusi yang memudahkan hidup mereka.

Agar lebih memahami apa yang mereka butuhkan, kita bisa membuat kuisioner, ataupun ngobrol-ngobrol ringan tentang apa yang mereka hadapi dan inginkan. Cara ini akan membantu kita untuk bisa lebih mengenal dan memahami seperti apa pelanggan yang membutuhkan produk kita.

Jadi ayooo berdagang dan bermanfaat buat lebih banyak orang. Karena sebaik-baiknya pedagang, adalah pedagang yang bisa memberikan manfaat buat orang banyak kan ya… (kie)

Bagikan tutorial melalui

 

Feb 15

Workshop Membuat Kalung dari Perca Batik dan Tenun

WORKSHOP MEMBUAT KALUNG BATIK di Rumah Kreatif Mandiri Hari Selasa, Tanggal 13 Februari 2018 bertempat di Rumah Kreatif BUMN Mandiri, Jln Khairil Anwar No.20, Darmo, Wonokromo Surabaya sebanyak 16 orang sahabat koleksikikie berkumpul bersama untuk mengikuti kegiatan pelatihan membuat aksesoris dari perca, atau potongan-potongan kain batik dan tenun. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Mbak Soraya, selaku Marketing Manager Rumah Kreatif BUMN Mandiri yang hadir diantara kami pagi itu.

APA ITU RKB MANDIRI? Rumah Kreatif BUMN Mandiri adalah rumah yang keberadaannya ditujukan untuk memfasilitasi berbagai kegiatan kreatif, edukatif bagi masyarakat khususnya para pemilik usaha kecil menengah. Dengan menjadi anggota di RKB Mandiri, kita para pemilik UKM berkesempatan u mendapatkan berbagai pelatihan untuk pengembangan usaha, kesempatan untuk ikut bazar dan pameran, bisa terdaftar sebagai merchant di blanja.co.id dan produk yg kita punya akan bisa di display di RKB Mandiri. Whuaa seruuu banget kan.

Pada kesempatan ini, Mbak Soraya mengajak sahabat koleksikikie yang hadir dan merupakan pemilik UKM di Surabaya, untuk mendaftarkan diri sebagai anggota. MBak Aya berpesan untuk jangan sungkan bertanya dan berkonsultasi langsung karena Mbak Aya dan staf akan dengan senang hati membantu kita.

PELATIHAN MENGOLAH PERCA BATIK MENJADI AKSESORIS CANTIK Tepak pkl 09.30 kegiatan workshop dimulai, dengan pengenalan mengenai jenis kain tradisional khas Indonesia dan berbagai teknik yang bisa diaplikasikan untuk membuat beragam aksesoris dari bahan kain/tekstil. Selanjutnya peserta yang hadir, diajak untuk praktek langsung dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan oleh tim koleksikikie.

Semua peserta yang hadir tampak serius mengerjakan tahap demi tahap yang diajarkan dikelas, dan berhasil membuat kalung serta gelang dari perca batik.

FOTO BARENG DENGAN PESERTA Kumpul rasanya jadi kurang seru kalau gak ada kegiatan foto barengnya ya, sama hal nya dengan kegiatan pelatihan kemarin. Di akhir acara kita semua tak lupa mengabadikan moment penting penuh kekeluargaan ini kedalam foto bareng, ini dia beberapa diantaranya :

Kegiatan Pelatihan membuat aksesoris dari kain perca batik ini adalah yang kedua kalinya diadakan oleh Koleksikikie di Tahun 2018. Sebelumnya Koleksikikie menyelenggarakan kegiatan serupa pada event Action Sunday yang diikuti oleh berbagai komunitas di Sutos Surabaya. Buat teman-teman yang belum berkesempatan ikut workshop di bulan Januari dan Februari, bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas yanga kan kita adakan di Bulan Maret 2018 ini.

WORKSHOP MEMBUAT AKSESORIS DARI PERCA KAIN BATIK & TENUN

Halo Sahabat KoleksiKikie

Yuk Ikuti pelatihan bersama Kikie dari Koleksikikie.com Hari Jum’at, Tanggal 1 Maret 2018 Acara dimulai Jam 11.00 sd 14.00 di FESTIVAL HINGGIL BATIK 2018 GRANCITY CONVEX SURABAYA

BIAYA INVESTASI Rp 200.000 Bayar sebelum tanggal 28 Februari 2018 DISKON 50% HANYA Rp 100.000 saja

Pada pelatihan ini, peserta akan diajarkan cara mengolah perca kain menjadi manik-manik untuk kemudian dirangkai menjadi beragam aksesoris cantik yang bernilai ekonomi.

Peserta akan mendapatkan : – perca batik – bahan pelengkap untuk membuat aksesoris senilai Rp 100.000 – lembar tutorial untuk praktek di rumah

Peserta yang mendaftar ikut pelatihan diharapkan datang 30menit sebelumnya dengan membawa : – gunting kain – jarum dan benang, – pensil & penggaris – tang untuk merangkai aksesoris – serta tambahan kain batik/tenun sesuai selera untuk pengembangan kreasi aksesoris yang lebih cantik

Pendaftaran dapat dilakukan via WA di nomer XL : 087.88.222.7080 (LUTFI) INDOSAT : 0857. 3323.1220 (Moon) TELKOMSEL : 08.222.888.7080 (ELOK)

Bagikan tutorial melalui

Feb 15

Pentingnya Mengenal Produk Yang Kita Jual

SEMUA DAGANGAN PASTI LARIS Dari dulu, Saya percaya semua dagangan punya jodohnya, alias “Gak ada dagangan yang gak laku… yang ada hanya dagangan yang belum menemukan pembeli yang tepat” hihihihi… Tapi pembeli yang tepat juga gak bisa hanya ditunggu prend, Kalau sekarang masih ngerasa “Kok belum ada yang beli kalung saya ya.. padal sudah difoto, dipajang, dikasih keterangan panjang, tapi jangankan dibeli, di-love aja jarang…” Eits jangan sedih dulu…

Karena ketika foto tadi dilihat oleh orang yang gak tepat, akan ada sejuta alasan buat gak jadi beli “Bagus sih… cuma mahal banget ya, di ITC 100rb dapet 3” “Lucu sih kalungnya, cuma mau dipake kemana.. gue orangnya tomboy” “Aku suka sih kalung panjang, tapi kalo warna pink.. gak deh” huhu… kalo ditulis tambah banyak, kayanya malah bikin demotivasi yeee haha…

KENALI PRODUK YANG KITA JUAL Seperti mencari jodoh, ketika kita gak mengenali siapa diri kita dan kriteria pasangan seperti apa yang kita inginkan, akan sangat sulit buat ketemu idaman hati. Ibaratnya “Gmana mau ketemu, kalau apa yang mau dicari aja kita gak tau” Jadi syarat utama bertemu pembeli adalah harus tau dulu donk pembeli yang kita cari itu yang gimana

Kalau misal pengen pasangan yang baik hati, cerdas dan peduli sesama. Nah orang kaya gini ketemunya dimana sih? Oh di kegiatan bakti sosial, biasanya mereka aktif di kegiatan masyarakat.. Nah kalo kita sendiri agak males ikutan kegiatan yang kaya gini, ya susah juga ya buat ketemu dan kenal sama tipe idaman ini.

Sama halnya kalau yang kita inginkan adalah pasangan yang rajin olahraga, punya badan sehat, atletis, yang bikin deg-deg ser.. ya kemungkinan besar tipe ini akan banyak dijumpai di tempat olahraga, klub hidup sehat, lapangan yang suka ditongkrongin anak-anak hobi lari di pagi hari… kalo kitanya bangunnya aja siang, trus olahraga seingetnya aja ya jelas susah banget yaaak ketemu yang model ginian hihihihi

Nah dagangan juga punya kisah yang hampir mirip. Saat kita gak tau produk yang kita jual, akan sangat sulit sekali menawarkannya ke pelanggan yang tepat.

Jadi kalau memang kalungnya buat anak-anak, dengan desain yang lucu, bahan yang ringan dan aman, ya carilah calon pelanggan di TK-TK, atau titipkan di sanggar aktivitas anak, kalo bisa yang fashion show atau tari, karena anak-anak ini lebih sadar akan penampilan dan yang terpenting datang kesana dianter mama-mamanya yang siap mbelikan…

Kebalikannya kalau kalung yang kita jual beraliran etnik, kualitas premium dan desain yang nyeni. Susah banget kalo harus menjual kalung ini ke kelompok mahasiswa… jauh lebih efektif kalau kita bergabung di komunitas pecinta kain nusantara, atau kelompok rotary.

Tapi kalau belum gabung kita udah pesimis “Ah aku sih orangnya males gabung ama ibu2 jetset gitu.. mending di rumah aja tidur” Ya mungkin kita harus merevisi ulang produk yang kita jual lho, cari yang lebih cocok dengan kita, yang mau kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh sepenuh hati. Karena hanya perjuangan maksimal yang akan mempertemukan kita dengan hasil maksimal.

Jadi gak boleh patah hati dulu sebelum nyoba kenalan lho yaaa Semangat sahabat… (kie)

Bagikan tutorial melalui

Feb 12

Februari : Bros Batu Oval Panjang

BROS BATU OVAL PANJANG Bros batu oval panjang ini adalah salah satu jenis bros yang paling banyak terjual di koleksikikie. Bros ini menggunakan batu berbentuk oval panjang, yang divariasi dengan aneka jenis manik disusun menyerupai bentuk vas bunga, dirangkai menggunakan kawat berukuran 0.4mm diatas sarangan bros berukuran 3 cm. Bros-bros→ Baca selengkapnya