Jul 06

Cara Mendaftar Masuk SMP Negeri di Kota Surabaya

LULUS SD Tahun ini, asisten pribadi sekaligus admin sosial media koleksikikie lulus dari SD, hihihihi… Yup akhirnya Dimas yang dulu balita itu akan masuk SMP gaess…. Rencananya kami akan mencoba untuk mendaftarkan diri masuk dalam sistem pendidikan sekolah negeri, setelah 9 tahun sebelumnya (dari TK sampe lulus SD) mengenyam pendidikan→ Baca selengkapnya

Jul 06

Juli : Bros Keranjang Etnik

Bros Keranjang Etnik Tetes Salah satu Koleksi bros etnik yang laris di koleksikikie adalah Bros Etnik Tetes, bros yang dirangkai menggunakan lempeng tetes spiral warna tembaga yang unik hadir dalam banyak pilihan warna yang menarik. Bahan Baku Bros Keranjang Etnik Bros ini dibuat dengan bahan beraneka ragam diantaranya : aneka→ Baca selengkapnya

Jul 03

Koleksikikie, Berpartisipasi Dalam Penelitian Dosen UPN

Koleksikikie, Terlibat dalam Proyek Penelitian Dosen UPN Tadi siang, saya hadir memenuhi undangan Mbak Aulia @aulia_wimbouw u ikutan ngobrol2 seru bersama para Ibu Pejuang Bisnis Rumahan di Kayanna Restaurant @kayanarestaurant ada istilah kerennya lho Focus Group Discussion hihihi…

Jadi ceritanya Mbak Aulia (atau yang di kampus lebih beken dnegan nama Ibu Aulia Rahmawati yg masih muda tapi udah S3 ajah) adalah Dosen FISIP Jurusan komunikasi di UPN sedang membuat Penelitian ttg Perilaku Masyarakat Perkotaan, khususnya para ibu yang memutuskan menjalankan usaha di rumah, yah kaya kita-kita ginilah prend hihihi… .

Nah di acara FGD ini akan menjadi referensi materi untuk Proyek Penelitian yang rencananya akan dilakukan secara berkala setiap tahunnya, untuk melihat perkembangan yang terjadi di Masyarakat.

Aulia Rachmawati, Dr., S.Sos.M.Si

Wanita Pejuang Bisnis Rumahan  Di Lokasi ketemuan, saya betemu dengan beberapa teman seperjuangan, para mama-mama tangguh pejuang bisnis rumahan, diantaranya ada : – mbak Fiona juragan segala Rendang dan Dendeng khas Padang @fiona_sego_padang_jingglang juga – mbak Tanti pemilik @happymommys yang jago masak sekaligus mempersiapkan acara, party organizer gitu yaa… mulai dari acara ulangtahun, tunangan, sampai upacara tedak sinten atau turun tanah u bayi yang baru lahir – dan yang terakhir ada mbak Dian Jatu ownernya @diazkitchen yang punya tangan terampil bangett bikin aneka cake lucuuuu-lucuuu

mama-mama pejuang bisnis rumahan

FGD = Ngobrol dan Diskusi Seru Awalnya pas denger judul FGD, saya tuh ngebayangin diskusi panel gitu lho prend … eh ternyata formatnya malah ngobrol seru semi Cyurhat… Tentu saja cerita dibuka dengan sejarah bagaimana kami berempat bisa terjun bebas berbisnis di rumah seperti sekarang, dan ternyata yah Gaes.. Kita semua tuh sama-sama pernah kerja di Kantoran gitu…

Kalau sekarang ada yang maish kerja di Kantor tapi juga sambil mulai bisnis kecil-kecilan di sela waktu luang yang ada mungkin sekali waktu sempet galau kepikiran pengen resign ya… ada yang pada akhirnya memutuskan keluar kerja lebih cepat, ada yang masih bertahan kerja di kantoran sambil muter otak supaya bisa tetep jualan.

Dari ngobrol sejarah ini akhirnya kita sepakat mengambil kesimpulan bahwa apapun yang kita pilih, gak ada yg salah sama jalan hidup kita itu prend. Yah pernah kepikiran juga kalau ngeliat anak-anak yang lebih muda sekarang sudah punya usaha sendiri, “Harusnya memulai bisnisnya lebih awal nih.. Biar sekarang bisa lebih besar” Tapi harus diakui, ternyata pengalaman kita bekerja di kantor sebelum menjalankan bisnis sendiri ini, justru bikin kita lebih kuat ngadepin naik turun lika liku ngejalan usaha sendiri. Ibaratnya kalo dulu gak kerja ikut orang, mungkin usahanya gak bertahan ampe hari ini 😅

Mbak Tanti saat sharing pengalamannya sebagai HR Manager Perusahaan Nasional sekaligus Tukang Kue Handal

Jadi yah buat men temen yg sekarang masih galau, apakah harus resign atau teteup kerja.. Jalani aja prend, ini semua proses, karena akan tiba hari dimana hati dan tekad membulat hihihi.. .

Dukungan Keluarga Menjadikan Perempuan Berani Berkarya

Itu baru hasil diskusi bagian “Sejarah” lho ya belum menginjak alasan kenapa akhirnya milih berbisnis sendiri hingga sekarang. Tema yang menurut saya juga seru adalah tentang Peranan keluarga khususnya suami dalam mendukung bisnis yang dijalankan oleh para perempuan ini. Karena sehebat apapun kita menjalankan bisnis, sangat gak mungkin ya prend kalau itu dijalankan semata-mata karena kita sendirian, apalagi kalau rumah tangga sudah dikaruniai anak-anak yang membutuhkan perhatian orangtua dalam proses tumbuh kembangnya. Saat para Mama sibuk dnegan orderan, peranan Suami sebagai ayah dari anak-anak sangat dibutuhkan demi kelangsungan usaha. Dan kita berempat sepakat bahwa usaha kami bisa bertahan hingga saat ini ya karena dukungan dari keluarga.

selain keluarga, sahabat seperjuangan juga sangat berperan dalam kemajuan usaha para perempuan

Yang seru juga … selain suami, ternyata anak-anak kami sedikit banyak juga terlibat lho dalam proses bisnis. Putra Mbak Tanti yang sering lihat mamanya jualan, langsung dengan sigap nawarin kue bekal sekolah untuk dipesan teman-teman hihihihi… sementara anak Mbak Jatu yang masih duduk di bangku SD sudah bisa melipat kotak kue sekaligus mengisinya mengikuti petunjuk dari mama. Mbak Fiona sendiri, saat ini menjalankan bisnis masakan padang karena sejak SD dulu sudah terbiasa membantu Almarhumah Ibu-nya jaga di Restaurant Padang milik keluarga, pengalaman ini yang akhirnya membuat mbak Fiona memutuskan keluar dari Perusahaan tempatnya bekerja meskipun saat itu posisinya sudah lumayan banget….

Kalau sekarang ada di antara teman-teman yang sudah memiliki karier lumayan di kantor, trus pengen putar haluan dengan berbisnis sendiri di rumah menurut kami yang terpenting adalah ceritakan dulu niatan baik ini ke keluarga, sebelum menyusun rencana ke depan. Karena kadang beberapa keinginan harus terwujud lebih lama, karena adanya kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi. Tapi apapun yang saat ini masih jadi kendala, kalau ada dukungan dari keluarga, insyaallah dimudahkan dan bisa jadi berkah yaaa

Penelitian Tahunan  Gimana-gimana jadi penasaran kan sama hasil penelitian Ibu Dosen kita hihhihi… Untuk melihat bagaimana dampak dan perubahan yang terjadi di masyarakat dengan tumbuhnya fenomena Ibu Bekerja Di rumah, rencananya penelitian ini akan dilakukan secara berkala dengan melibatkan lebih banyak responden wanita bekerja di rumah. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan gambaran yang paling mendekati kenyataan…

Terimakasih banyak Ibu Dosen mbak Aulia, juga Mbak Ade asistennya, buat kesempatan yg sudah diberikan ke kita-kita. Terus terang dipilihnya tema ini dalam sebuah penelitian di Kampus menjadi Kebanggan tersendiri buat kami para ibu, bahwa ternyata langkah kecil yg kami lakukan dr rumah ini bisa membawa perubahan pada kelompok masyarakat yg lebih besar, dan semoga sih dampaknya posiitiiiif yaaa 😘😘❤❤

foto bersama Mbak Dosen Aulia dan teman-teman seperjuangan

Jadi yukkk ah ibu-ibu kita bekerja darii rumaaah , bikin perubahan positif untuk dunia yang lebih baik bagi putra putri kita… semangaaattt (kie)

Bagikan tutorial melalui

Jul 03

Juli : Bros Wire Batu Bengkok

Bros Wire Seri bros wire bulan ini menghadirkan bros wire batu bengkok yang diikat dengankawat hias khusus warna abu-abu gun metal. Kawat ber-ukuran 1.5mm ini terbuat dari bahan alumunium yang lentur dan ringan, kawat ini juga tersedia dalam ragam pilihan warna. Guna menghasilkan perpaduan warna bros yang cantik, pemilihan warna→ Baca selengkapnya

Jul 01

Juli : Kalung Batu Borneo

Kalung Batu Borneo Kalung batu seri Nusantara kini hadir dengan ragam desain yang semakin variatif, dengan kehadiran kalung batu borneo. Kalung Batu Panjang dari bahan batu agate yang cocok untuk menemani busana casual maupun semi formal yang kita miliki. Kalung Batu Borneo Kalung Etnik Cantik dengan Harga Ekonomis  terbuat dari bahan→ Baca selengkapnya

In:Uncategorized

No comments

Share on

Jun 30

Koleksikikie, Tempat Belanja Bahan Aksesoris di Surabaya

seorang pelanggan tampak memilih bahan di koleksikikie

Koleksikikie sedia Bahan Aksesoris Surabaya Kemarin siang, @workshop.koleksikikie di Surabaya kedatangan tamu istimewa, Mbak Ratna, yang menempuh perjalanan jauh dari Lombok karena penasaran iongin melihat dari dekat isi Garasi Misteri-nya @manik2koleksikikie  hihihihi… Sebelumnya Mbak Ratna terbiasa berbelanja secara online, tapi katanya sensasi belanja secara langsung berbeda dengan saat hanya melihat dari handphone saja 😆😅

toko kecil di garasi rumah

Ada Apa di Garasi Misteri Koleksikikie? Sebenarnya bangunan yang dipakai untuk memajang berbagai pernik-pernik ini dulunya adalah garasi rumah. Maklum yah, namanya juga bisnis rumahan hihihihi… Tapi sekarang garasinya dialih fungsikan untuk memajang berbagai manik-manik, lengkap dari aneka rantai dan tali, ornamen, peralatan dasar, manik batu, manik kayu, manik kaca, aneka kristal dan mutiara, semua dijejer2 rapi, seakan memanggil u dibawa pulang😆😅 eeaaaa….

Dulu sih ide awalnya adalah membuat gudang penyimpanan yang rapi, agar memudahkan kami saat melakukan proses produksi. Konon pemborosan terbesar dalam industri rumahan ini terjadi karena kurangnya kemampuan mengelola persediaan bahan baku “Kayanya pernah beli deh tapi kok lupa ya naruhnya” “Dulu inget banget beli banyak pas lagi diskon… tapi ternyata pas dicek, sebagian besar dalam kondisi rusak gak bisa terpakai, akibat penyimpanan yang apa adanya” “Atau kadang nyimpennya sih udah cukup rapi, dijadikan satu di dalam kompartemen besar. Tapi karena posisi kotaknya kebesaran sampe gak bisa tau ada berapa banyak jumlah manik yang ada di kotak itu, trus kalo kebesaran juga pas mbuka males, soalnya berat” *halesannn hahahahaha

Sekarang kalau datang ke Koleksikikie, jajaran manik-manik yang dulu disusun rapi agar gampang dicari itu, bisa langsung dibeli oleh para pengunjung yang datang.

Keuntungan Belanja di Toko Bahan Aksesoris Koleksikikie

– Bisa Belanja Eceran kalau anggaran kita sedikit, atau masih pengen nyobain beli sedikit-sedikit, belanja di koleksikikie adalah solusi yang tepat. Karena bahan yang dijual bisa dibeli dalam kemasan kecil. Ornamen dasar untuk membuat aksesoris, rata-rata dijual Rp 5000 – Rp 10.000/bungkus. Ini sangat membantu kita yang ingin memulai usaha dnegan modal terbatas, karena kan kadang kalo bikin pertama pengennya nyobain macem2 model ya, dan untuk satu desain aksesoris terkadang hanya menggunakan 5-10 butir mutiara dari satu renteng panjang.

rak bahan ornamen yang dijual Rp 5000 – Rp 10.000/bungkus

– Belanja Manik-Manik bisa dilakukan secara Online Walaupun sama-sama di Surabaya, kadang karena kesibukan kita sulit untuk pergi langsung ke koleksikikie. Tenaaang my prend, kamu bisa tetep belanja melalui website, Instagram, ataupun WA langsung ke salah satu tim admin Koleksikikie (boleh pilih salah satu) WA Elok : 08 222.888.7080 WA Moon : 0857. 3323.1220 WA Lutfi : 087.88.222.7080 Kami melayani pengiriman barang melalui GoSend, atau untuk jarak yang lebih jauh bisa menggunakan JNE dan Pos Indonesia

aplikasi GoSEND siap membantu mengantarkan pesanan dalam kota Surabaya di hari yang sama

– Bisa Belanja Produk Aksesoris Koleksikikie Kalau dateng ke workshop koleksikikie ditemani saudara, adik, kakak, sahabat, teman kantor yang kebetulan gak hobi bikin alias lebih suka beli yang udah jadi aja. Di Koleksikikie bisa langsung membeli produk yang sudah jadi juga prend. Jadi kalau garasi rumah disulap jadi tempat pajang bahan manik-manik, di ruang tamu kalau siang kita sulap jadi tempat display aksesoris (jadi semacam kalau bertamu ke rumah, biar tergoda mborong dagangan juga hihihihi modus pengusaha rumahan huahahaha…)

berfoto bersama pelanggan setia koleksikikie, Ninis yang datang jauh2 dari Tangerang

– Bisa Langsung Ikut Kursus Membuat Aksesoris Buat sahabat koleksikikie yang hobi bikin2 aksesoris sendiri dan pengen meningkatkan ketrampilan bikin-bikin aksesorisnya, bisa juga lho ikutan les di koleksikikie. Ada banyak kelas yang bisa dipilih di sini 

Mbak Nuke, datang jauh dari Semarang untuk belajar di Koleksikikie

Syaratnya, semua kelas yang ingin diikuti harus melalui proses pemesanan dulu yaaa… agar bisa kita siapkan terlebih dulu, demi lancar dan efektifnya proses belajar mengajar bikin aksesorisnya.

Peta Koleksikikie

Yuk Datang dan Belanja di Workshop Koleksikikie Jadi buat sahabat Koleksikikie yg di Surabaya atau lagi jalan-jalan ke Surabaya dan ingin berbelanja secara langsung, bisa lohh datang langsung mengunjungi Koleksikikie

JAM OPERASIONAL Kita Buka setiap Hari Senin sd Sabtu (kecuali tanggal merah) Dari pkl 08.00 sd 17.00 sore Alamat : Rungkut Asri Barat 14 no 3 Surabaya 60293 Lokasi di belakang Spikoe Resep Kuno. Bisa masuk melalui jalan kembar samping pasar pahing (pos polisi) .

Catatan Penting nih : Kalo belanja di koleksikikie bawalah uang secukupnya saja 😆😅 Sementara ini kita masih belum punya mesin gesek juga prend, tapi bisa mobile banking sih buat yang tergodah banget belanja banyak pas maen kesini hihihihi…. 

Kalo belanja ke rumah, bisa langsung ketemu saya yang biasanya ada di internet ituh… huahahahaha, info penteeeeng lho yah

Bagikan tutorial melalui

Jun 14

Juni : Bros Etnik Oval

Bros Etnik Oval Bros etnik ini dibuat menggunakan bahan baku utama batu agate tetes yg dirangkai pada lempengan oval warna emas bakar, manik-manik disusun dengan kawat super ukuran 0.4 tanpa bantuan lem menjadikan rangkaian bros ini kuat dan tahan lama. Bros ini diperuntukkan bagi wanita, bisa dikenakan sehari-hari untuk melengkapi→ Baca selengkapnya

Jun 14

Jual Bulu Merak Sintetis

BULU MERAK Bulu Merak merupakan salah satu komponen bahan yang sering digunakan dalam berbagai produk kerajinan tangan/handycraft, diantaranya : Kostum karnaval, topeng, hiasan dekorasi ruangan, juga aksesoris yang melengkapi penampilan. Bulu ini digemari karena memiliki motif unik berbentuk menyerupai mata yang hadir dalam nuansa warna biru kehijauan yang indah. Dahulu,→ Baca selengkapnya

Jun 13

Catatan 13 Juni 2018

13 Juni Hari ini adalah hari lahir saya. Saya masih inget, setahun yang lalu, saya bercita2 kalau ulang tahun lagi .. Semoga follower @Koleksikikie bisa 20K. Pagi ini pas buka hape, eh ternyata masih 19.6 hihihi… . Merasa Gagal Terus terang saya merasa gagal lho hahaha… Sepanjang yang saya ingat, untuk mewujudkan→ Baca selengkapnya

Jun 08

Berkreasi dengan Sarang Bros

Apa Itu Sarang Bros? Sarang Bros adalah plat/lempengan tempat dimana manik-manik dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi aksesoris bros yang cantik. Sarang bros biasanya terbuat dari bahan stainless steel, dan bisa dibilang merupakan salah satu komponen terpenting dalam pembuatan bros dari manik-manik. Sarang bros yang bagus akan menghasilkan rangkaian yang kuat dan→ Baca selengkapnya