Nov 01

DAFTAR OBAT YANG DIBAWA SAAT TRAVELING KE LUAR NEGERI

Traveling Ke Luar Negeri Mendapat kesempatan bisa jalan-jalan ke luar negeri memang menyenangkan. Namun ada banyak hal yang harus disiapkan demi kelancaran perjalanan kita, diantaranya : 1. Pakaian untuk perjalanan di tempat tujuan 2. Surat-surat berharga yang menjadi persyaratan perjalanan 3. Uang saku dalam mata uang negara tujuan, serta yang juga penting namun seringkali terlupakan adalah 4. Daftar obat-obatan pribadi untuk lancarnya misi jalan-jalan di negeri orang.

Kenapa Harus Membawa Obat dari Tanah Air?

Yang namanya sakit, memang gak bisa diprediksi ya kapan datangnya, namun kita bisa mempersiapkan cara mengantisipasinya dengan lebih berhati-hati saat menemui hal baru, misal : makanan baru, cuaca baru, kualitas udara yang berbeda dengan di negara asal kita termasuk juga orang-orang di tempat baru. Di samping itu, mempersiapkan obat-obatan pribadi dari tanah air juga akan membantu kita bisa memberikan pertolongan pertama sesegera mungkin, saat sakit yang tidak diharapkan itu datang.

jajanan lokal masyarakat China yang menggoda

 

Hal lain yang patut dipertimbangkan sebagai alasan kenapa harus membawa obat sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri diantaranya adalah:

Kendala bahasa memungkinkan apoteker di negara setempat keliru memberikan obat yang kita maksud. Terutama untuk penyakit yang memiliki ciri2 membingungkan, dan membuat kita sulit untuk menjelaskannya kepada orang lain. Harga obat di beberapa negara relatif sangat mahal, dibandingkan obat yang bisa kita beli dari tanah air. Sayang juga kan kalo uang saku kita yang terbatas jadi habis banyak terpakai di toko obat. Tidak semua negara menjual jenis obat yang biasa kita gunakan di tanah air, seperti : obat anti masuk angin, minyak kayu putih, minyak tawon, dan aneka minyak-minyakan lainnya. Tempat baru memungkinkan kita menemui kesulitan untuk menemukan lokasi toko yang menjual obat. Paling sedih kalau pas traveling sendirian, gak ada yang bisa dimintain tolong beli obat saat kita sedang sakit.

Obat Apa saja yang Harus Dibawa?

Kalau Saya biasanya sih bawa obat-obatan yang gampang ditemukan di mini market dekat rumah. Tapi setelah melakukan pengecekan harga, belanja obat di apotek umumnya akan jauh lebih murah dibandingkan bila berbelanja di toko serba ada yang menjual berbagai kebutuhan. Untuk itu apabila daftar obat yang ingin kita beli banyak, sebaiknya sih belanjanya ke apotek saja.

Adapun jenis obat yang biasa saya beli untuk dibawa dalam perjalanan diantaranya adalah :

OBAT ANTI MASUK ANGIN Obat sachet yang hadir dalam berbagai merk seperti tolak angin, masuk angin, anta angin dsb nya ini terbukti sangat manjur untuk menghangatkan tubuh saat kondisi sedang lemah akibat rasa lelah menempuh perjalanan jauh. OBAT ALERGI Karena terkadang kita gak tau jenis makanan apa yang akan kita makan di negeri tujuan, serta kondisi cuaca yang bagaimana yang akan kita temukan, sebaiknya siapkan obat alergi semacam CTM, Alergin, celestamine dsb. OBAT FLU Nah Flu ini penyakit yang paling sering muncul saat kondisi tubuh kita nge-drop akibat perjalanan yang melelahkan, sehingga sebaiknya sih selalu siap sedia yaa… saya sendiri biasanya memilih panadol hijau. dan cooling 5 buat obat semprot anti flu nya. Jadi kalau tenggorokan mulai terasa sakit buat nelan, suara agak serak, inilah saatnya cooling 5 beraksi. OBAT PANAS Panas atau Demam biasanya adalah gejalan yang muncul akibat terjadinya infeksi atau sakit lain pada tubuh. Gejala lainnya sih bersama panas akan kita rasakan juga pusing. Nah sebaiknya siapkan paracetamol dalam kotak obat yang kita bawa, saya biasanya membawa panadol biru. OBAT PEGEL MINUM Neurobion Forte yang mengandung vitamin B biasanya selalu saya sediakan di kotak obat, saat menghadapi jadwal perjalanan yang padat. Lumayan bikin badan terasa lebih fresh lah kalo pas cape banget OBAT PEGEL OLES Nah untuk kaki pegal akibat kebanyakan jalan, saya juga siapkan obat oles biasanya sih saya bawa counterpain karena saya menyukai rasa hangat yang terasa saat obat ini dioleskan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Namun kalau kita tidak terbiasa dengan rasa hangat tersebut, kita bisa juga memilih obat oles seperti voltaren MINYAK GOSOK bisa bawa minyak angin semacam minyak kayu putih atau biar  kekinian pilihan kemasan kecil yang mudah dibawa dengan bentuk roll on pada ujungnya. Minyak ini terbukti bisa menjadi pertolongan pertama saat perut terasa mual, atau kepala mulai agak pusing. favorit saya sih merk FreshCare. OBAT SAKIT PERUT Nah salah satu sakit yang paling sering di alami oleh mereka yang melakukan perjalanan ke destinasi baru adalah sakit perut/mencret. Kondisi ini terlihat ringan namun cukup berbahaya dan dapat menimbulkan dehidrasi pada penderita. Sebaiknya siapkan Norit atau diatabs tablet sebagai pertolongan pertama yang bisa kita lakukan, untuk mengurangi frekuensi sakit perut yang diderita. Obat Asam Lambung Sakit yang ini juga mendera bagian perut, namun kalau sakit yang pertama biasanya terjadi akibat salah memilih menu makanan. Obat asam lambung biasanya kita butuhkan saat lupa makan, atau tidak menemukan makanan yang dirasa akan cocok dengan tubuh kita. Akibat dari kondisi ini asam lambung diperut akan naik, dan lebih jauh lagi memicu penderita mengalami sakit maag. Saya memilih membawa mylanta kapsul untuk menghadapi situasi ini. Obat/Vitamin untuk daya tahan tubuh Obat ini sebenarnya masuk aktegori obat preventif, alias jaga-jaga menghadapi kondisi tak terduga akibat perjalanan. Bisa pilih imboost cuma karena cairan, agak risiko dibawa perjalanan naik pesawat terutama kalo sudah dibuka, karena saya pernah ngalami pecah dan nyiprat kemana-mana gitu. Jenis lain yang bisa dibawa ada stimuno atau fituno, pilih yang sesuai dengan kita. OBAT LUKA LUAR Berupa perban dan obat merah, sebenernya gak terlalu urgent sih jenis obat ini. Hanya saja saya memang suka luka gitu tangannya, yah istilahnya punya kulit gampang beser dan ngelupas gitu deh.. walhasil betadine dan hansaplast selalu saya sediakan saat perjalanan jauh. Karena biarpun kecil biasanya cukup mengganggu kalau gak segera saya obati. OBAT TETES MATA Ini juga sebenernya bukan kategori obat wajib sih, cuma saya punya riwayat gampang merah matanya kalau terkena debu atau pas lagi kecapean. Nah karena itulah saya selalu sedia obat tetes mata seperti insto atau visine untuk menemani perjalanan jauh. Untuk menghindari hal ini sih sebenernya gampang, jangan lupa bawa kacamata hitam! selain menjaga mata dari debu dan iritasi juga bisa bikin penampilan kita lebih gaya

CATATAN KHUSUS Buat Traveler Perempuan Meskipun belum waktunya haid, sebaiknya selalu siapkan pad untuk menemani perjalanan kita ke luar negeri. Karena kadang kalo lagi kecapean, jadwal datang bulan bisa lebih maju atau lebih mundur dari waktu biasanya. Nah tidak semua Negara menjual pad seperti yang ada di Indonesia, seperti di Australi mereka umumnya menjual pad berbentuk tampon, yang pasti akan menambah kepanikan tersendiri bagi kita kalau gak biasa menggunakan pad jenis ini. Selain itu tisu basah dan tisu kering juga menjadi hal yang wajib ada menemani kotak obat yang kita punya.

Tapi sebaiknya sih sebelum perjalanan jauh, kita sudah menyiapkan stamina tubuh. Misalnya kalau tau jadwal perjalanan akan padat dan banyak menggunakan transportasi umum, sedari jauh-jauh hari sudah latihan lari untuk melatih tubuh siap menghadapi hari-hari sibuk. Tapi yah saya juga sebelum berangkat pameran ke Pakistan sudah sempet minum vitamin dan banyak olahraga, tapi tetep aja selama disana kondisi kesehatan saya di 3 hari terakhir terus menurun. Untungnya sih terselamatkan dengan adanya YouC1000, minuman segar yang kaya vitamin C yang dibawa oleh Bapak Fendy Heryanto, Export Manager PT Djojonegoro C-1000 yang juga menjadi salah satu delegasi yang berangkat bersama kami dalam Pameran ke Pakistan tempo hari.

Minuman dengan rasa asam manis ini mampu memberikan rasa segar sekaligus juga meningkatkan stamina tubuh yang drop. Menyelamatkan mood di saat-saat genting…  Juara Deh !!!

Semoga informasinya membantu ya sahabat, selamat jalan-jalan ke luar negeriiii (kie)

Bagikan tutorial melalui

 

Nov 01

November : Kalung Batu Malalo

Kalung Batu Malalo adalah kalung batu seri Nusantara, yang mengangkat nama Kabupaten Malalo yang terletak di daerah Padang, Sumatera Barat. Nagari yang terkenal dengan keindahan Danau Singkaraknya. Kalung ini unik, dengan ornamen tabung warna emas bakar yang memberikan nuansa etnik. Kalung batu panjang ini cocok dikenakan dengan paduan busana etnik,→ Baca selengkapnya

Nov 01

November : Kalung Batu Malalo

Kalung Batu Malalo adalah kalung batu seri Nusantara, yang mengangkat nama Kabupaten Malalo yang terletak di daerah Padang, Sumatera Barat. Nagari yang terkenal dengan keindahan Danau Singkaraknya. Kalung ini unik, dengan ornamen tabung warna emas bakar yang memberikan nuansa etnik. Kalung batu panjang ini cocok dikenakan dengan paduan busana etnik,→ Baca selengkapnya

Oct 26

Oktober : Kalung Batu Abepura

Kalung Batu Abepura Abepura, adalah nama salah satu kota kecamatan di Jayapura, yang terletak di Timur Indonesia. Di Abepura, terdapat teluk Youtefa yang indah dan masih asli. Keindahan inilah yang menginspirasi salah satu kalung batu seri Nusantara dari Koleksikikie ini. Kalung Batu Abepura terbuat dari bahan batu alam ukuran 12mm→ Baca selengkapnya

Oct 25

Mendesain Kalung

Bikin Kalung ada banyak alasan yang menjadi alasan kita untuk mendesain kalung, tapi gak jarang juga yaa… saat jenuh datang, kita jadi gak tau mau bikin kalung yang kaya gimana. Tiba-tiba blank aja gituhhh… Berikut ini beberapa tips yang biasa saya lakukan, saat ide hilang, dan mood belum datang, untuk→ Baca selengkapnya

Oct 21

Koleksikikie Di Bincang Pagi Colors Radio

Koleksikikie di Colors Radio Hari Jum’at kemarin, saya mendapatkan kehormatan untuk ngobrol seru dengan Colors People di Program #6T9MorningVibes. 6T9 Morning Vibes ini merupakan Program Premium Pagi di 87.7 FM Colors Radio, yang ditujukan untuk menemani kegiatan pagi para pendengarnya. Tidak hanya menyajikan musik yang easy listening, Ryan Aryanto dan Satria Daniswara selalu up to date mengangkat topik menarik yang bisa menjadi inspirasi para pendengarnya dengan mengundang berbagai tamu, yang memiliki keragaman profesi, hobi, juga keahlian khusus lain. Dan Riski Hapsari selaku pemilik Koleksikikie, berkesempatan untuk tampil di acara ini pada Jum’at 20 Oktober kemarin.

 

Berbisnis Bros Karena Suka “Mbak Kikie, cerita donk kenapa memilih bros sebagai aksesoris utama saat memulai bisnis Koleksikikie untuk pertama kali?” “Karena Suka”

Hihihihi… iya yah, saya jadi baru sadar. Kalau lagi interview on air, kalimat yang keluar ya yang pertama kali dipikirin. Dan ternyata alasan memilih bros karena suka aja. Salah satu Netizen di Colors Radio sempat juga menanyakan pertanyaan bernada serupa melalui halaman chat di sosial media ColorsRadio 

Tentu saja memilih bisnis dari trend yang sedang berlaku, dan dirasa digemari oleh banyak orang bukanlah sesuatu yang salah ya. Tapi saya merasa saat saya menyukai apa yang saya lakukan, maka saya memiliki kektuatan lebih untuk bertahan menghadapi berbagai tantangan bisnis yang datang. Dan ini jelas modal yang sangat penting untuk mempertahankan bisnis kita.

Bertahan Berbisnis Hingga Tahunan Tahun ini adalah tahun ke 10 Koleksikikie berkiprah untuk Negeri. Kalau diinget-inget lagi ya memang banyak cerita yang menyertai perjuangan panjang ini. Dalam salah satu komen di Sosial Media, salah seorang Netizen bertanya bagaimana tips untuk bertahan dengan modal minim. Jujur saja saya agak lama menjawab pertanyaan ini, sampai akhirnya nemu satu alasan utama bisa bertahan. Mungkin ya karena kepepet ya… wkwkwk..

Ketika saya tidak melihat ada solusi lain untuk bertahan hidup selain menjalankan bisnis Koleksikikie dengan sungguh-sungguh, ya akhirnya yang saya tau hanya gimana caranya supaya bisa mempertahankan Koleksikikie demi kelangsungan hidup seluruh anggotanya. Dan kalau diingat-ingat lagi, hal ini juga di alami oleh sesama teman-teman saya yang juga pejuang bisnis rumahan. Ketika bisnis yang kita kelola masih berjalan beriringan dengan hal lain yang bisa menjadi alternatif pendapatan, terus terang rasa terdesak untuk memajukan usahanya akan berbeda dengan yang hanya mengerjakan usaha ini sebagai satu-satunya sumber mata pencarian.

Hihihi sebenernya ini kalimat agak sedih bin melas ya huahahaha… Tapi ya kadang memang kita harus ada di kondisi terdesak maju, untuk tau seberapa jauh kita bisa melangkah. Karena kadang kebanyakan pilihan cuma akan bikin kita kebanyakan pikiran #eeaa

ngobrol seru di Max One Hotel Tidar Surabaya

Berbagai Pertanyaan Netizen mewarnai Diskusi Pagi 6T9MorningVibes Berbagai pertanyaan seru disampaikan oleh para Netizen melalui akun sosial media. Beberapa ada yang baru ingin memulai bisnis, tapi ada juga yang pernah berbisnis namun tidak dilanjutkan lagi karena kondisi yang tidak memungkinkan. Sangat kreatif sekali bagaimana Mbak Dea selaku Produser dari Colors Radio menghidupkan suasana obrolan pagi, dengan terlebih dulu memancing Netizen untuk meninggalkan pesan dan pertanyaan di Sosial Media 87.7 Colors Radio

 

Terimakasih Colors Radio Akhirnya tidak terasa obrolan sudah berjalan hingga 30 menit. Di akhir acara saya sempat berfoto juga dengan Para Penyiar 6T9MOrning Vibes juga juga Mas Adie Iskandar, Tarot Reader yang juga hadir sebagai Bintang Tamu di acara itu serta Mbak Marsha PR Manager dari MaxOne Hotel Tidar Surabaya yang. Thankyou Sahabat Koleksikikie (kie)

Bagikan tutorial melalui

Oct 21

Oktober : Kalung Batu Tambolaka

KALUNG BATU TAMBOLAKA adalah kalung batu seri Nusantara yang mengangkat nama Kota di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kota yang terkenal memiliki pemandangan pantai yang indah ini terkenal hingga ke mancanegara. Di Tambolaka ada sebuah pantai yang sangat indah bernama Pantai Nihiwatu, sayangnya di pantai ini telah dibangun sebuah→ Baca selengkapnya

Oct 21

Oktober : Kalung Shopee

Kalung Manik Shopee Kalung manik shopee adalah kalung pendek yang dirangkai menggunakan manik kaca jombang, dipadukan dengan manik batu agate ukuran 12mm dalam warna yang senada. Sengaja dirangkai dengan ornamen warna silver, untuk memberi tampilan yang simple, bersih dan chic pada desain kalung ini. Kalung manik shopee ini tersedia dalam→ Baca selengkapnya

Oct 20

Jambore Sekolah Alam Nasional

Sudah sejak 8 tahun terakhir ini saya mempercayakan anak-anak saya untuk bersekolah di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya, dari mulai Dimas TK hingga sekarang duduk di Bangku kelas 6 SD, lalu diikuti adik-adiknya Atala (kelas 4 SD) dan Kaylila (kelas 2 SD). Maka tak heran setiap ditanya “Putranya kelas berapa→ Baca selengkapnya

Oct 20

Oktober : Aneka Tasbih Batu Cantik

Gelang Tasbih Batu Tasbih atau untaian manik-manik berjumlah 33 yang sering digunakan oleh umat Islam untuk berdoa, merupakan salah satu pernik-pernik yang dapat kita buat dari bahan batuan alam. Keunggulan tasbih yang terbuat dari bahan batu alam ini akan terasa adem/dingin di tangan. selain itu pilihan warna batu yang beragam→ Baca selengkapnya